Finansial

Tips Mengelola Anggaran Liburan keluarga

PFI Megalife
 18 Jul 2019
Liburan keluarga bisa menjadi pengganti waktu yang hilang karena kesibukan. Tapi bagaimana sih mengelola anggarannya?

Menjadi pekerja kantoran kerap dianggap sebagai karir yang ideal. Memang ada berbagai kelebihan yang bisa didapat dengan menjadi pekerja kantoran, misalnya tempat kerja yang nyaman serta berbagai fasilitas tambahan seperti asuransi.

Meski kelihatan nyaman, menjadi pekerja kantoran tak mungkin sepenuhnya lepas dari tekanan. Tuntutan kerja kerap membuat stress. Selain itu pekerja kantoran pastilah akan mengalami masa jenuh. Kejenuhan itu datang dari rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya.

Minimnya waktu untuk keluarga menjadi masalah lain ketika memutuskan untuk bekerja kantoran. Jika sudah begitu maka liburan keluarga bisa menjadi solusi untuk semuanya. Bukan hanya mengganti waktu yang hilang bersama keluarga, liburan bisa membantu mengurangi stress dan mengatasi kejenuhan.

Sayangnya bagi pekerja kantoran merencanakan liburan keluarga tak selalu semudah itu. Kendala utamanya adalah waktu. Sangat sulit menemukan waktu yang cocok untuk berangkat liburan. Jika hanya memanfaatkan waktu libur akhir pekan rasanya liburan jadi kurang maksimal.

Siasat terbaik untuk mengatasi sulitnya mengatur waktu liburan adalah dengan memanfaatkan jatah cuti. Ketika anak-anak tengah liburan sekolah, misalnya, orang tua bisa mengambil jatah cuti beberapa hari untuk liburan bersama. Jangan lupa juga mengajarkan anak memiliki tabungan.

Kendala lain menyoal liburan ialah anggaran liburan itu sendiri. Gaji yang sudah dibagi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, sekolah anak, hingga tabungan seringkali membuat seorang pegawai kantoran kesulitan menyisihkan uang untuk liburan.

  • Menyisihkan Gaji

Sebaiknya liburan bersama keluarga tidak dilakukan secara mendadak. Liburan yang direncanakan jauh-jauh hari membuat perencanaan termasuk dari sisi anggaran bisa lebih maksimal. Jika akan berangkat liburan 3 bulan lagi, misalnya, Anda bisa menentukan berapa uang yang harus disisihkan untuk anggaran liburan setiap bulannya.

Jika Anda termasuk orang yang sulit mengatur keuangan, ada baiknya Anda memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan. Tentukan jumlah uang yang harus Anda kumpulkan untuk liburan dan aplikasi tersebut akan membantu mengatur perencanaannya untuk Anda.

  • Tentukan Destinasi Liburan

Destinasi liburan yang dipilih harus dipikirkan sebaik-baiknya. Jika Anda membawa anak-anak maka pastikan destinasi tersebut ramah anak dan membuat anak-anak bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Perhatikan juga masalah biaya hidup dan biaya lain-lain di tempat liburan yang Anda tuju. Jangan sampai biaya hidupnya terlalu tinggi yang mengakibatkan seluruh isi dompet Anda terkuras tanpa perencanaan. Anda tentu tak ingin pusing setelah liburan keluarga usai, bukan?

  • Booking Tiket dan Penginapan Jauh-Jauh Hari

Semakin cepat Anda memesan tiket pesawat dan hotel, semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Terlebih jika Anda berencana untuk pergi di musim liburan ketika semua harga tiket dan penginapan naik cukup tinggi.

Carilah penginapan yang tak jauh dari pusat kota atau tempat-tempat wisata. Tujuannya adalah untuk menghemat ongkos transportasi. Kalaupun harus menggunakan transportasi untuk mengakses tempat wisata yang diinginkan, penginapan di tengah kota membuat Anda mudah mengaksesnya.

Jika memungkinkan gunakan transportasi umum. Selain menghemat anggaran Anda dan keluarga bisa merasaka sensasi yang berbeda dengan menaiki transportasi umum di kota lain. Hal itu juga pasti menjadi pengalaman tersendiri bagi anak-anak.

  • Menghemat Pengeluaran Sebelum Liburan

Jika Anda bisa menghemat pengeluaran sebelum liburan, maka semakin banyak pula bekal uang yang bisa Anda bawa untuk liburan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk berhemat, misalnya dengan membawa bekal ke kantor.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengerem dulu kebiasan belanja. Anda bisa mengalokasikan anggaran untuk membeli baju atau sepatu baru ke anggaran liburan.

  • Memanfaatkan Fitur Pay Later

Pay Later adalah fitur di banyak aplikasi pemesanan tiket dan hotel yang memungkinkan penggunanya menyicil biaya liburan tanpa kartu kredit. Apabila memanfaatkan fitur ini Anda bisa segera berangkat liburan keluarga tanpa menunggu uang terkumpul.

Fitur Pay Later memiliki beberapa keuntungan. Kuentungannya antara lain adalah pengajuan pinjaman yang prosesnya cepat dan mudah. Sistem pembayarannya juga fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi Anda.

Meski terlihat menggiurkan Anda tetap harus meneliti dengan seksama tempat Anda mengajukan fitur Pay Later ini. Pastikan penyelenggara yang Anda pilih terdaftar dan diawasi OJK sehingga Anda terhindar dari resiko penipuan. Cek juga pentingnya dana darurat.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa liburan hanya urusan senang-senang yang menghamburkan uang. Sebelum berpikir demikian Anda harus kembali mengingat bahwa liburan bersama keluarga tercinta bisa mengurangi stress dan mengatasi kejenuhan.

Sebagai pekerja kantoran Anda juga tak bisa terus-menerus membiarkan waktu Anda bersama keluarga tersita oleh pekerjaan yang tak ada habisnya. Ajaklah seluruh angota keluarga berpartisipasi menyusun rencanan liburan ini. Jadi, mau liburan keluarga kemana kali ini?

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.