Kesehatan

5 Gaya Hidup Sehat Untuk Terhindar dari Gejala Tipes

PFI Megalife
 13 Sep 2019
Para freelancer harus menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari gejala tipes dan penyakit lain. Miliki juga Mega Hospital Investa sebagai proteksi diri.

gaya hidup sehat

Siapa sih yang tak tahu bahwa gaya hidup sehat itu penting? Sejak kecil Anda pasti sudah sering mendengar betapa pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. Perkenalan pada gaya hidup tersebut dimulai dari 4 sehat 5 sempurna.

Pada masa kanak-kanak menjalankan gaya hidup yang tepat sangat penting untuk memastikan proses pertumbuhan berlangsung dengan maksimal. Tak hanya fisik, gaya hidup mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga aktivitas fisik akan turut menentukan proses perkembangan otak. Masa kanak-kanak menjadi masa yang sangat menentukan.

Gaya hidup sehat memang tak melulu soal makanan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk memastikan tubuh selalu ada dalam kondisi terbaiknya. Ketika seseorang bertumbuh dewasa maka kebutuhan akan pengaturan pola makan hingga aktivitas fisik yang perlu dilakukan jadi bervariasi. Semua bergantung pada kondisi tubuh dan juga aktivitas yang dijalankan.

Orang yang berprofesi sebagai reporter lapangan, misalnya, mungkin membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi karena aktivitas fisiknya tinggi. Ia juga akan membutuhkan beberapa gaya hidup sehat lain untuk memastikan kesehatannya terjaga dengan baik.

Hal yang berbeda berlaku pada para freelancer. Sekilas pekerjaan ini tampak tak terlalu melelahkan dan sarat akan kebebasan. Padahal pada kenyataannya para freelancer seringkali melakoni gaya hidup yang kurang sehat demi memenuhi tuntutan pekerjaan.

Gaya hidup yang kurang sehat bisa menyebabkan para freelancer rentan terkena penyakit. Salah satunya ialah penyakit tipes yang memang kerap menyerang orang dengan pola hidup tak teratur. Gejala tipes bisa saja mulai menyerang para freelancer ketika tak menjaga asupan makanannya dan kurang istirahat.

Baca juga: Kenali Gejala Tipes dari yang Ringan Sampai yang Parah

Gejala Tipes yang Harus Diwaspadai

 

Terkena gejala tipes akan sangat mengganggu aktivitas. Pasalnya ketika sakit tipes seseorang harus benar-benar istirahat. Jika memaksakan diri untuk tetap berkegiatan maka dampaknya bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Gejala tipes yang biasa tampak pada para freelancer yang abai menjaga kesehatan antara lain ialah:

  • Demam Tinggi Selama BerhariHari

Gejala utama yang pasti ditemukan pada setiap penderita tipes adalah demam yang naik turun selama beberapa hari. Ketika tengah naik suhu tubuh akan sangat tinggi bahkan hingga membuat penderitanya menggigil.

  • Nyeri Sendi

Demam yang dialami penderita tipes biasanya akan disertai dengan nyeri sendi. Nyeri terutama akan dirasakan di bagian tangan dan kaki. Semakin tinggi suhu tubuh maka akan semakin tak nyaman pula rasa nyeri yang dirasakan.

  • Sakit Perut

Tipes memang merupakan penyakit yang disebabkan berkembangbiaknya bakteri Salmonella typhii di dalam sistem pencernaan tiba. Karena itu para penderita tipes akan otomatis merasa sakit perut. Sakit yang dimaksud bisa berupa nyeri seperti ditekan-tekan atau diare.

Baca juga: 5 Gejala Tipes yang Perlu Diwaspadai

Gaya Hidup Agar Bisa Terhindar dari Gejala Tipes

 

Mereka yang berprofesi sebagai freelancer adalah kelompok yang cukup rentan terkena penyakit ini. Kerentanan tak melulu terjadi karena rendahnya kesadaran untuk menjaga kesehatan. Bisa jadi para freelancer rentan terkena tipes karena tuntutan pekerjaannya tak memungkinkan mereka untuk menjalankan cara hidup yang sehat.

Hal di atas diperparah dengan ketiadaan asuransi kesehatan terbaik yang melindungi para freelancer. Para pekerja ini memang tak punya kemewahan layaknya para pegawai yang diberi asuransi dari kantor. Hanya kesadaran akan pentingnya asuransi kesehatan terbaiklah yang bisa membuat para freelancer mau memberikan proteksi lebih bagi dirinya.

Tapi, seperti apakah sebenarnya gaya hidup sehat yang tepat agar bisa terhindar dari gejala tipes? Berikut penjelasannya untuk Anda:

  • Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Seperti diketahui bersama, bakteri penyebab tipes menyebar lewat makanan yang kurang bersih, air yang terkontaminasi, dan kotoran penderita. Maka dari itu pola hidup utama yang harus diterapkan agar bisa terhindar dari tipes adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan sehat.

