Proteksi

Pengertian Asuransi Dan Istilah- Istilah Di Dalamnya

PFI Megalife
 06 Des 2018
Baru akan memulai untuk membeli asuransi? Simak pengertian dan istilah-istilah di dalamnya agar tidak bingung, yuk!

Asuransi merupakan hal yang paling sering diperbincangkan saat ini. Asuransi telah menjadi suatu pendamping hidup bagaikan kebutuhan primer lainnya. Oleh karena itu, terutama orang kelas menengah ke atas akan berlangganan asuransi kepada suatu Lembaga asuransi tertentu karena begitu pentingnya hal ini. Kemudian ditambah lagi dengan banyaknya orang terkenal yang mengasuransikan aset berharganya secara penuh, seperti Cristiano Ronaldo yang mengasuransikan “kaki” nya dengan biaya penuh, dan juga selebritis Indonesia Chelsea Islan yang mengasuransikan “kepala” nya. Jadi, apakah sebenarnya pengertian asuransi ini? Dan apa manfaat yang didapatkan? Silahkan simak penjelasannya di artikel ini:

1. Pengertian lengkap asuransi

 

Istilah asuransi dari bahasa inggris (Insurance) yaitu pertanggungan. Jadi asuransi ini merupakan suatu kesepakatan antara dua pihak atau lebih untuk memberikan jaminan akan suatu hal yang dijanjikan. Secara simpel, asuransi ini dapat diartikan seperti menyediakan payung sebelum hujan.

Selanjutnya, setelah membaca pengertian asuransi, dua pihak yang kalian baca di atas yakni pihak penanggung dan pihak tertanggung. Pihak penanggung ialah badan yang menanggung asuransi dari pihak tertanggung. Sedangkan, pihak tertanggung adalah pihak yang mengasuransikan dirinya ke pihak penanggung. Kemudian, selama kesepakatan asurani ini berlangsung, akan ada persyaratan yang disebut “Premi”. Premi ini adalah suatu biaya yang dikeluarkan oleh pihak tertanggung sebagai persyaratan kepada badan penanggung.

Ada beberapa 3 jenis asuransi yang dijalankan oleh suatu perusahaan asuransi, yakni Asuransi Kerugian, Asuransi Jiwa, dan Reasuransi. Asuransi Kerugian adalah perusahaan yang menanggung kerusakan, kerugian, menurunnya suatu kegunaan dari suatu hal, tanggung jawab hukum atas dasar rugi kepada pihak ketiga, yang timbul dari suatu peristiwa yang terjadi. Kemudian, Asuransi Jiwa adalah perusahaan yang menanggung resiko antara hidup atau matinya suatu jiwa yang diasuransikan. Yang ketiga yakni Reasuransi yakni perusahaan yang memberikan pertanggungan terhadap suatu perusahaan asuransi lainnya.

2. Istilah- Istilah dalam Asuransi

 

Berikut ini istilah yang ada dalam hal asuransi:

  • Polis Asuransi

Polis Asuransi adalah surat perjanjian antara pihak tertanggung dan pihak penanggung. Kemudian, polis ini mengandung segala hal terkait asuransi yang disetujui. Kedua belah pihak wajib untuk mengetahui isi dari asuransi ini termasuk pengertian dasar, peraturan, ketentuan dan lain- lain. Polis asuransi inilah yang akan menjadi bukti dan alat untuk mengajukan asuransi dari pihak tertanggung.

  • Pemohon (Applicant)

Selanjutnya Applicant merupakan pihak yang mengajukan asuransi kepada penanggung. Melalui ini, pihak tertanggung akan mendapatkan hak Polis seperti yang dijelaskan di atas.

  • Pemegang Polis (Policy Owner)

Pemegang polis adalah pihak yang memiliki wewenang untuk memegang polis yang disetujui.

  • Tertanggung (Insured)

Nah, tertanggung inilah yang merupakan subyek yang diasuransikan dalam perjanjian yang telah disetujui. Contoh tertanggung adalah kaki Cristiano Ronaldo yang telah diasuransikan keamanannya.

  • Penerima Uang Pertanggungan (Beneficiary)

Selanjutnya Beneficiary yakni orang yang akan mengambil uang dari pihak asuransi terhadap perjanjian asuransi yang telah disetujui. Kebanyakan, orang yang dijadikan beneficiary adalah orang terdekat seperti anak, keluarga, atau sahabat terdekat tertanggung.

  • Uang Pertanggungan

Uang Pertanggungan ialah bentuk tanggung jawab dari pihak penanggung atau “ganti rugi” apabila terjadi sesuatu terhadap hal yang ditanggungkan (pihak tertanggung)

  • Premi

Premi adalah uang yang harus dibayar selama proses asuransi berlangsung oleh pihak tertanggung yang telah disetujui kedua belah pihak.

  • Nilai Tunai

Nilai Tunai merupakan sejumlah uang yang harus dikembalikan kepada pihak tertanggung apabila terjadi peristiwa yang mengakibatkan kontrak berakhir sebelum waktu yang ditentukan.

  • Insurable Interest

Ini merupakan hubungan antara pihak tertanggung dengan objek yang diasuransikan.

Demikianlah artikel mengenai pengertian asuransi dan istilah- istilah di dalamnya. Sudah paham kan apa itu asuransi? Jadi, untuk kalian yang merasa bahwa asuransi itu penting, artinya kalian telah berpikiran kedepan dan bersiap untuk hal buruk apapun yang terjadi di masa mendatang. Artinya kalian telah membeli payung sebelum hujan. Artikel ini tidak merujuk kalian untuk melakukan langganan asuransi, hanya saja asuransi memanglah merupakan hal yang penting di masa ini karena kita tidak tau apa yang terjadi nantinya.

Bagaimana, sudah semakin mengerti tentang asuransi? Jika Anda berpikir bahwa asuransi itu perlu, maka Anda sudah mulai memikirkan finansial Anda ke depannya. Mulai sekarang untuk tabungan finansial jangka panjang lebih baik dan tertata rapi.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.