Finansial

7 Cara Mengatur Keuangan Saat Lebaran

PFI Megalife
 08 Mei 2019
Banyak diskon menjelang lebaran sering kali menjadi alasan seseorang kalap menghabiskan uang THR. Bagaimana sih cara mengatur keuangan pasca mendapatkannya?

Tak terasa puasa sudah berjalan beberapa minggu lamanya. Hari raya lebaran segera tiba. Biasanya pengeluaran pada saat menjelang lebaran akan meningkat cukup drastis. Meningkatnya jumlah pengeluara disebabkan adanya kebutuhan-kebutuhan yang berbeda dari hari-hari lainnya.

Membeli baju baru menjadi tradisi yang rasanya tak boleh dilewatkan setiap menjelang lebaran. Tradisi ini kadang membuat kita lupa akan cara mengatur keuangan. Apalagi semua toko berlomba memberikan diskon hari raya yang sangat menggiurkan. Keberadaan diskon itulah yang membuat semakin susah untuk menahan diri menjelang lebaran.

Persiapan lebaran lainnya yang tak kalah menguras kantong adalah makanan. Setiap rumah pasti akan berlomba-lomba menyiapkan kue kering dan berbagai panganan terbaik untuk dinikmati keluarga dan para tamu. Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mempersiapkan semua hidangan tersebut.

Jangan Lupa Cara mengatur keuangan

 

Meskipun aneka diskon terasa begitu menggiurkan, jangan lupa bahwa setelah lebaran hiudup masih akan terus berlanjut. Jangan sampai masa bersenang-senang saat lebaran membuat Anda kerepotan masalah uang pasca hari raya tersebut. Tentunya Anda tak inign harus pontang panting mencukupi berbagai kebutuhan setelah lebaran karena semua uang sudah terkuras habis.

Cara agar terhindar dari kegiatan tersebut adalah dengan mengatur keuangan secara tepat dan sematang mungkin. Mulailah untuk mempelajari cara mengatur keungan pada saat lebaran.

Cara mengatur keuangan Saat Lebaran

 

Ada berbagai cara mengatur keuangan yang bisa membuat lebaran Anda bersama keluarga terasa menyenangkan tanpa harus kerepotan setelahnya. Bagaimanakah cara mengatur keuangan yang tepat pada saat lebaran? Berikut Kami sajikan informasinya untuk Anda:

  1. Jadilah Smart Buyer

Cara mengatur keuangan setelah lebaran

Meskipun berbagai diskon tampak menggoda Anda tetap harus jadi pembeli yang cerdas. Belilah barang yang benar-benar Anda butuhkan. Jika memungkinkan, bandingkan harga antara 1 toko dengan toko lainnya. Pastikan Anda mendapatkan barang dengan harga yang memang sesuai dengan kualitasnya. Jika berbelanja secara online, berbelanjalah hanya di situs atau aplikasi terpercaya agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

  1. Tentukan Jumlah Maksimal Pengeluaran

Sebelum mulai berbelanja segala macam kebutuhan lebaran, cobalah hitung kembali dana yang Anda miliki. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut Anda dapat menentukan jumlah maksimal uang yang boleh dibelanjakan. Pastikan Anda masih memiliki pegangan uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari setelah lebaran usai.

Anda bisa memaksimalkan penggunaan THR dalam kasus ini. Jika memungkinkan jangan gunakan dana lain selain THR untuk berbelanja kebutuhan lebaran. THR yang biasanya diberikan perusahaan 1 hingga 2 minggu sebelum hari raya memang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar Anda tak perlu mengotak-atik anggaran yang lain.

  1. Buat Daftar Prioritas

Meskipun sudah menentukan jumlah uang yang boleh dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan hari raya, ada saja orang yang mengalami kendala untuk mematuhinya. Hal tersebut seringkali disebabkan karena tidak adanya daftar prioritas, sehingga anggara sudah habis ketika belum semua kebutuhan penting terpenuhi.

Membuat daftar prioritas adalah solusi dari permasalahan yang sudah disebutkan di atas. Susunlah apa saja yang harus Anda beli, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak terlalu penting. Mulailah berbelanja sesuai dengan urutan yang ada pada daftar tersebut.

  1. Sisihkan Uang untuk Zakat Fitrah

Zakat fitrah menjadi kewajiban seluruh umat islam. Sebaiknya Anda menyisihkan untuk membayar zakat ini sebelum merinci kebutuhan-kebutuhan lainnya. Besaran zakat fitrah adalah 3,5kg beras dari jenis yang biasa dikonsumsi sehari-hari atau bisa juga diganti dengan uang tunai sejumlah beras tersebut.

Meskipun zakat fitrah boleh dibayarkan hingga pagi hari sebelum shalat ied dimulai, sebaiknya Anda membayar zakat fitrah sedini mungkin. Hal itu untuk menghindari uang zakat terpakai guna membeli kebutuhan yang lain.

  1. Beli Tiket Mudik Jauh-Jauh Hari

Mudik menjadi hal yang sulit dipisahkan dari hari raya lebaran. Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang harus mudik di hari raya menggunakan kendaraan umum, belilah tiketnya dari jauh-jauh hari.  Selain bisa menghindarkan diri dari tak kebagian tiket, harga tiket yang dibeli sejak jauh-jauh hari juga biasanya lebih murah.

  1. Persiapkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan yang tak kalah penting saat lebaran adalah mempersiapkan dana darurat. Bila ada dana darurat Anda tak akan kelimpungan mengatasi situasi tak diinginkan yang sangat mungkin terjadi.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Bila dana yang Anda miliki tak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan lebaran, maka cara mengatur keuangan terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri. Singkirkan dulu hal-hal tak penting dari daftar Anda dan prioritaskan hal yang penting saja.

Cara mengatur keuangan di atas akan terasa manfaatnya setelah hari raya usai. Dengan tips di atas Anda bisa menjalani lebaran yang menyenangkan tanpa harus mengkhawatirkan apapun.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.