Kesehatan

15 Tips Hidup Sehat yang Asyik Untuk Dilakukan

PFI Mega Life
 07 Apr 2020
Mulai dari berhenti merokok, cerdas memilih asupan, menjaga kesehatan mental, dan masih banyak lagi tips hidup sehat lainnya

15 Tips Hidup Sehat yang Asyik Untuk Dilakukan

Ada yang bilang kalau mau mempraktikkan berbagai tips hidup sehat itu susah dan mahal. Harus beli sayur dan buah-buahan organik, harus mendaftar di pusat kebugaran (gym) atau ikut kelas yoga, harus masak menggunakan minyak zaitun, dan lain-lain. Benarkah semua itu merupakan syarat utama untuk bisa menjalankan pola hidup sehat?

Semua tips hidup sehat yang disampaikan itu memang tidak salah, tetapi bukan cara utama untuk mendapatkan kesehatan yang menyeluruh. Faktanya, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memiliki tubuh sehat menyeluruh.

Sebagian tips hidup sehat bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali karena bisa dilakukan di rumah atau di sekitar rumah. Kunci utama keberhasilan menjalani tips hidup sehat adalah konsisten dan disiplin karena hasilnya tidak akan langsung terasa, melainkan dalam jangka panjang.

Agar tubuh senantiasa sehat, Anda dapat mencoba 15 tips hidup sehat yang asyik untuk dilakukan ini.

1.  Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah merupakan sumber nutrisi alami yang baik untuk kesehatan. Keduanya termasuk pangan yang rendah kalori, namun kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap hari sebanyak 5-9 porsi buah dan sayuran per hari. Dengan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, Anda sekaligus mengurangi asupan makanan olahan yang menyimpan risiko kesehatan lebih banyak.

2.  Perbanyak asupan sayuran nontepung

Sayuran nontepung contohnya sayuran hijau, wortel, brokoli, dan kembang kol. Sayuran bertepung di antaranya kentang dan jagung. Sayuran bertepung mengandung lebih banyak karbohidrat sehingga memiliki indeks glikemik lebih tinggi dan dapat menaikkan kadar  gula darah secara cepat. Mengisi setengah porsi makan dengan sayuran nontepung merupakan cara sederhana untuk meningkatkan asupan gizi dan menjaga berat badan tetap ideal. Sayuran nontepung memiliki kandungan kalori rendah, tetapi kaya akan zat gizi, serat, dan air.

3.  Pilih karbohidrat kompleks ketimbang karbohidrat sederhana

15 Tips Hidup Sehat yang Asyik Untuk Dilakukan

Karbohidrat sederhana terdiri atas gula dasar yang cepat diserap tubuh dan mudah dicerna. Contoh makanan yang tergolong karbohidrat sederhana adalah roti, kue kering, dan makanan olahan lain. Konsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan.

Karbohidrat kompleks memiliki susunan kimia yang lebih kompleks sehingga lebih lama diserap tubuh. Contoh makanan karbohidrat kompleks yaitu beras merah, makanan yang diolah dari gandum, dan buah-buahan.

Karbohidrat kompleks juga lebih banyak mengandung serat sehingga dapat memberikan energi maksimal, membuat Anda kenyang lebih lama, dan tidak meningkatkan risiko Anda kegemukan atau terkena diabetes.

4.  Berhenti makan sebelum kenyang

Istilah lain untuk berhenti makan sebelum kenyang adalah mindful eating. Selain menyadari betul pilihan makanan yang Anda konsumsi, dengan mindful eating Anda juga jadi lebih peka terhadap rasa lapar dan rasa kenyang. Praktik ini akan membantu Anda agar mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan.

Orang kerap makan dengan terburu-buru, tidak memperhatikan rasa lapar atau kenyang, dan tidak menyadari bila porsi makannya berlebih. Pola makan seperti ini dapat berujung pada naiknya berat badan karena Anda mengonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan tubuh.

