Finansial

Yuk Persiapkan Dana Pensiun dengan Cara Berikut Ini!

PFI Megalife
 30 Mei 2019
Usia boleh muda, masa produktif bekerja mungkin masih lama, tetapi tidak ada salahnya jika anda mulai untuk mempersiapkan dana pensiun dari sekarang.

Usia boleh muda, masa produktif bekerja mungkin masih lama, tetapi tidak ada salahnya jika anda mulai untuk mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Mengapa demikian? Sebab lama masa pensiun tidak pasti dan anda tidak memiliki penghasilan tetap lagi. Selain itu, ketika anda pensiun, anda juga rentan sakit. Menyiapkan simpanan untuk pensiun penting untuk kelangsungan hidup anda di hari tua. Biasanya tiap perusahaan memberikan alokasi jaminan pensiun untuk pegawainya dan dikelola sendiri. Namun, bagaimana nasib orang yang tidak berkerja pada perusahaan tertentu seperti pengusaha atau freelancer?

Bagi anda seorang pengusaha ataupun freelancer yang tidak bekerja secara tetap untuk perusahaan manapun, merencanakan dana pensiun perlu dilakukan secara serius. Tidak seperti pegawai pada umumnya yang memperoleh jaminan pensiun tiap bulannya, anda yang tidak bekerja secara tetap untuk siapapun perlu menyisihkan penghasilan dan ditabung ke simpanan pensiun. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Apa saja sih kira-kira?

Manfaatkan Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan

 

Jika kebetulan anda seorang pengusaha atau freelancer, anda perlu mengalokasikan sebagian penghasilan anda untuk modal pensiun di hari tua. Saat ini, sudah banyak lembaga keuangan seperti Bank Umum atau Asuransi Jiwa yang memberikan layanan tabungan pensiun untuk individu. Biasanya, program dana pensiun yang dijalankan ialah berupa tabungan investasi. Anda hanya perlu membayarkan nominal yang sama setiap bulannya kepada pihak pengelola. Dana yang akan diterima nantinya merupakan hasil investasi yang telah dikembangkan, sehingga nominalnya bergantung pada keberhasilan investasi yang dilakukan.  Sudah banyak perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan program dana pensiun berjangka, salah satunya ialah PFI Mega Life.

Coba Tabungan Emas

 

Selain memanfaat program pensiun dari lembaga keuangan seperti Bank dan Asuransi Jiwa, anda juga bisa mempersiapkan dana pensiun dengan tabungan emas. Tabungan emas dapat dijadikan pilihan karena harganya cenderung stabil dan tidak dipengaruhi oleh inflasi. Selain itu, nilai emas yang naik setiap tahunnya juga menjadi alasan mengapa menabung emas perlu dijadikan pilihan. Jika anda menabung emas, anda tidak perlu terlalu banyak berspekulasi dan mengambil resiko seperti menabung saham. Membuka tabungan emas juga tidak sulit karena saat ini sudah banyak Bank Umum yang menyediakan program tabungan emas. Selain itu, anda juga dapat memulai tabungan emas di Pegadaian dan juga Antam sebagai lembaga resmi yang menjual emas di Indonesia.

Investasikan Tabungan dalam Bentuk Deposito

Dana pensiun yang perlu disiapkan

Deposito dapat menjadi alternatif untuk anda yang ingin mengivestasikan tabungan untuk dana pensiun di masa depan. Rendahnya resiko investasi membuat deposito perlu dipertimbangkan karena ketika fluktuasi suku bunga terjadi, nilai pokok deposito anda akan tetap aman. Pemilik deposito juga akan mendapatkan penghasilan dari bunga yang ada. Namun, karena resikonya yang rendah, pendapatan yang diperoleh dari deposito tidak akan sebesar penghasilan dari investasi saham. Sehingga, deposito cocok untuk dijadikan sarana alokasi tabungan pensiun agar tidak digunakan untuk keperluan lain yang tak terduga.

Anda bisa membuka deposito di bank-bank umum yang ada di Indonesia. Perhatikan bunga dan jangka waktu penarikan ketika anda sedang memilih deposito untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Coba Tabungan Berjangka

 

Selain mengikuti program iuran pensiun di Bank Umum, anda juga dapat mepersiapkan pensiun dengan menyimpan uang anda ke tabungan berjangka. Apa itu tabungan berjangka? Tabungan berjangka merupakan jenis produk simpanan di mana nasabah menyetorkan sejumlah uang dalam waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Tabungan berjangka memiliki bunga yang lebih besar dari tabungan biasa, namun masih lebih sedikit dari produk deposito. Setoran awal yang perlu diberikan dalam tabungan berjangka tidak membutuhkan nominal yang besar. Sehingga, tabungan rencana dapat dijadikan pilihan untuk menyimpan dana pensiun, ketika anda tidak memiliki setoran awal yang besar untuk membuka deposito.

Bagi anda yang tidak bekerja untuk perusahaan manapun, mempersiapkan pensiun mungkin menjadi salah satu permasalahan yang perlu diperhatikan. Diperlukan kemampuan untuk mengatur keuangan dengan cermat agar tabungan pensiun anda tidak cepat habis secara tidak jelas. Manfaatkan program dana pensiun yang dikelola Bank Umum seperti Tabungan Pensiun atau Perusahaan Asuransi seperti Asuransi Jiwa. Selain itu, anda juga bisa menyiapkan simpanan pensiun melalui tabungan emas, deposito, dan juga tabungan berjangka di Bank Umum. Pertimbangkanlah mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Di samping itu, coba control pengeluaran anda untuk hal-hal di luar kebutuhan primer. Hal tersebut penting sekali mengingat banyak orang yang kekurangan dana pensiun karena terlalu banyak membeli hal-hal yang tidak perlu di masa muda.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.