Kesehatan

5 Macam Aktivitas fisik Kekinian yang Cocok Dilakukan Para Freelancer

PFI Mega Life
 23 Sep 2019
Para freelancer seringkali lupa melakukan aktivitas fisik. Cobalah pilih olahraga kekinian agar lebih semangat beraktivitas dan jangan lupa miliki asuransi.

macam macam aktivitas fisik

Freelancer menjadi profesi yang kian digandrungi. Banyak anak-anak muda yang mulai melirik profesi ini. Sayangnya tak semua anak muda yang berminat pada dunia freelancer sudah benar-benar paham mengenai pekerjaan tersebut.

Ketika berbicara tentang freelancer, kebanyakan orang hanya fokus pada jam kerja yang fleksibel. Seorang freelancer memang bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Hal itu kemudian dianggap identik dengan kebebasan.

Padahal kenyataan di lapangan tidak selalu demikian. Tidak adanya jam kerja yang jelas justru membuat seorang freelancer sering lupa waktu. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bekerja sehingga lupa menyisihkan waktu untuk diri sendiri dan menjaga kesehatan.

Bekerja hingga larut malam pasti bukan merupakan hal yang asing bagi para freelancer. Semua itu harus dilakukan demi bisa memenangkan persaingan pasar dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Kondisi seorang freelancer yang tak punya kontrak tetap memang membuatnya harus selalu mampu menawarkan kualitas terbaik. Jika tak begitu bisa-bisa ia kehilangan sumber pemasukan yang jumlahnya pasti tak sedikit.

Hal di atas tak hanya melelahkan secara fisik, tapi juga bisa menyebabkan stress. Kelelahan secara fisik dan mental ini kemudian membuat para freelancer jadi rawan terkena penyakit. Masalah berikutnya yang mendera adalah para freelancer tak punya asuransi kesehatan terbaik yang diberikan kantor.

Baca Juga: Walau Kerja, Yuk Lakukan Aktivitas Fisik Berikut Ini!

Tips Hidup Sehat untuk Para Freelancer

 

Jam kerja yang tak menentu dan beban kerja yang tak ringan memang membuat para freelancer harus memutar otak memikirkan tips hidup sehat yang sesuai. Kesulitan menemukan cara hidup sehat yang sesuai inilah yang kerap membuat para freelancer jadi abai pada kesehatannya. Kesadaran baru akan timbul ketika sudah jatuh sakit dan harus rawat inap dengan biaya yang tidak sedikit.

Berikut adalah beberapa tips hidup sehat yang bisa dijalankan oleh para freelancer untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun psikis:

  • Membatasi Jam Kerja

Seorang freelancer memang bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Namun hal itu bisa menjadi boomerang jika tak pandai mengelola waktu dengan baik. Seorang freelancer hendaknya mampu disiplin terhadap diri sendiri. Buat batasan jam kerja yang jelas untuk diri sendiri.

Tentukan jam kerja maksimal untuk bekerja di malam hari. Ingatlah selalu bahwa ada kebutuhan lain seperti berkumpul bersama keluarga atau sekedar mengistirahatkan diri sendiri.

  • Menjaga Asupan Makanan

Semakin banyak pekerjaan yang harus dituntaskan maka semakin besar pula energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara untuk memasikan tubuh selalu memiliki energi yang cukup adalah dengan menjaga asupan makanan, baik dari segi kandungan gizi maupun jadwal makan.

Meskipun pekerjaan seorang freelancer dalam segi waktu, tapi untuk masalah makan jadwalnya harus tetap teratur. Jam makan yang teratur akan mengurangi risiko penyakit maag dan penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan. Jangan lupa untuk memerhatikan kandungan gizi dan kebersihan makanan yang dikonsumsi.

  • Memiliki Mekanisme Pengelolaan Stress yang Baik

Stress yang tak dikendalikan dengan benar bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh. Maag dan hipertensi hanya 2 dari sekian banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh karena stress berlebihan. Para freelancer hampir bisa dipastikan mengalami kondisi seperti ini.

Mekanisme pengelolaan stress pada setiap orang pastilah berbeda-beda. Ada yang cukup menghabiskan waktu seharian di rumah, ada pula yang perlu pergi melakukan hobi atau berlibur agar energy yang hilang bisa terisi kembali. Sangat penting bagi seorang freelancer untuk memahami apa yang dirinya butuhkan guna mengendalikan stress.

  • Rutin Melakukan Aktivitas fisik

Menyelesaikan tumpukan pekerjaan memang menghabiskan banyak tenaga. Hal itu seringkali membuat para freelancer marasa malas untuk berolahraga atau melakukan aktivias fisik lainnya. Padahal seperti itu sangat penting sebagai bagian dari tips hidup sehat.

Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksa diri sendiri giat berolahraga. Salah satunya adalah dengan memilih jenis olahraga kekinian yang tidak hanya baik bagi kesehatan tapi juga bisa meningkatkan gaya hidup sehat.

