Kesehatan

Beberapa Gejala DBD (Demam Berdarah) Yang Perlu Diwaspadai

PFI Megalife
 12 Des 2018
Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, memang memiliki kemungkinan besar bisa terserang demam berdarah. Jangan sampai terlambat! Perhatikan gejalanya berikut ini!

Demam berdarah adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Dengue melalui gigitan nyamuk aedes aegypt. Penyakit ini seringkali ditemui di Indonesia karena faktor cuaca dan iklim tropis yang cocok sebagai tempat berkembang biak nyamuk ini. Oleh karena itu kalian yang belum tau mengenai penyakit ini sebaiknya menyimak gejala dan tanda- tanda terinfeksinya virus Dengue tersebut, kemudian kalian dapat melakukan penanganan setelahnya. Berikut ini gelaja- gejala penyakit demam berdarah (DBD):

1. Demam Mendadak

 

Demam merupakan penyakit yang biasa dan sering terjadi kepada siapa saja, namun hal ini dapat merupakan suatu tanda dari awalnya terinfeksi penyakit DBD. Perbedaan dari demam biasa dan DBD yakni gejalanya yang tiba- tiba. Tidak seperti demam pada umumnya, DBD akan menyebabkan demam mendadak yang bersuhu mencapai 40 derajat celcius. Demam ini dapat berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Setelah fase ini selesai, maka demam akan tiba- tiba menurun dan terlihat normal, namun jangan salah karena itu menandakan bahwa penderita telah memasuki tahap selanjutnya.

Di lain sisi, apabila demam tetap berlanjut setelah hari ketujuh atau bahkan hingga hari ke sepuluh, maka kemungkinan besar demam ini bukanlah merupakan gejala dari demam berdarah.

2. Nyeri Otot

 

Tahap demam selama dua sampai tujuh hari tersebut merupakan awal dari fase selanjutnya yakni fase nyeri otot. Sebenarnya, gejala yang satu ini dapat terjadi bersamaan ketika mengalami demam tinggi. Oleh karena itu, apabila dua gejala ini benar- benar terjadi secara bersamaan, maka kemungkinan besar si pasien telah mengalami DBD, dan segeralah diperiksa ke dokter. Selain itu, gejala nyeri akan membuat tubuh penderiita mengalami nyeri pada bagian sendi dan otot di seluruh tubuh. Hal ini tentu akan membuat pasien mulai merasa tidak nyaman dan stress.

Di samping itu, gejala DBD yang satu ini sering diikuti dengan berkeringan dan menggigil. Tapi, gejala berkeringan dan menggigil ini tidak terjadi kepada semua penderita. Jadi apabila sahabat atau keluarga kalian tidak mendapatkan gejala berkeringat dan menggigil ini, tetaplah waspada dan periksakan kondisi mereka ke Dokter kepercayaan kalian.

3. Sakit Kepala Dan Sakit Mata Pada Bagian Belakang

 

Setelah mengalami demam selama berjam- jam, kepala akan terasa sakit dan membuat penderita merasa pusing. Ini merupakan gejala BDB yang paling sering terjadi kepada para pengidap virus Dengue. Gejala sakit kepala dan sakit mata ini akan membuat si penderita mulai kesulitan menjalanan aktivitasnya seperti bekerja, berjalan, berfikir dan lainnya.

4. Mual Muntah

 

Selanjunya yakni sakit perut parah yang mengakibatkan rasa mual dan muntah selama dua sampai empat hari. Sakit perut yang dialami tidaklah biasa dan tidak dapat terobati hanya dengan obat sakit perut pada umumnya. Sakit perut yang amat parah membuat penderita DBD mual dan muntah dalam skala besar dan sering. Gejala ini merupakan salah satu fase dari virus Dengue untuk menurunkan jumlah sel darah putih dan trombosit. Terlebih lagi, makanan yang telah di cerna dalam perut dimuntahkan kembali sehingga tubuh akan kekurangan gizi yang mengakibatkan melemahnya imun.

5. Kelelahan

 

Terakhir, gejala DBD di atas yakni demam, sakit kepala, nyeri otot, dan muntah akan mengakibatkan penderita mengalami kelelahan dan lemas. Imun dalam tubuh yang telah melemah dan gizi yang berkurang menyebabkan tubuh tidak mendapatkan tenaga yang cukup untuk bergerak. Oleh karena itu, usahakanlah untuk lebih cepat membawa pasien ke Rumah Sakit sebelum mencapai fase ini.

Sekian informasi mengenai gejala DBD (demam berdarah) ini. Gejala- gejala tersebut perlu diperhatikan dan tangani secepatnya karena demam berdarah merupakan penyakit yang berbahaya dan perlu penanganan khusus. Ketika sahabat atau keluarga kalian mendapati gejala seperti diatas, segeralah dibawa ke Dokter. Kemudian, ingatlah bahwa segala penyakit dapat terobati dengan tuntas apabila kalian cepat menanganinya. Selain itu, langkah penanganan yang tepat akan menyelamatkan nyawa orang yang kalian sayang dari penyakit yang berbahaya ini.

Jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki ciri-ciri dari gejala demam berdarah tersebut, tidak ada salahnya jika segera diperiksakan ke dokter. Semua penyakit akan bisa disembuhkan jika Anda cepat tanggap dalam menanganinya.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.