5.  Kurangi makanan bergula

Tak bisa dimungkiri, konsumsi gula secara berlebih dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan. Masalahnya, hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung gula, mulai dari nasi, buah, kue, hingga es kopi. Mulai sekarang, perhatikan pilihan makanan Anda dan kurangi asupan yang mengandung gula.

6.  Bawa botol minum sendiri

Membawa botol minum sendiri tidak hanya baik untuk mengurangi sampah dan menjaga kelestarian lingkungan, melainkan juga untuk  kesehatan. Dengan membawa botol minum berisi air putih ke mana pun, Anda mengurangi kebiasaan membeli meminum minuman berwarna atau yang mengandung gula.

Para ahli mendorong kita untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan, serta menurunkan risiko meningkatnya kadar gula darah. Kebiasaan membawa botol minum sendiri juga membuat Anda berhemat sehingga berdampak positif pada pengeluaran sehari-hari.

7.  Berolahraga secara teratur

Berbagai penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur membawa manfaat besar bagi kesehatan. Selain membuat tubuh lebih bugar, berolahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kepadatan tulang, menjaga berat badan tetap normal, dan menurunkan risiko penyakit.

Anda tidak perlu mengikuti kelas olahraga khusus di pusat kebugaran untuk bisa berolahraga. Anda dapat melakukan latihan sederhana di rumah, jogging atau bersepeda di sekitar rumah.

8.  Aktif bergerak saat di dalam ruangan

15 Tips Hidup Sehat yang Asyik Untuk Dilakukan

Bekerja di kantor dari pagi hingga sore bukanlah alasan untuk tidak bisa aktif bergerak. Sesibuk apa pun kegiatan Anda di kantor, sempatkan untuk berdiri dan berjalan-jalan guna memperlancar aliran darah dan menyegarkan pikiran.

Duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa break dapat meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes dan penyakit jantung. Alternatif lain dari aktif bergerak di kantor adalah menggunakan tangga alih-alih elevator.

9.  Berlari atau bersepeda di akhir pekan

Jadikan kegiatan olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan alih-alih menyusahkan. Bila Anda kesulitan  menyediakan waktu untuk berolahraga pada hari kerja, sempatkanlah berolahraga pada akhir pekan.

Anda bisa berlari atau bersepeda di taman kota atau di area car free day. Bagi sebagian orang, suasana yang ramai dapat meningkatkan semangat untuk berolahraga.

10.  Lakukan olahraga yang Anda sukai

Cari tahu olahraga apa yang paling Anda sukai, lalu buatlah jadwal untuk melakukan olahraga tersebut secara rutin. Sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga tertentu karena mengikuti tren atau teman.

Misalnya, saat ini sedang tren lari maraton, lalu Anda, meski tidak terlalu suka lari, memaksakan diri untuk mengikuti event maraton yang ada. Bila Anda tidak menikmati kegiatan olahraga yang dilakukan, akan sulit untuk terus melakukan kegiatan tersebut secara rutin.

11.  Tidur cukup

Banyak orang yang meremehkan tidur. Padahal, tidur cukup setiap hari sangat penting untuk mendukung kesehatan. Tidur cukup, selama 7-9 jam pada malam hari, sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur.

Tidur cukup juga akan membuat suasana hati lebih positif, daya ingat lebih tajam, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan produktivitas. Orang yang kurang tidur cenderung menderita kegemukan dan obesitas. Ini dapat meningkatkan risiko mereka terhadap diabetes dan penyakit jantung.

12. Bijak dalam menggunakan gadget

Sehari-hari, kita memang tidak bisa lepas dari gadget. Nyaris segala urusan kita sehari-hari dilakukan menggunakan gadget. Ternyata, penggunaan gadget secara berlebihan ini juga menyimpan dampak negatif bagi kesehatan, seperti membuat mata kering; kram pada jari, pergelangan tangan; nyeri otot dan lengan; serta mempengaruhi kualitas tidur.

