Proteksi

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

PFI Mega Life
 09 Mei 2021
Asuransi memiliki berbagai macam jenis dan manfaat yang disediakan. Hal tersebutlah yang akan memengaruhi besaran premi asuransi yang harus dibayarkan.

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Dalam dunia asuransi, ada beberapa istilah umum yang sudah sangat tidak asing lagi di telinga. Salah satunya adalah premi asuransi, yang berarti besaran bayaran atas polis asuransi. Lebih jelasnya, premi asuransi juga bisa mengandung arti yang lebih luas. Supaya tidak salah kaprah, mari pahami pengertian premi asuransi dan cara mendapatkan premi asuransi kesehatan terbaik berikut.

Pengertian Premi Asuransi

Berangkat dari fungsi utama asuransi sebagai alat proteksi, seluruh perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi merupakan transaksi yang sah dan mengikat secara hukum. Atas perlindungan yang didapatkan, maka pemegang polis harus membayar sejumlah uang selama proses asuransi berlangsung atau yang biasa disebut dengan premi.

Sepanjang premi asuransi dibayarkan secara tepat waktu dan sesuai dengan syarat ketentuan yang sudah disepakati, maka perusahaan asuransi wajib menyediakan manfaat yang telah dijanjikan. Sebaliknya, jika pemegang polis ternyata gagal untuk membayarkan premi asuransi sesuai dengan yang telah disepakati, maka perusahaan asuransi berhak menghentikan manfaat perlindungan, sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur secara lengkap di dalam polis asuransi.

Penentuan Perhitungan Premi Asuransi

Besaran premi asuransi yang dibayar sangat tergantung pada jenis dan kondisi aset yang diasuransikan, baik untuk premi asuransi kesehatan, jiwa, benda dan sebagainya. Umumnya, beberapa faktor penentu dalam premi asuransi kesehatan dan jiwa antara lain:

  • Usia tertanggung
  • Riwayat kesehatan
  • Jenis pekerjaan
  • Besarnya Uang Pertanggungan (UP)
  • Masa kontrak pertanggungan/polis
  • Jenis asuransi yang dipilih

Selain dari faktor penentu yang tidak bisa dihindarkan tersebut, premi asuransi sebenarnya masih tetap bisa diatur sesuai kebutuhan, mulai dari yang paling rendah/ terjangkau, hingga lebih tinggi untuk manfaat yang makin maksimal juga.

 

8 Cara Mendapatkan Premi Asuransi Kesehatan Yang Terjangkau

 

1.  Beli asuransi semenjak masih muda

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Tidak dapat dipungkiri, risiko seseorang akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Angka premi akan naik drastis berbanding lurus dengan usia Anda. Otomatis, premi asuransi kesehatan seseorang yang berusia 20-an akan berbeda jauh dengan mereka yang lebih tua, misalnya di atas 30-an. Mengapa demikian? Hal ini karena mereka yang lebih muda dinilai memiliki risiko yang lebih rendah memiliki penyakit kronis jika dibandingkan dengan mereka yang sudah berusia lanjut. Untuk itu, jika Anda menginginkan premi asuransi yang lebih terjangkau, maka akan lebih baik jika mendaftar asuransi selagi masih muda dan sehat.

 

2.  Membeli produk asuransi kesehatan yang murni, bukan unit link

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Produk asuransi merupakan aset yang sangat fleksibel, dalam arti bisa memegang fungsi proteksi, sekaligus menjadi wadah investasi yang menguntungkan. Namun jika Anda mencari asuransi dengan premi yang lebih terjangkau dan fokus kepada kebutuhan medis saja, maka sebaiknya memilih produk asuransi kesehatan murni tanpa ada tambahan investasi unit link.

Dengan demikian, premi asuransi kesehatan akan dimaksimalkan untuk kebutuhan medis seperti pelayanan rumah sakit. Anda juga akan terhindari dari biaya tambahan yang tujuannya untuk diinvestasikan.

 

3.  Beli asuransi saat sedang promo/diskon

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Sesuai dengan prinsip ekonomi, membeli asuransi juga idealnya mengincar momen-momen yang dinilai lebih menguntungkan. Salah satu caranya adalah dengan mengincar promo atau diskon produk asuransi. Contohnya pada momen pandemi, beberapa perusahaan asuransi memberikan manfaat lebih seperti fasilitas ekstra dengan premi yang sama, ataupun premi asuransi kesehatan yang lebih rendah dengan manfaat yang sama.

 

4.  Membandingkan jenis produk asuransi kesehatan yang disediakan

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Ada beberapa jenis produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan bervariasi nilai preminya. Di antaranya ada asuransi rawat inap, rawat jalan, asuransi personal, asuransi kelompok, asuransi swasta dan asuransi pemerintah.

