Kesehatan

Persiapan Masa Depan Apabila Terkena Kanker

PFI Mega Life
 05 Des 2019
Tak ada yang bisa meramal masa depan, termasuk jika harus terkena kanker. Tapi Anda bisa tetap melindungi masa depan Anda dengan asuransi kanker PFI Mega Life.

Berbicara tentang penyakit kritis tak mungkin rasanya jika tak menyinggung kanker. Penyakit ini memang salah satu yang cukup banyak di Indonesia, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Penelitian IARC menyebutkan bahwa 1 dari 8 pria dan 1 dari 11 wanita meninggal dunia dengan kanker sebagai penyebabnya. 

Kaum wanita mempunyai momok yang lebih menakutkan terkait kanker. Ada kanker serviks dan kanker payudara yang hanya menyerang wanita. Penyebab kanker serviks dan gejalanya sendiri memang bisa dicegah, namun jumlah penderitanya tetap tinggi. Demikian pula halnya dengan kanker payudara. 

 Kanker serviks dan kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan Indonesia. Riset yang dilakukan Kemenkes sejak tahun 2013 menyebutkan ada 50 orang per 100.000 orang penduduk yang menderita kanker serviks atau payudara. 

Sayangnya jumlah penderita kanker yang terus bertambah tak lantas meningkatkan kesadaran untuk punya asuransi kanker. Padahal keberadaan asuransi khusus kanker akan sangat membantu urusan finansial Anda selama proses pengobatan. 

Seperti diketahui biaya pengobatan penyakit kanker tidaklah murah, apalagi jika pengobatan dimulai saat kanker sudah sampai stadium lanjut. Satu kali kemoterapi saja bisa menghabiskan dana hingga lebih dari Rp. 2.000.000,-, sementara pasien kanker mungkin akan membutuhkan berkali-kali tindakan kemoterapi dalam sebulan.

Jika bisa memilih, tentunya tak ada orang yang mau terkena kanker. Namun risiko penyakit tersebut tak bisa dihindari 100%. Jadi, ada baiknya semua orang tetap berjaga-jaga dan memiliki persiapan apabila terdiagnosa kanker di masa depan. Persiapan tersebut harus mencakup masalah fisik dan finansial. 

 

Baca Juga: Pentingnya Punya Asuransi Penyakit Kritis Bagi Ibu Rumah Tangga

 

Persiapan Fisik untuk Mencegah Masalah Kanker di Masa Depan

 

Tanpa disadari semua perempuan memiliki risiko yang besar untuk terkena kanker serviks dan payudara. Maka dari itu sangat penting untuk mempelajari penyebab kanker serviks, penyebab kanker payudara, dan lain-lain serta bagaimana mencegahnya. 

Secara fisik, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko terkena kanker di masa depan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Rutin Melakukan Aktivitas Fisik 

Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik untuk mencegah kanker. Jenis olahraga tersebut adalah berjalan kaki rutin sebanyak 10.000 langkah, jogging, renang, bersepeda, taichi, yoga, dan lain-lain. Melakukan olahraga-olahraga tersebut dengan rutin akan sangat membantu meminimalisir risiko kanker serviks dan payudara di masa depan.

Masalahnya, banyak orang yang mengabaikan pentingnya melakukan aktivitas fisik. Walaupu efek buruknya bagi kesehatan tidak langsung terasa, kebiasaan seperti ini akan menimbulkan masalah di masa depan. 

Malas melakukan aktivitas fisik ini akan semakin berisiko mengganggu kesehatan jika dalam keseharian Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Komputer memaparkan radiasi ke tubuh yang merupakan salah satu penyebab kanker serviks stadium 4. 

  • Menjaga Pola Makan

Makanan menjadi sumber dari banyak sekali penyakit, termasuk penyakit yang berbahaya seperti kanker. Makanan yang bisa menyebabkan kanker antara lain adalah yang diolah dengan cara dibakar dan yang banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung pengawet buatan.

Jika ingin melakukan pencegahan kanker sejak dini, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan ikan yang kaya akan omega 3. Kandungan dalam bahan makanan tersebut akan membantu meminimalisir risiko terkena kanker di masa depan. 

