1 Likes
Proteksi

Mengenal Keunggulan Asuransi Jiwa Berjangka

PFI Megalife
 19 Sep 2018

Tiap individu memiliki kebutuhan serta prioritas yang berbeda. Itulah alasan mengapa perusahaan penyedia asuransi jiwa terus berinovasi dan melahirkan produk-produk asuransi baru.

Salah satu jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui adalah asuransi jiwa berjangka. Hampir setiap perusahaan memiliki asuransi jiwa jenis ini karena memang  menawarkan fungsi proteksi dengan harga yang terjangkau.

Agar Anda dapat lebih mengenal seluk-beluk asuransi jiwa berjangka dengan lebih mendalam, mari simak ulasannya berikut:

Apa itu Asuransi Jiwa Berjangka?

Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan jaminan kepada pemegang polis (tertanggung) selama jangka waktu tertentu. Jika dalam jangka waktu tersebut pemegang polis terkena musibah yang menyebabkannya meninggal dunia, pihak asuransi akan memberikan pertanggungan berupa klaim tunai.

Namun, apabila hingga jangka waktu tersebut habis pemegang polis tidak mengalami risiko yang dipertanggungkan (misalnya meninggal dunia), sehingga ia masih hidup dan bisa beraktivitas seperti biasa, premi yang sudah dibayarkan dianggap hangus atau tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai.

Jangka waktu yang bisa Anda pilih dari asuransi jenis ini pun beragam, mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun. Anda tinggal menentukan produk mana yang menawarkan jangka waktu, biaya premi, dan manfaat yang sesuai dengan keadaan Anda saat ini.

Apa yang Membedakan Asuransi Jiwa Berjangka dengan Asuransi Lain?

Perbedaan yang paling mendasar antara asuransi jiwa berjangka dengan asuransi jiwa jenis lain adalah tidak adanya manfaat tabungan atau investasi. Artinya, jenis asuransi jiwa ini adalah pilihan yang cocok apabila Anda ingin mengelola asuransi, tabungan, serta investasi secara terpisah.

Itulah sebabnya penting untuk memiliki rencana keuangan terlebih dahulu dalam hidup Anda. Dengan begitu, Anda bisa menilai kebutuhan serta prioritas diri, sehingga nantinya bisa memilih jenis asuransi jiwa yang paling tepat untuk Anda.

Apa Saja Keunggulan Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa berjangka memiliki beberapa keunggulan dibanding beberapa jenis asuransi jiwa lainnya. Pertama, nilai premi yang perlu Anda bayarkan setiap bulan lebih terjangkau dibandingkan asuransi jiwa jenis lainnya. Meskipun begitu, nilai pertanggungan yang akan Anda terima jika terjadi risiko kematian cukup besar. Jumlahnya bisa ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah.

Kedua, jangka waktu polis asuransi dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Idealnya, kebutuhan proteksi terhadap risiko kematian adalah ketika Anda berada di masa produktif dan menjadi pencari nafkah utama. Asuransi jiwa berjangka memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan, mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.



Semakin beragamnya pilihan asuransi jiwa yang bisa Anda beli memang ditujukan agar Anda bisa menemukan jenis asuransi jiwa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi jiwa berjangka sendiri merupakan pilihan ideal untuk Anda yang sedang membutuhkan proteksi untuk diandalkan, namun dengan premi yang tidak terlalu memberatkan kantong.

Fleksibilitas yang ditawarkan asuransi jiwa berjangka juga akan sangat memudahkan Anda. Anda bisa memutuskan untuk memperpanjang polis, menambahkan rider, atau malah berganti ke asuransi jenis unit link apabila Anda memang mencari manfaat proteksi sekaligus investasi.

Segala kemudahan ini memang ditujukan agar Anda bisa memiliki perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda bisa tetap leluasa menjalankan rencana keuangan Anda tanpa harus terikat pada premi yang panjang atau memberatkan.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.