Karena itu, penting untuk memiliki aturan khusus dalam menggunakan gadget, seperti tidak menggunakannya menjelang tidur, atau menyisihkan waktu khusus selama beberapa jam untuk melakukan aktivitas yang tidak melibatkan gadget.

13.  Jaga kesehatan mental

Kesibukan sehari-hari yang padat dan penuh tekanan bisa berdampak negatif terhadap suasana hati maupun mental. Karena itu, Anda perlu memiliki strategi khusus untuk menjaga kesehatan mental.

Anda bisa mulai dari yang simpel seperti mengambil napas panjang, bermeditasi, atau mendengarkan musik favorit, hingga berkumpul bersama sahabat, melakukan perawatan diri di salon, menonton film, mengikuti kegiatan kreatif, berlibur, dan sebagainya. Cari tahu kegiatan apa yang paling bisa membuat Anda rileks dan meningkatkan suasana hati, lalu lakukan kegiatan tersebut secara rutin.

14.  Miliki hobi

Hobi adalah kegiatan yang disukai dan membuat seseorang merasa senang saat melakukannya. Memiliki hobi dapat membantu Anda dalam mengelola stres dan menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik dapat menunjang daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit. Karena itu, pastikan Anda memiliki hobi agar kehidupan profesional dan pribadi Anda seimbang, serta untuk menjauhkan Anda dari risiko penyakit.

15.  Berhenti merokok

Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya, dan sekitar 60 di antaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker. Selain itu, masih banyak lagi bahaya merokok bagi kesehatan, di antaranya meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Dikutip dari situs AloDokter, sekitar 20% kematian akibat penyakit jantung diduga berkaitan langsung dengan kebiasaan merokok. Dampak merokok juga tidak hanya menyerang si perokok, tetapi bisa merugikan orang-orang di sekitarnya yang termasuk perokok pasif. Bagi Anda yang merokok, segera cari tips berhenti merokok untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum kesehatan Anda terganggu.

Miliki perlindungan dari risiko sakit

Sebenarnya, yang mahal itu adalah sakit, bukan hidup sehat. Ketika Anda sudah sakit, Anda harus melalui rangkaian pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan agar dapat kembali pulih. Semua proses itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, sambil mempraktikkan berbagai tips  hidup sehat, Anda juga perlu memiliki perlindungan dari risiko sakit.

Faktanya, setiap orang memiliki risiko untuk sakit. Meskipun Anda sudah berhenti merokok, misalnya, tetapi, bila sehari-hari Anda masih menghirup asap rokok, Anda pun menjadi perokok pasif yang tetap berisiko terhadap dampak merokok, seperti menderita penyakit yang menyerang perokok aktif.

Karena  itu, sembari menjalankan berbagai tips hidup sehat, Anda tetap perlu memiliki perlindungan diri dari risiko sakit. Perlindungan yang dimaksud adalah bila suatu hari Anda terkena musibah dan harus menjalani pengobatan serta perawatan di rumah sakit. Tanpa jaring pengaman, musibah seperti itu bisa mengacaukan arus keuangan sehari-hari bila Anda harus mengeluarkan biaya pengobatan dan perawatan yang cukup besar.

Memiliki asuransi kesehatan merupakan strategi perlindungan diri dari risiko finansial akibat penyakit. Milikilah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat santunan rawat inap, sehingga saat Anda harus dirawat karena suatu penyakit, kondisi keuangan Anda tidak terganggu.

Asuransi kesehatan dari PFI Mega Life memberikan manfaat santunan rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan, dan pengembalian  premi (no claim bonus).

Asuransi kesehatan dari PFI Mega Life Produk asuransi kesehatan ini dapat menanggung anak mulai usia 6 bulan hingga 59 tahun. Masa perlindungan yang diberikan sampai Anda berusia 60 tahun. Dengan prosedur pengajuan klaim yang mudah, asuransi kesehatan dari PFI Mega Life memberikan perlindungan kesehatan yang nyaman dan maksimal.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.