1 Likes
Kesehatan

Gejala Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

PFI Megalife
 07 Des 2018
Jangan anggap sepele gejala-gejala berikut ini, bisa jadi kamu mengidap gejala penyakit jantung!

Persentase terbesar penyebab kematian saat ini adalah penyakit jantung. Penyakit jantung setidaknya menyebabkan sekitar 72,3 persen kematian di tahun 2016 kemarin. Dari angka tersebut dapat kalian simpulkan sendiri betapa menyeramkannya penyakit jantung. Dengan demikian, mengetahui gejala awal penyakit jantung akan sangat membantu kalian untuk menghindari masalah kesehatan yang satu ini berkembang. Kemudian, dengan dibuatnya artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi yang sejelas- jelasnya untuk kalian yang peduli dengan kesehatan kalian. Berikut ini beberapa gejala yang sering dialami penderita penyakit jantung:

1. Sulit Tidur

 

Memanglah benar bahwa tidur yang teratur merupakan tanda dari orang yang sehat. Sedangkan bagaimana gejala sulit tidur dapat menjadi salah satu gejala penyakit jantung? Tidur yang teratur akan membuat tekanan darah dan detak jantung turun, oleh karena itu apabila kalian sulit tidur maka itu memiliki arti yang sebaliknya yakni tekanan darah dan detak jantung naik tidak semestinya. Maka dari itu, apabila kalian merasa sulit tidur, mulailah membiasakan diri untuk berusaha tidur dengan teratur untuk kesehatan jantung kalian.

2. Mudah Lelah

 

Masalah kesehatan yang satu ini disebutkan sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Mengapa demikian? Jantung yang mengalami ketegangan ekstra saat mengalami serangan jantung akan menurunkan aliran darah ke jantung. Umumnya, gejala ini sering didapati oleh kaum wanita. Tapi apabila kalian mengalami gejala tersebut, periksalah ke dokter untuk memastikan kesehatan kalian.

3. Sakit lengan, dada, atau punggung

 

Gejala yang satu ini disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat dan mengakibatkan sel otot jantung kehabisan oksigen. Hal ini mengakibatkan kurangnya darah yang mengalir ke daerah tersebut. Selain itu, dada yang terasa berat juga seringkali diabaikan oleh sebagian orang, padahal gejala tersebut merupakan tanda dari masalah kesehatan jantung kalian. Terlebih lagi, sebagian orang menganggap peristiwa ini sebagai kesuksesan dalam olahraga yang sedang dijalani, padahal tentu saja bukan. Segeralah periksa ke dokter untuk memastikan keadaan kalian.

4. Berkeringat di Malam Hari

 

Gejala ini selalu berkaitan dengan masalah jantung. Pasalnya, kebanyakan orang yang mengalami serangan jantung akan melaporkan bahwa mereka memiliki gejala keringat dingin atau keringat yang tidak normal. Oleh karena itu, untuk kalian yang lebih sering berkeringat di malam hari ketimbang siang hari segeralah melakukan cek jantung.

5. Detak Jantung Tidak Normal

 

Apabila kalian merasakan suatu perbedaan dalam detak jantung, mungkin hal tesebut merupakan suatu gejala dari penyakit jantung yang belum kalian ketahui. Detak jantung yang cepat meskipun tidak sedang melakukan olahraga atau kegiatan berat lainnya menandakan ada yang bermasalah dengan jantung kalian.

6. Nafsu Makan Menurun

 

Siapa tau ternyata menurunnya nafsu makan juga merupakan gejala dari penyakit jantung. Gejala yang satu ini disebabkan oleh jantung kalian yang memberi tanda akan ketidaksehatannya. Kesulitan mencerna makanan akan membuat kalian mengalami sakit perut dan mual. Maka dari itu, jangan anggap remeh menurunnya nafsu makan, tidak ada satu pun hal di dunia ini yang terjadi tanpa sebab.

7. Batuk

 

Gejala ini dapat dikaitkan dengan penyakit jantung apabila batuk yang dialami memiliki skala yang tak kunjung henti. Selain itu, batu dipercaya sebagai tanda penyakit kardiovaskular apabila mengeluarkan dahak yang berwarna merah muda. Kemudian, batuk yang berkaitan dengan gejala penyakit jantung agak berbeda dengan batuk pada umumnya. Batuk ini terjadi tanpa pendamping penyakit lain pada umumnya seperti flu dan pilek. Maka untuk kalian yang mendapati gejala semacam ini segeralah pergi ke puskesmas atau dokter pribadi kalian untuk memeriksa kondisi kalian saat ini.

Itulah beberapa gejala yang timbul akibat penyakit jantung. Gejala penyakit jantung tidak selalu sama antara satu orang dan penderita lainnya, maka dari itu tetaplah waspada dan perhatikan kondisi kalian. Jagalah kesehatan jantung dengan makan makanan bergizi yang teratur, sering berolah raga, dan jaga pola tidur kalian, karena jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang sangat perlu dijaga kesehatannya. Sekian artikel mengenai “gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai“ ini, semoga informasi ini dapat membantu. Jagalah kesehatan jantung kalian ya!

Selalu jaga kesehatan Anda sejak dini dengan rutin berolahraga dan makan-makanan sehat yang tinggi nutrisi untuk melindungi jantung. Jangan terlambat untuk periksa ke dokter apabila Anda memiliki salah satu atau beberapa gejala seperti di atas tadi ya.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.