1 Likes
Finansial

Persiapkan Biaya Pesta Pernikahan Idaman dengan 5 Strategi Ini

PFI Megalife
 19 Sep 2018
Menikah adalah momen spesial yang layak dipersiapkan dengan matang. Simak 5 cara menyiapkan biaya pernikahan agar Anda bisa menggelar resepsi pernikahan idaman.

pernikahan

Menikah adalah momen spesial yang banyak dinantikan tidak hanya oleh kedua pasangan, namun juga kedua belah pihak keluarga besar. Tak heran, mengadakan pesta pernikahan sesuai konsep yang diidam-idamkan menjadi keinginan banyak pasangan muda. Setiap orang pasti ingin hari bahagianya sempurna dan tak terlupakan, bukan?

Tentunya, selain kesiapan mental, mengadakan pesta pernikahan juga membutuhkan kesiapan finansial. Untuk itu dibutuhkan juga adanya rencana keuangan sejak dini agar konsep pernikahan yang diidamkan bisa terwujud dan terlaksana.

Apabila Anda sedang menyiapkan pernikahan Anda dengan pasangan, jangan terlambat dalam membuat rencana keuangan, agar pesta pernikahan Anda bisa terlaksana dengan lancar. Mari pelajari 5 strategi merencanakan keuangan untuk pernikahan Anda ini agar Anda bisa mewujudkan momen tak terlupakan bersama pasangan dan keluarga besar:

1. Miliki Rencana Anggaran Pernikahan

biaya pernikahan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menyiapkan pernikahan adalah membuat rencana anggaran pernikahan. Anda perlu melakukan survey ke berbagai vendor di kota Anda tentang harga serta fasilitas yang mereka bisa sediakan, sehingga Anda bisa memiliki gambaran total kebutuhan yang perlu Anda siapkan.

Membuat rencana anggaran pernikahan juga membuat Anda dan pasangan bisa menentukan konsep resepsi pernikahan yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian berdua. Hindari memilih konsep yang di luar kemampuan finansial kalian karena itu bisa jadi akan memberatkan fase awal kehidupan pernikahan. Ingat, meskipun resepsi adalah momen spesial, namun pernikahan bukan hanya di hari resepsi saja.

2. Alokasikan 30% Pendapatan untuk Disimpan

Komitmen Anda dan pasangan untuk mengalokasikan setidaknya 30% pendapatan untuk disimpan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui jumlah yang ditabung setiap bulan, akan memudahkan Anda dalam merencanakan masa depan.

Jika Anda memiliki pendapatan Rp5.000.0000 per bulan, maka setiap bulan Anda bisa menabung sebesar Rp1.500.000. Jika pasangan Anda juga memiliki pendapatan jumlah yang sama, maka Anda berdua bisa menabung Rp 3.000.000 per bulan. Jika Anda merencanakan pernikahan dalam 3 tahun ke depan, Anda sudah memiliki tabungan sebesar Rp108.000.0000 yang bisa Anda gunakan.

3. Buat Skala Prioritas

Gaya hidup yang tidak terkontrol sering kali menjadi penyebab seseorang kesulitan menabung secara konsisten. Agar ini tidak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda membuat skala prioritas soal hal apa saja yang menurut Anda memang penting, dan mana saja yang sebenarnya bisa ditunda.

Ketika Anda sedang dalam proses menabung untuk pernikahan, maka segala hal yang berkaitan dengan itu harus menjadi prioritas. Tunda dulu keinginan membeli smartphone terbaru atau sneakers baru. Selain itu, hindari juga terlalu boros di akhir pekan agar tabungan pernikahan Anda tetap aman.

4. Asuransikan Kesehatan Sejak Dini

pinjaman biaya pernikahan

Anda tentu menyadari bahwa kesehatan adalah hal yang sangat mahal. Tanpa adanya kesehatan pemasukan Anda akan terganggu dan persiapan pernikahan bisa terhambat. Untuk itu, sebaiknya berikan proteksi pada diri Anda dan pasangan dengan memilih asuransi yang sesuai kebutuhan.

Saat ini Mega Jiwa juga menyediakan produk asuransi yang juga memberikan manfaat investasi. Sebagian dari nilai premi yang Anda bayarkan akan digunakan untuk memberi perlindungan pada Anda, sementara sebagian lainnya akan dikelola sebagai modal investasi

Jenis asuransi ini memang semakin digemari karena selain memberikan proteksi pada Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari investasi yang dipilih. Dalam beberapa tahun, hasil dari investasi tersebut bisa Anda nikmati dan Anda gunakan untuk membeli kebutuhan.

5. Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Memiliki catatan keuangan yang rinci adalah hal yang tidak kalah penting. Dengan memiliki catatan keuangan, Anda bisa memonitor semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Dengan catatan itu, Anda bisa mengevaluasi gaya hidup Anda sehingga terhindar dari pemborosan yang kurang perlu.

Tak hanya menjelang pernikahan saja, membiasakan diri memiliki catatan keuangan yang jelas juga akan sangat membantu apabila Anda sudah berkeluarga nantinya. Tanpa adanya data yang bisa menjadi acuan, akan sulit untuk Anda menilai apakah keuangan keluarga Anda dalam kondisi sehat atau tidak.



Dengan jumlah yang terbilang besar, biaya pernikahan adalah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Apalagi mengingat harga-harga seperti catering, sewa tempat, serta jasa foto pra-pernikahan pun terus naik setiap tahunnya. Untuk pasangan muda, kebutuhan tersebut bisa jadi cukup menyulitkan jika tidak dipersiapkan.

Namun hal itu bisa diatasi dengan membuat rencana keuangan yang cermat sejak dini. Dengan segera membuat anggaran pernikahan, disiplin dalam menabung, serta memilih produk asuransi yang tidak hanya melindungi namun juga memberikan manfaat investasi, mewujudkan resepsi pernikahan idaman Anda dan pasangan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.