Kesehatan

8 Cara Diet sehat untuk Menurunkan Berat Badan

PFI Megalife
 11 Agu 2019
Diet tidak melulu soal mengurangi makanan. Banyak cara diet sehat yang tidak mengancam kesehatan tubuh. Bagaimana sih diet sehat dilakukan?

diet sehat

Diet menjadi istilah yang banyak didengar. Orang awam biasanya berpikiran diet dilakukan oleh orang-orang dengan berat badan berlebih untuk menurunkan berat badan. Hal itu tak bisa sepenuhnya dianggap keliru.

Tapi sebetulnya diet tak melulu ditujukan bagi mereka yang kelebihan berat badan. Ada diet yang bisa dipraktekkan oleh siapa saja demi menjaga kesehatan. Diet sehat ini sangat disarankan untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang merasa kurang olahraga atau sudah lewat dari usia kepala 3.

Memang butuh niatan yang tinggi untuk bisa menjalankan diet secara konsisten. Godaan terbesar selalu datang dari makanan yang terlihat lezat padahal sesungguhnya tak baik bagi kesehatan.

Di bawah ini adalah tips diet sehat yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan sekaligus menjaga berat badan seimbang:

Diet Sehat dengan Membuat Jadwal Makan

Sebagai langkah awal buatlah jadwal makan yang nantinya akan Anda ikuti dengan disiplin. Anda bisa makan 3 kali sehari seperti biasanya, tapi atur menunya dengan hati-hati. Misalnya hanya mengkonsumsi nasi 1 kali dalam sehari tapi sisanya diganti dengan karbo lain yang lebih ringan.

Jangan membiarkan tubuh kelaparan dengan alasan diet. Kelaparan justru membuat metabolisme tubuh melambat. Selain itu berpotensi membuat Anda kalap di waktu makan berikutnya.

Diet Sehat dengan Mengganti Menu Sarapan dengan Buah dan Sayur

Jika Anda biasa sarapan dengan nasi, kini waktunya Anda mengubah kebiasaan itu demi diet sehat. Sebaiknya menu sarapan nasi Anda diganti dengan buah dan sayur. Buah dan sayur rendah kalori sehingga tak membuat gendut.

Buah dan sayur juga kaya akan kandungan serat. Kandungan serat akan membantu pencernaan tetap sehat. Selain itu Anda juga akan merasa kenyang lebih lama.

Diet Sehat dengan Mengkonsumsi Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Bukan hanya perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus memerhatikan asupan air putih selama menjalankan program diet. Konsumsi air putih yang cukup bahkan menjadi salah satu kunci keberhasilan diet.

Manfaat air putih bagi tubuh selama proses diet tak bisa dianggap sepele. Manfaatnya antara lain menjaga pencernaan tetap lancar dan menghaluskan kulit.

Diet Sehat dengan Mengurangi Konsumsi Makanan yang Digoreng

Ketika diet Anda harus mengurangi makanan yang digoreng. Itu karena makanan yang digoreng mengandung kalori lebih tinggi yang berasal dari minyak. Apalagi jika minyak tersebut sudah dipakai menggoreng berulang kali.

Ganti makanan yang digoreng tersebut dengan makanan yang direbus atau dikukus. Selain lebih rendah kalori, makanan seperti itu jelas jauh lebih sehat.

Diet Sehat dengan Membatasi Konsumsi Gula dan Garam

Konsumsi gula dan garam yang berlebih bisa berdampak serius pada berat badan dan kondisi kesehatan. Oleh karena itu jika Anda ingin diet sehat yang sukses sebaiknya kurangi konsumsi gula dan garam.

Konsumsi garam perlu dibatasi karena bisa memicu hipertensi dan penyakit-penyakit lain. Sementara untuk gula, selain dibatasi ganti juga gula Anda denga gula rendah kalori. Tujuannya untuk menghindari risiko diabetes dan menurunkan berat badan.

Diet Sehat dengan Rutin Berolahraga

Diet semestinya tak semata-mata soal membatasi konsumsi makanan. Semua itu harus diimbangi denga rutin berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan ringan di pagi hari sebelum mulai melakukan rutinitas yang lain.

Rutin berolahraga tak hanya mampu menurunkan berat badan. Kegiatan ini akan membuat tubuh senantiasa bugar dan daya tahannya lebih kuat. Cek inspirasi olahraga rutin untuk kamu yang sibuk bekerja!

Cukup Tidur

Pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup. Tidur malam minimal 6 hingga 8 jam sehari untuk mengembalikan energi tubuh setelah semua kegiatan yang dilakukan sepanjang hari. Hal itu bisa membantu mengoptimalkan diet sehat Anda. 

Konsumsi Makanan yang Bisa Membakar Lemak

Tahukah Anda kalau bahwa buah-buahan seperti aneka berry, peer, apricot dan lain-lain ampuh membakar lemak? Masukkan buah-buahan tersebut dalam menu diet Anda. Anda bisa memvariasikannya dengan bahan makanan lain yang juga ampuh membakar lemak.

Jika Anda bisa disiplin menerapkan tips diet sehat di atas maka dalam waktu 1 atau 2 bulan Anda akakn bisa merasakan hasilnya. Bukan saja berat badan turun, tubuh juga jadi lebih bugar dan tak mudah terserang penyakit. Jika berat badan anda dirasa sudah ideal, jangan lupa untuk berhenti mencari cara menguruskan badan ya!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.