Kesehatan

Olahraga, Liburan, Apa Lagi sih Cara mengurangi stress?

PFI Megalife
 12 Agu 2019
Stress yang dibiarkan berlarut-larut sangat tidak bagi bagi kesehatan mental. Lantas, bagaimanakah cara mengurangi stress yang tepat?

cara mengurangi setress

Stress menjadi hal yang sulit dihindari. Pemicunya ada banyak. Mulai dari stress dengan urusan keluarga, keuangan, kemacetan, dan lain-lain. Setiap orang memiliki pemicu dan kadar stress yang beragam.

Hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan menjadi salah satu yang paling sering memicu stress. Beban kerja yang terus bertambah, lingkungan kerja yang dirasa kurang sesuai, hingga bagaimana cara mengatur gaji dan jarang membuat kita merasa penat.

Memahami cara mengurangi stress sangatlah penting, terutama stress yang berkaitan dengan pekerjaan. Stress yang dibiarkan berlarut-larut sangat tidak bagi bagi kesehatan mental. Stress tersebut juga bisa turut memengaruhi produktivitas Anda.

Lantas, bagaimanakah cara mengurangi stress yang tepat?

Cara Mengurangi Stress dengan Liburan

Tentu saja merupakan hal yang wajar jika kegiatan sehari-hari membuat Anda merasa jenuh. Anda mungkin seringkali merasa kebingungan bagaimana harus menghilangkan kejenuhan tersebut. Liburan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Tak ada salahnya menyisihkan sebagian kecil dari gaji Anda untuk liburan. Misalnya Anda bisa pergi ke luar kota 3 bulan sekali, atau ke luar negeri setahun sekali. Bagi sebagian orang liburan menjadi cara mengurangi stress yang paling efektif. Cek cara mengatur budget liburan berikut ini.

Liburan memberikan otak Anda kesempatan untuk menikmati hal-hal baru yang bebas dari tekanan. Sehabis liburan, pikiran jadi kembali jernih dan siap untuk kembali bekerja dengan maksimal.

Cara Mengurangi Stress dengan Melakukan Hobi

Hobi apa yang sudah lama tak sempat Anda lakukan karena alasan pekerjaan? Kini Anda bisa mempertimbangkan untuk kembali melakukan hobi tersebut. Melakukan hobi pastilah menjadi cara mengurangi stress yang efektif.

Anda bisa memilih akhir pekan untuk melakukan hobi Anda. Melakukan hal yang menyenangkan akan membuat Anda sejenak melupakan segala beban yang ada di tempat kerja.

Melakukan hobi termasuk me-time yang baik untuk kesehatan mental Anda, lho. Jika merasa tidak memiliki hobi yang spesifik, Anda bisa memulainya dengan membaca buku, berjalan-jalan ke destinasi wisata yang menarik, atau menekuni dunia fotografi yang tengah banyak digandrungi.

Cara Mengurangi Stress dengan Mengambil Cuti

Sebagai seorang karyawan Anda pasti memiliki jatah cuti. Jatah cuti biasanya akan diambil ketika ada sesuatu yang penting. Tapi, bukan hal yang salah jika beberapa hari dari jatah cuti Anda dihabiskan sebagai upaya mengurangi stress.

Ambillah cuti 1 atau 2 hari ketika Anda sudah merasa terlalu jenuh dengan pekerjaan. Waktu yang diiliki selama cuti bisa Anda habiskan untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang atau sekedar menenangkan diri di rumah. Jika punya budget lebih untuk berjalan-jalan, tentu hal itu layak dilakukan.

Sebelum cuti, pastikan Anda sudah menuntaskan pekerjaan. Pekerjaan yang belum tuntas mungkin akan membuat Anda terganggu karena telpon atau pesan yang datang dari rekan kantor.

Cara Mengurangi Stress dengan Olahraga

Anda tentu sudah tahu bahwa olahraga adalah kegiatan yang baik bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa olahraga juga cukup ampuh sebagai cara mengurangi stress?

Olahraga akan membuat tubuh Anda senantiasa bugar sehingga tak cepat lelah ketika melakoni segudang aktivitas. Olahraga seperti renang atau hiking juga akan memberikan kesenangan tersendiri sehingga bisa mengurangi stress akibat pekerjaan dan penyebab lainnya.

Anda bisa melakukan olahraga ringan setiap pagi atau sore hari untuk menjaga kebugaran tubuh. Sementara olahraga seperti renang atau hiking yang bisa mengurangi stress bisa Anda lakukan 2 hingga 4 kali setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya ya!

Cara Mengurangi Stress dengan Meditasi

Meditasi memang bukan hal yang mudah dipelajari secara otodidak. Anda mungkin perlu datang ke sanggar-sanggar khusus untuk melakukan cara mengurangi stress yang satu ini. Kendati demikian meditasi tetap layak dicoba.

Meditasi sangat bermanfaat untuk relaksasi pikiran. Selain itu meditasi bisa juga mengatasi masalah kecemasan atau sulit tidur bagi orang-orang dengan tingkat stress yang tinggi. Manfaat lain yang bisa dirasakan setelah rutin melakukan kegiatan ini adalah meningkatnya konsentrasi dan daya ingat.

Sebaiknya meditasi dilakukan seminggu sekali. Kegiatan dengan segudang manfaat yang cocok untuk mengisi waktu luang Anda.

Cara Mengurangi Stress dengan Menulis

Memiliki banyak kesibukan dan dikelilingi oleh orang-orang yang sama sibuknya mungkin membuat Anda kesulitan menemukan tempat untuk berbagai cerita. Janganlah memendam cerita-cerita tersebut sendirian karena bisa menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri.

Anda bisa mencoba menulis sebagai cara mengurangi stress. Anda bisa menuliskan banyak hal dalam pikiran Anda dalam bentuk diary atau bahkan dalam blog yang bisa diakses banyak orang. Tak jarang menulis membuat segala keluh kesah dalam benak Anda tersalurkan.

Apapun cara yang Anda pilih sebagai cara mengurangi stress ingatlah bahwa kebahagiaan diri Anda adalah yang terpenting. Jika Anda bisa sehat jiawa raga, maka pekerjaan sesulit apapun akan bisa diatasi dengan baik

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.