Proteksi

Mau Beli Polis Asuransi? Ini yang Harus Kamu Perhatikan

PFI Megalife
 11 Agu 2019
Bagi mereka yang tidak bekerja atau bekerja freelance, asuransi sepenuhnya ditanggung secara pribadi. Sebelum memilih yang tepat, apa sih yang perlu diperhatikan?

Ketika mendapat tawaran kerja poin-poin apa saja yang menjadi pertimbangan? Selain gaji dan beban kerja biasanya calon pegawai akan memerhatikan fasilitas lain yang didapat. Asuransi menjadi bagian dari hak tersebut.

Lain halnya dengan para freelancer. Hanya kesadaran sendiri yang membuat para pekerja lepas ini punya asuransi. Biasanya kesadaran bahwa semua orang memang butuh asuransi terjadi ketika harus berobat dan dibenturkan dengan biaya yang mahal.

Polis asuransi memiliki banyak sekali manfaat. Meskipun manfaat tersebut akan didapat sesuai dengan harga yang dibayar.   Jika Kamu berencana untuk memiliki polis ada baiknya kamu memerhatikan hal-hal berikut agar keuntungan bisa didapat dengan maksimal.

Pelajari Sistem Polis Asuransi

Nama asuransi mungkin memang familiar, namun tak demikian dengan sistemnya. Tak semua orang paham akan hal tersebut. Jika Kamu berniat membeli polis Kamu harus benar-benar paham sistemnya agar tak menjadi korban dari hal-hal yang merugikan.

Secara umum ada 2 jenis sistem asuransi, yakni cashless dan reimburse. Sistem cashless membuat Kamu bisa berobat dan menggunakan kartu asuransi untuk membayar. Sementara pada sistem reimburse Kamu harus pakai uang pribadi dulu, nantinya uang tersebut akan diganti oleh pihak asuransi.

Namun kebijakan asuransi biasanya membuat Kamu hanya bisa menggunakan asuransi di rumah sakit rekanan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan dari asuransi yang Kamu pilih. Lihat juga perlindungan kecelakaan mobil untuk anda.

Pelajari Jenis Polis Asuransi dengan Seksama

Asuransi ada banyak jenisnya. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan jenis layanan dan harga preminya. Sebaiknya Kamu pelajari dulu jenis yang ada sebelum memilih polis asuransi yang kamu butuhkan.

Pilihlah jenis asuransi yang paling dibutuhkan oleh Kamu. Saat ini rata-rata perusahaan asuransi menawarkan produk perlindungan keluarga. Produk tersebut mungkin akan cocok bagi Kamu yang sudah berkeluarga. Harganya mungkin akan lebih murah dengan sistem paket tersebut.

Jika sudah menemukan jenis yang tepat Kamu bisa membandingkan harga antara 1 perusahaan asuransi dengan perusahaan yang lainnya. Ingatlah untuk tidak langsung tergiur dengan harga yang murah. Perhatikan juga kredibilitas perusahaan.

Pilih polis Asuransi yang Sesuai dengan Kondisi Keuangan

Setelah mempelajari sistem dan jenis polis asuransi kini waktunya menyesuaikan dua hal tersebut dengan kondisi keuangan Kamu. Kamu tentu tak mau usaha untuk memberikan proteksi lebih dengan asuransi justru menjadi beban finansial.

Pilihlah polis asuransi yang harganya sesuai dengan kemampuan keuangan. Selain itu sebaiknya Kamu memilih asuransi yang mengcover semua biaya kesehatan. Biaya tersebut mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, dokter, obat, operasi, dan lain-lain.

Jika asuransi sudah mengcover semua biaya di atas maka akan tercipta ketenangan finansial. Keuangan Kamu tak akan langsung terganggu jika sewaktu-waktu harus masuk rumah sakit.

Pastikan Polis Asuransi Mudah Diklaim

Rata-rata keluhan yang dilontarkan soal asuransi adalah sulitnya proses klaim. Kamu bisa belajar dari pengalaman tersebut. Sebelum memilih perusahaan asuransi pastikan dulu kemudahan proses klaimnya.

Proses klaim yang sulit akan menjadi beban Kamu ketika sedang menjalani pengobatan. Sebagai pasien yang sedang tidak fit Kamu tentunya akan kesal jika harus berurusan dengan rumitnya birokrasi. Oleh karena itu kemudahan klaim termasuk hal pertama yang harus Kamu pastikan pada pihak asuransi. Cek juga asuransi kecelakaan kerja dan pentingnya untuk anda.

Hindari Membeli Polis Asuransi Ketika Sudah Jatuh Sakit

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan pemegang polis asuransi adalah baru membeli polis ketika sudah jatuh sakit. Biasanya birokrasi dalam kasus seperti itu akan lebih rumit.

Memiliki asuransi sejak dini adalah opsi terbaik yang bisa Kamu lakukan. Kamu harus percaya bahwa suatu hari asuransi tersebut pasti berguna. Tak hanya untuk penyakit berat dan rawat inap, Kamu bahkan bisa menggunakan asuransi untuk perawatan gigi dan pengobatan yang sifatnya tak terlalu berat.     

Lihat Kredibilitas, Rekanan, dan Testimoni Polis Asuransi

Banyaknya perusahaan penyedia jasa asuransi mungkin akan membuat Kamu bingung menentukan manakah yang paling pas. Perhatikan hal-hal berikut untuk membantu Kamu mengambil keputusan:

  • Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Jika kredibilitas perusahaannya baik biasanya cenderung lebih aman dalam segala hal. Perusahaan asuransi tidak akan mendapatkan penilaian yang baik jika polisnya overprice dan klaimnya sulit.

  • Rumah Sakit Rekanan

Jangan mengambil sebuah asuransi jika tak ada rumah sakit yang mudah dijangkau dari tempat tinggal Kamu. Hal itu pastinya akan lumayan merepotkan.

  • Testimoni Pemegang Polis

Walau bersifat subjektif, testimoni dari pemegang polis lain bisa menjadi sumber rujukan yang akurat. Penilaian-penilaian tersebut bisa membantu Kamu dalam mengambil keputusan.

Jika sudah memutuskan untuk punya polis asuransi jangan lupa untuk membayarnya tepat waktu. Polis asuransi yang rutin dibayar akan lebih mudah diklaim ketika Kamu sedang membutuhkannya.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.