Makanan sehat ialah makanan yang terjaga kebersihannya mulai dari bahan baku hingga penyimpanannya setelah matang. Bahan yang digunakan juga tidak mengandung pengawet buatan dan zat-zat lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Pastikan juga makanan telah benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Tak hanya perlu diperhatikan kebersihannya, freelancer jelas harus tetap memperhatikan kecukupan gizi. Ketika tubuh mendapat asupan gizi yang tepat maka sistem imun juga akan semakin kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Bila perlu lengkapi dengan suplemen makanan.

  • Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Menjaga kebersihan makanan memang penting, tapi menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar juga tak kalah penting. Rajinlah mencuci tangan, terutama tiap sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi. Jika dilakukan dengan benar hal tersebut cukup ampuh untuk membunuh kuman-kuman yang melekat agar tak terbawa masuk ke dalam tubuh.

Mandi juga perlu dilakukan minimal 2 kali sehari. Selain itu, pastikan kebersihan kamar mandi selalu terjaga. Bersihkan minimal 1 kali dalam seminggu, mulai dari lantai hingga bak mandi. Ingatlah selalu bahwa tempat mandi adalah tempat yang lembap sehingga kuman dan bakteri akan tumbuh subur jika kebersihannya tak terjaga.

  • Berolahraga Secara Teratur

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh rasanya sudah tak perlu diperdebatkan lagi. Jika dilakukan secara teratur olahraga akan membuat tubuh selalu bugar sehingga tak mudah sakit, termasuk terkena gejala tipes.

Berolahraga secara teratur mungkin tak mudah dilakukan oleh orang-orang yang tak terbiasa. Memang perlu tingkat disiplin yang tinggi dan niat yang sungguh-sungguh untuk menerapkan gaya hidup sehat. Sebagai permulaain cobalah untuk melakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit per hari.

Jenis olahraga yang dilakukan bebas saja selama semua otot-otot tubuh mengalami peregangan da nada lemak yang terbakar. Jangan memaksakan diri melakukan olahraga yang terlalu berat jika Anda masih harus melakukan aktivitas lain setelah itu.

  • Mengelola Stress dengan Baik

Stress adalah hal yang biasa melanda para pekerja, tak terkecuali para freelancer. Bahkan tingkat stress para freelancer bisa jauh lebih tinggi karena tingkat persaingan yang ketat. Stress yang dikendalikan dengan baik akan menyebabkan tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Setiap individu pasti punya cara mengelola stress yang berbeda-beda. Melakukan hobi bisa menjadi salah satu alternatif agar pikiran bisa kembali segar setelah menghadapi berbagai kesulitan pekerjaan. Selain itu cara lain yang bisa dicoba adalah dengan berlibur atau meluangkan waktu untuk me-time.

Ada banyak sekali penyakit yang bisa timbul akibat stress. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang, terutama pekerja freelancer, untuk memiliki cara mengelola stress yang baik. Tak hanya mengganggu kesehatan, stress ini lambat laun akan mempengaruhi produktivitas.

  • Memastikan Tubuh Istirahat dengan Cukup

Kelelahan adalah salah satu yang bisa merusak kesehatan. Karena itu memastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup harus masuk dalam daftar gaya hidup sehat. Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja ketika sudah lelah. Buatlah batasan jam kerja yang jelas dan patuhi setiap harinya.

Tubuh perlu diistirahatkan dengan cara tidur minimal 6 hingga 8 jam setiap harinya. Tak ada salahnya juga untuk sedikit bersantai dan melakukan power nap selama 30 menit di siang hari. Cara tersebut dijamin membuat tubuh jadi lebih sehat dan tak mudah sakit karena kelelahan.

Baca juga: 3 Penyakit yang Membuatmu Wajib Rawat Inap

Asuransi Kesehatan Terbaik Sebagai Bentuk Proteksi Diri Para Freelancer

 

Sekilas 5 tips gaya hidup sehat agar terhindari dari tipes di atas memang tampak sederhana. Namun penerapannya tak mungkin sesederhana itu. Pasti ada saja kondisi yang mengharuskan para freelancer bekerja dengan terlalu keras yang kemudian membuatnya jatuh sakit.

Sakit memang bukan kondisi yang selalu bisa dihindari. Maka pilihan paling tepat adalah dengan senantiasa memproteksi diri sendiri. Jika para pekerja kantoran punya asuransi dari kantor, maka freelancer butuh asuransi yang lebih baik untuk melindungi diri sendiri.

Asuransi kesehatan rawat inap seperti Mega Hospitall Investa menjadi salah satu yang paling cocok untuk para freelancer. Mega Hospital Investa sendiri adalah produk dari PFI Mega Life akan memberikan nasabahnya santunan harian ketika harus menjalani rawat inap.

Mega Hospital Investa sangat bermanfaat untuk memastikan para nasabah bebas nombok dan bebas khawatir ketika harus menjalani rawat inap. Harga premi yang harus dibayar juga beragam, nasabah bisa memilih sendiri sebelum membeli produk asuransi ini. Jadi, tak ada alasan untuk tak memilikinya, bukan?

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.