Kesehatan

Maag Bukan Penyakit yang Bisa Dianggap Sepele, Berikut Fakta yang Perlu Anda Ketahui

PFI Megalife
 29 Agu 2019
Maag bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Jika sudah parah, penderitanya bisa terkena peradangan di area perut. Nah bagaimana mengatasinya?

penyakit maag

Lambung adalah salah satu organ dengan fungsi yang sangat vital dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nantinya zat-zat dari makanan yang sudah dicerna lambung akan dialirkan darah ke seluruh tubuh.

Lambung manusia bekerja hampir sepanjang waktu. Semakin banyak makanan yang masuk maka akan semakin berat pula kerjanya. Namun justru kondisi itulah yang membuat lambung tak terhindar dari berbagai gangguang.

Gangguan pada lambung erat kaitannya dengan tips hidup sehat yang tak dijalankan dengan baik. Adapun beberapa gangguan yang lazim menyerang antara lain:

  • Kanker Lambung

Penyakit ini muncul karena tumbuhnya sel-sel kanker di sekitar lambung. Pada tahap awal, kanker lambung bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan. Namun jika sudah sampai stadium lanjut maka pasien harus menjalani kemoterapi dan serangkaian tindakan medis lain.

  • Infeksi Lambung

Seperti namanya, penyakit yang satu ini muncul karena lambung terinfeksi sesuatu. Umumnya infeksi disebabkan lambung harus mencerna makanan yang tidak higienis atau makanan yang dikunyah dengan tidak sempurna.

  • Gerd

Gerd adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan zat asam lambung. Asam lambung tersebut kemudian melapisi bagian dalam sistem pencernaan dan menyebabkan iritasi. Gerd menyebabkan penderitanya merasa sangat mual sehingga semua aktifitas pasti terganggu.

  • Maag

Maag adalah salah satu penyakit lambung yang paling jamak ditemui. Maag ialah kondisi dimana asam lambung diproduksi dalam jumlah yang berlebih dan menyebabkan peradangan. Biasanya menderita akan merasakan nyeri di daerah ulu hati.

Penyebabnya sangat beragam. Namun umumnya penderita maag bisa kumat dengan terlambat makan atau salah makan sebagai pemicunya. Saking mudahnya menemukan penderita penyakit maag di Indonesia, banyak orang yang menganggap penyakit ini tidak serius dan cukup diobati dengan mengkonsumsi obat warung.

Penyebab Sakit Maag

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, maag adalah kondisi yang terbilang banyak ditemui dan ada banyak hal yang bisa menjadi pemicunya. Intinya, penyakit maag adalah penyakit yang timbul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Menjalankan tips hidup sehat memang tak semudah kelihatannya. Banyak orang yang abai dan menjalankan pola hidup sesuka hati. Kesadaran biasanya akan muncul ketika penyakit sudah bermunculan. Agar Anda tak ikut menjadi korban dari gaya hidup yang sembarangan, berikut adalah penyebab penyakit sakit maag yang harus Anda waspadai:

  • Pola Makan yang Tidak Teratur

Idealnya, orang dewasa perlu mendapat asupan makanan 3 kali dalam sehari. Sementara untuk jumlahnya disesuaikan dengan berat badan dan kebutuhan nutrisi khusus yang berbeda-beda untuk setiap orang. Menjaga pola makan akan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Masalah akan timbul jika pola makan ini tidak dijaga dengan baik. Lambung akan terus memproduksi asam lambung yang berfungsi untuk mencerna makanan. Jika sudah tidak ada makanan yang bisa dicerna maka asam lambung bisa melukai dinding lambung.

Jika terlalu lama dibiarkan maka kondisi seperti ini akan menyebabkan penyakit maag. Jika pola makan tak segera diubah maka penyakit bisa terus berkembang menjadi maag kronis hingga memerlukan penanganan yang lebih serius.

  • Konsumsi Makanan atau Minuman yang Memicu Naiknya Asam Lambung

Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki pengaruh tersendiri terhadap kesehatan lambung. Beberapa makanan dan minuman memiliki kandungan tersendiri yang membuatnya jadi pemicu produksi asam lambung.

Salah satu contoh minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung adalah kopi. Terlebih jika kopi dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Makanan bersantan dan terlalu pedas juga bisa menyebabkan penyakit maag.

Jika kebiasaan mengkonsumsi makanan ini terus diulang tanpa diimbangi konsumsi makanan sehat, maka penyakit maag akan jadi kondisi yang sulit dihindari. Jika Anda penggemar kopi atau makanan pedas sebaiknya konsumsi sewajarnya.

  • Infeksi Bakteri di Lambung

Ternyata sakit maag bisa pula disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika Anda bertanya darimana bakteri tersebut berasal, jawabannya tentu saja makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ketika sedang terlalu sibuk bekerja seringkali orang jadi makan dengan asal-asalan, memakan makanan apa saja yang mudah dijangkau tanpa mempedulikan kebersihannya. Kebiasaan ini sangat berbahay sebab infeksi bakteri bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah dari maag.

  • Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Tubuh manusia memiliki kebutuhan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan maksimal setiap harinya. Sebagian nutrisi tersebut bisa didapatkan dari buah dan sayur sebagai sumber nutrisi yang bersifat nabati. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki banyak fungsi, termasuk untuk mengendalikan asam lambung.

