Kesehatan

Menerapkan Gaya hidup sehat Tidak Melulu Soal Makanan, Lho..

PFI Megalife
 29 Jul 2019
Gaya hidup sehat menjadi solusi paling ampuh untuk melindungi diri dari gangguan kesehatan serius dan menerapkan gaya hidup sehat itu tidak melulu soal makanan yang dikonsumsi.

Menerapkan gaya hidup sehat

Anda yang aktif di media sosial tentu sering menemukan kampanye penggalangan dana yang bertujuan membantu biaya pengobatan seseorang. Jumlah orang yang mengidap penyakit-penyakit kritis memang terus bertambah. Mulai dari penyakit kanker, jantung, dan lain-lain rasanya sudah tak asing lagi di telinga.

Makanan ditengarai sebagai penyebab utama semakin banyaknya orang-orang yang mengidap penyakit kritis dan degeneratif. Hal itu tentu tidak salah, meski juga bukan merupakan satu-satunya. Stress dan depresi menghadapi quarter life crisis, beban kerja berlebihan, hingga kebiasaan mengabaikan gangguan sepele pada kesehatan bisa menjadi penyebab lain.

Gaya hidup sehat menjadi solusi paling ampuh untuk melindungi diri dari gangguan kesehatan serius. Mengingat makanan bukan satu-satunya penyebab gangguan kesehatan serius maka menerapkan hidup sehat juga tak melulu soal menjaga makanan.

Meski makanan memang salah satu yang paling penting untuk diperhatikan. Sangat penting untuk memperhatikan gaya hidup sehat di tengah pola kehidupan masyarakat modern. Seperti apakah gaya hidup sehat yang tepat untuk masyarakat modern seperti Anda?

Hindari Stress

Stress kerap menjadi situasi yang sulit dihindari, terutama bagi mereka yang hidup di kota-kota besar. Stress bisa disebabkan masalah pekerjaan, ekonomi, hingga kondisi di tempat kerja atau tempat tinggal yang terasa kurang sesuai. Tak bisa dipungkiri kondisi seperti ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Mereduksi stress merupakan salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Mulailah dengan menyediakan me time setidaknya 1 hari dalam seminggu. Anda bisa mengisi me-time tersebut dengan berjalan-jalan atau bersantai di rumah sesusai keinginan. Berdasarkan beberapa hasil penelitian mendengarkan musik juga cukup ampuh untuk mengurangi stress dan rasa sakit. Lindungi juga dirumu dengan proteksi dari PFI Mega Life.

Stay Positive

Banyak hal dalam keseharian yang nampaknya tidak berkaitan secara langsung dengan kesehatan, namun jika dijalankan justru mendatangkan manfaat yang baik. Contohnya adalah kebiasaan untuk senantiasa berperilaku positif. Perilaku seperti senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki, misalnya, sangat baik bagi kondisi mental yang tentunya turut memberi manfaat bagi kesehatan.

Berusaha untuk selalu positif bisa pula dilakukan dengan tidak mendendam dan meluapkan amarah berlebihan juga menjadi salah satu gaya hidup sehat. Anda pastilah sudah mengetahui bahwa amarah berlebih amat buruk bagi kesehatan karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke. Biasakan diri untuk melepas emosi dengan cara yang positif nan menyehatkan, misalnya olahraga dan bermeditasi. Cek juga cara menghentikan diare.

Olahraga Secara Rutin

Bila setiap harinya Anda bergelut dalam aktivitas kantoran yang mengharuskan anda fokus di depan komputer, maka kebutuhan akan olahraga secara rutin sangatlah mendesak. Olahraga sangat bermanfaat untuk membakar kalori, meregenarasi sel-sel di dalam tubuh, serta melancarkan perederan darah.

Olahraga bisa membuat kondisi tubuh senantiasa prima sehingga bisa menangkal berbagai penyakit. Anda tak perlu pergi ke pusat kebugaran atau melakukan olahraga-olahraga yang berat. Lakukanlah olahraga ringan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Jogging, senam, hingga skipping tergolong dalam olahraga ringan yang bisa Anda lakukan setiap pagi atau sore hari.

Cukup Istirahat

Jika anda ingin hidup sehat, anda perlu mengusahakan istirahat yang cukup. Orang dewasa idealnya tidur malam selama 6 hingga 8 jam. Selain kuantitas, kualitas tidur tentunya juga harus diperhatikan.

Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 12 malam. Sementara kualitas tidur yang baik bisa didapatkan dengan tidur di atas kasur yang nyaman serta menggunakan bantal yang nyaman pula. Usahakan untuk mengkonsumsi  1 gelas air putih sebelum tidur. Cahaya di ruang tidur ikut mempengaruhi kualitas tidur. Cahaya yang ideal ialah redup hingga gelap sama sekali. Menerapkn gaya hidup sehat juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker kelenjar getah bening, lho!

Lakukan Medical Check-Up Rutin

Medical check up perlu dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengetahui jika ternyata di dalam tubuh ada bibit-bibit penyakit. Deteksi dini tentunya bisa membuat penangan lebih cepat dilakukan sehingga tak perlu menunggu hingga penyakit sudah terlanjur parah dan sikar diobati.

Medical check up setidaknya perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali. Anda bisa mendatangi rumah sakit terdekat dan meminta medical check up lengkap beserta laporannya. Anda bisa juga meminta saran dokter bagaimana gaya hidup sehat yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut.

Memulai gaya hidup sehat tak lepas dari hambatan. Godaan makanan-makanan kurang sehat namun rasanya lezat, malas berolahraga dan tidur dini hari seringkali menghampiri. Meski begitu Anda harus memaksakan diri demi menjaga kesehatan.

Melakoninya akan lebih mudah jika dilakukan bersama orang-orang terkasih. Cobalah ajak serta pasangan atau anggota keluarga Anda untuk berolahraga bersama atau mengolah makanan sehat bersama agar lebih termotivasi.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.