Baca Juga: 5 Pencegahan hipertensi yang Wajib Dilakukan Para Freelancer

Aktivitas Kekinian yang Cocok untuk Para Freelancer

 

Berikut adalah beberapa aktivitas fisik kekinian yang cocok untuk dilakukan para freelancer di tenagh-tengah kesibukannya:

  • Mindfulness Running

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling simple untuk dilakukan. Tak harus di track, siapapun bisa melakukan olahraga ini di mana saja. Berlari di lapangan komplek atau justru mengelilingi komplek banyak dijadikan pilihan.

Para freelancer mungkin bisa dicoba apa yang disebut dengan mindfulness running. Mindfulness running adalah jenis olahraga lari yang mengharuskan para pelakunya untuk benar-benar berkonsentrasi pada setiap langkah yang diambil.

Seorang pelari mungkin akan membutuhkan bantuan musik untuk melakukan mindfulness running. Olahraga yang 1 ini diyakini mendatanngkan manfaat yang sangat baik bagi fisik dan psikis.

  • Yoga

Aktivitas fisik berikutnya yang layak dicoba oleh para freelancer adalah yoga. Pada kegiatan ini para freelancer tak hanya bisa melakukan oah fisik, melainkan juga sekaligus olah pikiran. Sebuah pilihan aktivitas yang cocok bagi para freelancer dengan tingkat stress yang tinggi.

Melakukan yoga 1 atau 2 kali dalam sebulan sudah sangat cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis. Tapi akan lebih baik jika diimbangi dengan olahraga rutin harian. Para freelancer misalnya bisa menyediakan waktu 30 menit di pagi hari untuk jogging.

  • TRX Training

Olahraga yang satu ini mungkin belum terlalu familiar di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Tapi para freelancer bisa menjadikan aktivitas fisik yang satu ini sebagai alternatif olahraga kekinian.

TRX sendiri ialah singkatan dari Total Body Resistence Excersice. Kegiatan olahraga ini menjadikan beban tubuh sebagai alat utama bagi setiap pesertanya. Alat bantu yang digunakan biasanya berupa tali temali dan beberapa alat lain. Tali-tail itulah yang akan membantu membentuk otot lewat latihan menggunakan bobot diri sendiri.

Beberapa orang yang pernah melakukan olahraga ini mengaku merasakan perubahan yang signifikan. Perubahan yang terjadi antara lain meningkatnya masa otot, menurunnya kadar lemak, dan meningkatnya konsentrasi saat bekerja.

  • HIIT Training

HIIT Training tengah menjadi salah satu olahraga kekinian yang naik daun beberapa hari terakhir. HIIT ialah High Intensity Interval Training, alias olahraga dalam waktu singkat namun dengan intensitas yang cukup tinggi.

HIIT training memang biasanya haya dilangsungkan selama 5 sampai 20 menit. Waktu tersebut diisi dengan beberapa gerakan yang efektif untuk membakar lemak dan membentuk tubuh. Sebuah pilihan olahraga yang tepat bagi para freelancer super sibuk.

  • Zumba

Sudah popular sejak beberapa tahun lalu, Zumba masih belum kehilangan popularitasnya sebagai olahraga kekinian. Gerakan yang dilakukan pada saat Zumba terasa gembira karena diiringi pilihan lagu-lagu ceria.

Zumba menjadi akivitas yang tepat untuk menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Musik yang diputar dan gerakan yang dilakukan saat Zumba dijamin bisa memperbaiki mood setelah lelah berurusan dengan setumpuk pekerjaan. Manfaatnya akan semakin terasa jika dilakukan secara rutin.

Perlukah Para Freelancer Memiliki Asuransi?

 

Jika harus dibandingkan, pekerja sebagai karyawan kantoran dan sebagai freelancer memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika bicara masalah kesehatan, maka keberadaan asuransi adalah pembanding yang tepat. Para karyawan punya asuransi dari kantor semetara para freelancer tidak.

Para freelancer hanya bisa punya asuransi kesehatan terbaik atas kesadarannya sendiri. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan adalah perlukah para pekerja lepas ini memiliki asuransi?

Jawabannya tentu saja perlu. Apalagi jika mengingat biaya kesehatan yang semakin mahal dari hari ke hari. Asuransi paling minimal yang harus dimiliki adalah asuransi rawat inap. Asuransi ini bisa menjadi semacam dana darurat jika sampai jatuh sakit dan wajib rawat inap. Kamu bisa mengetahui lebih lanjut manfaat asuransi kesehatan untuk para freelance berikut ini.

Bingung menentukan pilihan? Tak perlu khawatir. Mega Hospita Investa dari PFI Mega Life selalu bisa jawaban yang tepat. Para freelancer yang memiliki asuransi rawat inap satu ini dijamin akan menjalani hari-hari dengan bebas khawatir dan berobat dengan bebas nombok.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.