Anda yang jarang mengkonsumsi buah dan sayur berpotensi lebih tinggi terkena maag. Tubuh juga jadi tidak punya cukup antioksidan untuk menangkal serangan berbagai penyakit.

  • Stress

Stress mempunyai efek yang signifikan terhadap kesehatan fisik. Sebut saja stroke, darah tinggi, dan masih banyak penyakit lain yang salah satu penyebab utamanya adalah beban pikiran. Mag juga termasuk penyakit yang bisa dipicu oleh stress. Anda perlu punya cara meredakan stress agar tak berlarut-larut. Stress bisa memicu otak mengeluarkan hormone tertentu yang kemudian membuat produksi asam lambung menjadi tinggi.

Baca juga: Cara Mengurangi Stres

Sakit Maag Tak Diobati dengan Benar, Apa Dampak Terburuknya Bagi Kesehatan?

Banyak orang menganggap sakit maag bukanlah masalah serius dan cukup diobati dengan obat warung. Padahal sakit maag juga membutuhkan penanganan yang tepat. Jika terlalu lama dibiarkan hingga menjadi parah, bukan tak mungkin penderita sakit maag membutuhkan rawat inap bahkan hingga di ruang ICU.

Berikut adalah beberapa dampak buruk bagi kesehatan yang bisa disebabkan oleh penyakit maag:

  • Perforasi Gaster di Tukak Lambung

Perforasi gaster adalah suatu kondisi di mana tukak lambung terinfeksi Helicobacter pylori. Bakteri tersebut tidak akan mati meski terkena asam lambung. Penderita penyakit tukak lambung ini akan merasakan nyeri perut yang sangat hebat dan mendadak.

Mual dan muntah juga akan menjadi siksaan yang dialami penderita perforasi gaster. Kondisi ini memerlukan operasi agar tidak kambuh lagi.

  • Perforasi Lampung

Perforasi lambung dikenal pula dengan istilah kebocoran lambung. Kondisi ini terjadi karena jumlah asam lambung yang berlebih melukai lambung hingga menyebabkan lambung berlubang. Jika sudah mengalami perforasi, pasien akan memerlukan perawatan medis serius berupa operasi.

  • Peritonitis

Peritonitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan parah di area perut. Peradangan tersebut menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan sistem pencernaan jadi tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Penyebabnya adalah asam lambung yang sudah menyelimuti area lambung.

Peradangan juga akan membuat penderita demam dan menggigil. Pengobatan yang harus dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Beberapa di antaranya akan membutuhkan operasi.

  • Sepsis

Sepsis akan terjadi jika maag sudah terlebih dahulu menyebabkan infeksi di lambung. Sepsis muncul ketika sistem kekebalan tubuh tengah mati-matian melawan infeksi yang ada dan melemahkan sistem kekebalan tubuh tersebut.

Sepsis adalah kondisi serius yang bisa menyebabkan kematian. Ketika terserang sepsis biasanya tekanan darah pasien akan turun secara drastis. Selain itu pasien juga akan menunjukkan gejala lain seperti diare, nyeri otot dan sendi, hingga demam tinggi.

Cara Meringankan Sakit Maag

Maag bukanlah kondisi yang  mudah disembuhkan. Akan selalu ada saat di mana penyakit ini kambuh, terutama jika penderita tak segera sadar untuk menerapkan tips hidup sehat.

Jia Anda adalah penderita sakit maag yang sedang berusaha meminimalisir kekambuhannya, atau orang yang sedang sangat menjaga agar terkena maag, cobalah ikuti beberapa tips kesehatan berikut ini.

Pertama, jaga pola makan. Usahakan untuk selalu makan dengan teratur. Selain itu perhatikan selalu jenis dan kebersihan makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda termasuk orang yang sangat menjaga berat badan, ingatlah bahwa solusinya bukan tidak makan. Melainkan makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil.

Ketika makan, makanlah dengan perlahan. Makan dengan terlalu cepat bisa mengakibatkan banyak gas yang masuk ke dalam lambung dan meningkatkan produksi asam lambung.

Kedua, kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memicu meningkatnya asam lambung. Contoh makanan dan minuman yang dimaksud adalah minuman berkafein, produk olahan susu, makanan dengan kadar lemak tinggi, dan produk olahan jeruk. Tips yang terakhir adalah menghindari kebiasaan hidup yang tak sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok. Selain itu, kendalikan selalu stress Anda agar risiko maag jadi semakin jauh.

Baca juga: Tips Hidup Sehat Kurangi Resiko Penyakit Sejak Dini

Tak ada yang tahu kapan sebuah penyakit akan berkembang jadi lebih parah dan membutuhkan rawat inap. Oleh karena itu, selain menjalankan gaya hidup sehat lengkapi diri Anda proteksi lebih dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik. Jadi, apapun yang terjadi Anda sudah terptoteksi dan tak perlu khawatir lagi.

Ingatlah selalu bahwa asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan membebaskan Anda dari rasa khawatir. Mega Hospita Investa dari PFI Mega Life bisa jadi pilihan asuransi rawat inap yang paling tepat untuk Anda.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.