Masing-masing produk tersebut memiliki premi asuransi yang berbeda sesuai dengan manfaat yang ditawarkan. Untuk mendapatkan premi yang lebih murah, kenali risiko yang ada di dalam hidup Anda dan sesuaikan dengan produk asuransi yang akan dipilih. Hal ini penting dilakukan agar asuransi yang dibeli lebih tepat sasaran, sesuai dengan risiko yang mungkin akan terjadi di hidup Anda.

 

5.  Beli produk asuransi keluarga, jangan individu

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat jenis asuransi yang disebut dengan asuransi individu atau asuransi kelompok. Asuransi individu merupakan asuransi dengan satu orang jumlah tertanggung saja, sedangkan asuransi kelompok bisa berupa asuransi sekelompok orang, misalnya staf perusahaan atau anggota keluarga.

Jika Anda memiliki tanggungan anggota keluarga, maka akan lebih murah jika memilih asuransi keluarga yang akan memproteksi seluruh anggota keluarga dibandingkan harus membeli asuransi individu untuk masing-masing orang. Selain karena tidak efektif, harganya pun jelas akan berbeda. Namun tentunya, hal ini harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan bujet keluarga Anda..

 

6.  Pastikan hanya membeli rider yang dibutuhkan

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Istilah rider, atau fasilitas tambahan, adalah manfaat yang dapat disertakan dalam polis asuransi sebagai tambahan proteksi. Rider sesungguhnya adalah fitur yang cukup menguntungkan, karena bisa didapatkan secara lebih murah jika diikutsertakan pada polis asuransi yang telah berjalan.

Namun, jika target Anda adalah memiliki premi asuransi kesehatan yang lebih terjangkau, maka ada baiknya lebih selektif dalam membeli manfaat rider. Pastikan mengerti masing-masing rider yang tersedia pada polis dan analisa sesuai kebutuhan dan bujet Anda.

 

7.  Jaga gaya hidup sehat

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Salah satu faktor penentu besaran premi asuransi kesehatan adalah riwayat kesehatan yang erat kaitannya dengan gaya hidup Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok aktif, maka bukan tidak mungkin premi asuransi kesehatan yang dikenakan menjadi 3-4x lebih besar daripada mereka yang bukan perokok.

Demikian juga dengan kondisi berat badan atau kondisi riwayat kesehatan lainnya. Perusahaan asuransi berhak mengecek seluruh informasi kesehatan Anda sebagai salah satu faktor penentu dalam perhitungan premi asuransi kesehatan. Pihak asuransi juga dapat melakukan pengecualian perlindungan yang akan semakin mengurangi nilai dari premi asuransi itu sendiri.

Itulah mengapa, guna mendapatkan premi asuransi kesehatan yang lebih terjangkau dengan manfaat yang maksimal, segera jalani gaya hidup sehat seperti menjaga nutrisi seimbang, menghindari stress, berolahraga rutin, dan menghentikan kebiasaan merokok.

 

8.  Perhatikan masa kontrak polis dan sesuaikan dengan kebutuhan

8 Cara Menarik Untuk Mendapat Premi Asuransi Kesehatan yang Terjangkau

Semakin lama masa kontrak polis yang Anda pilih, maka umumnya akan semakin tinggi pula nilai premi asuransi yang dibutuhkan. Hal ini sesungguhnya bisa diatasi dengan membeli asuransi sejak usia dini, supaya nilai premi yang dibayarkan semakin menguntungkan untuk jangka panjang. Terlebih mengingat asuransi kesehatan bukanlah sesuatu yang bersifat jangka pendek.

Berbeda dengan misalnya asuransi aset seperti asuransi kendaraan yang nilainya akan terus berkurang, sehingga preminya juga tidak perlu dibayar dalam jangka panjang.

 

Premi Terjangkau, Manfaat Maksimal Dengan PFI Mega Hospital Investa

Berbicara soal premi asuransi kesehatan, sebaiknya tidak berpatokan pada angka semata. Jika Anda ingin berasuransi dengan aman, utamakan kualitas sebagai standar dalam perhitungan premi asuransi kesehatan Anda. Jika premi dibayar murah, tetapi tidak bisa diandalkan dalam kondisi darurat, maka ini menjadi kerugian yang lebih besar lagi.

Ini sebabnya PFI Mega Life menghadirkan Asuransi Mega Hospital Investa yang memberikan tanggungan terhadap biaya rawat inap di ICU maupun Non ICU, hingga santunan meninggal dunia dengan premi yang terjangkau dan dapat dikembalikan. Selalu ada cara untuk mendapatkan proteksi lebih dengan jaminan asuransi yang bisa diandalkan dari PFI Mega Life. Cari tahu sekarang & hubungi kami!

 

Mau Lindungi Diri dari Penyakit Kritis?

CTA

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.