Menjaga pola makan tak hanya berguna untuk mencegah kanker. Banyak manfaat positif lain yang akan Anda rasakan. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai menjaga pola makan dari sekarang. Lengkapi pula upaya dengan asuransi untuk kanker.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Salah satu penyebab kanker serviks adalah rokok dan alkohol. Agar tidak terkena penyakit kritis ini di masa depan, hindari kebiasaan buruk seperti rokok dan alkohol. Zat kimia yang terkandung dalam kedua benda ini akan merusak organ tubuh dan perlahan-lahan dapat mengaktifkan sel kanker. 

Anda yang punya kebiasaan mengkonsumsi kopi juga perlu mulai mengontrol intensitasnya. Konsumsi kopi dalam jumlah berlebih berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di masa depan. Apalagi jika semua itu ditambah dengan kebiasaan malas berolahraga. 

  • Menjaga Berat Badan dan Pola Tidur

Menjaga agar berat badan Anda selalu berada di angka yang ideal adalah hal penting. Pasalnya berat badan berlebih mengindikasikan kadar lemak tubuh yang juga berlebih. Kadar lemak tersebut bisa membuat sel kanker lebih mudah aktif. 

Tak hanya menjaga berat badan ideal, penting juga bagi Anda untuk selalu memiliki pola tidur yang baik. Setelah melakukan berbagai aktifitas, tubuh butuh tidur untuk mengembalikan kekuatan. 

Manusia dewasa membutuhkan setidaknya 6 hingga 8 jam tidur sehari. Kurang tidur bisa menyebabkan tubuh lebih rawan terkena penyakit. Metabolisme tubuh juga akan melambat sehingga tubuh tidak mendapatkan zat-zat yang dibutuhkannya secara optimal. 

Para perempuan juga sebaiknya mulai tidur dengan mematikan lampu. Paparan cahaya lampu pada malam hari memiliki radiasi yang merupakan salah satu penyebab kanker serviks. Kalaupun ingin menggunakan lampu, pakailah lampu tidur yang tingkat radiasinya lebih rendah. 

 

Persiapan Finansial Jika Terdiagnosa Kanker di Masa Depan

 

Mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan untku pengobatan kanker, Anda tak hanya perlu melakukan persiapan fisik untuk mencegahnya. Anda juga harus memiliki proteksi agar ketika terkena tak lagi kelimpungan masalah biaya. Persiapan yang bisa dilakukan ialah:

  • Memiliki Asuransi Kanker

Seiring dengan terus bertambahnya angka penderita kanker, kini banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi kesehatan kanker. Seperti namanya, produk tersebut akan memberikan manfaat atau uang pertanggungan ketika nasabahna terdiagnosa penyakit kanker untuk pertama kali. 

Beberapa perusahaan menggabungkan asuransi kanker ini dalam asuransi penyakit kritis. Jadi, ada beberapa penyakit kritis non kanker yang juga dicover oleh asuransi. 

Manfaat yang bisa dirasakan dari jenis asuransi ini adalah masa depan yang lebih tenang karena ada dana yang siap digunakan jika terjadi kondisi darurat. Selain itu jika pasien kanker sampai meninggal dunia, ada sejumlah dana yang akan diterima oleh ahli warisnya. Keluarga juga bisa sedikit bernafas lega karena kondisi finansial tetap stabil walaupun harus membiayai pengobatan.

  • Memiliki Dana Darurat

Selain memiliki asuransi, ada baiknya Anda mulai menyiapkan dana darurat sejak sekarang. Fungsi dari dana darurat ialah untuk menanggulangi jika ada biaya yang tidak tercover oleh asuransi. Agar tak terpakai untuk  kebutuhan lain sebaiknya dana ini disimpan di dalam rekening yang terpisah dari tabungan. 

Sisihkanlah 5 hingga 10% dari gaji Anda untuk disimpan sebagai dana darurat. Jika sudah berkeluarga, maka jumlahnya bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan. Jumlah dana darurat yang ideal untuk keluarga yang sudah memiliki anak adalah 12 kali biaya hidup rata-rata setiap bulannya. 
 

Jika Anda masih bingung memilih asuransi khusus kanker untuk memproteksi diri, produk asuransi penyakit kritis dari PFI Mega Life. Ada 10 penyakit yang dicover oleh asuransi ini, termasuk kanker serviks dan kanker payudara. 
Yuk tingkatkan kesadaran untuk hidup lebih sehat. Tapi jangan abai untuk melengkapi diri Anda dengan proteksi diri terbaik dari PFI Mega Life.

 

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatur Keuangan Saat Sakit

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.