Proteksi

Manfaat Memilih Asuransi yang Tepat

PFI Mega Life
 05 Des 2019
Manfaat asuransi hanya bisa dirasakan dengan maksimal jika Anda memilih asuransi yang tepat. Pastikan Anda menjatuhkan pilihan pada produk PFI Mega Life.

Dalam hidup ada banyak kondisi tak terduga yang mungkin terjadi dan risiko yang sulit dihindari. Risiko tersebut misalnya adalah tiba-tiba jatuh sakit, mengalami bencana, dan lain-lain. Biasanya efek dari kejadian-kejadian tersebut adalah ketidakstabilan finansial

Risiko lain yang kerap menjadi beban pikiran adalah nasib anggota keluarga yang menjadi tanggungan jika Anda mengalami risiko kematian. Anda tentu tak ingin membiarkan hidup keluarga Anda jadi tak jelas setelahnya. 

Sebenarnya risiko-risiko di atas bisa diminimalisir dengan adanya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi kesehatan jelas akan menanggulangi biaya yang dibutuhkan ketika kesehatan Anda terganggu dan harus menjalani pengobatan di rumah sakit. Hal itu berlaku juga bagi anggota keluarga apabila Anda memiliki asuransi kesehatan keluarga. 

Sementara asuransi jiwa akan memberikan perlindungan pada anggota keluarga jika suatu saat Anda sebagai pencari nafkah sudah tak bisa mencari nafkah seperti biasanya. Manfaat yang akan diterima ahli waris dalam hal ini adalah uang pertanggungan yang jumlahnya sudah disepakati bersama pada saat penandatanganan polis. 

Adanya manfaat dari asuransi jiwa akan memastikan keluarga Anda tetap aman secara finansial. Anda dan pasangan sebagai orang tua jadi punya ketenangan finansial. 

Meskipun manfaat dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat besar, sayangnya masih banyak orang yang enggan memilikinya, terutama generasi millenial. Data dari AAJI bahkan menunjukkan bahwa hingga tahun 2018 baru sekitar 6,7% generasi millenial di Indonesia yang sudah terlindungi asuransi. 

 

Penyebab Generasi Millenials Enggan Memiliki  Asuransi

 

Ternyata, bukan tanpa alasan generasi millennials enggan memiliki asuransi. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat angka kepemilikan asuransi jiwa terbaik dan asuransi kesehatan terbaik masih sangat rendah:

  • Gaya Hidup yang Masih Konsumtif

Stigma sebagai generasi yang konsumtif memang cukup melekat pada millennials. Sebuah riset bahkan menyebutkan bahwa lebih dari 20% uang pendapatan para millennials habis untuk nongkrong-nongkrong di café dan makan enak di restoran. 

Tak hanya sekedar nongkrong, pemenuhan gaya hidup lain juga cukup menguras kocek para millennials. Alokasi dana yang habis untuk hal-hal konsumtif kemudian membuat para millennials enggan mengeluarkan dana lagi. Sebagian dari mereka juga masih memandang asuransi sebagai barang mahal tanpa membandingkan dengan manfaat yang diberikan. 

  • Masih Memandang Rendah Pentingnya Proteksi Diri

Merasa bahwa kondisi fisiknya masih baik membuat banyak millennials memandang sebelah mata pentingnya punya asuransi sebagai bentuk proteksi diri. Hal itu semakin menjadi karena manfaat asuransi memang tak tampak secara instan, manfaatnya baru akan terasa di masa depan.

Pemahaman generasi millennials yang masih kurang memadai terkait manfaat asuransi juga menjadi masalah lain. Banyak dari mereka yang masih lebih fokus pada risiko kerugian yang mungkin terjadi, kabar tentang sulitnya melakukan klaim, dan berbagai informasi negative lainnya. 

 

Pemahaman bahwa asuransi adalah barang mahal, ada risiko kerugian yang sangat besar, sulit melakukan klaim, dan lain-lain hanya mungkin terjadi jika Anda salah pilih asuransi. Hal itu bisa diminimalisir jika Anda berhasil menemukan asuransi kesehatan terbaik, asuransi jiwa terbaik, dan jenis-jenis asuransi lain yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. 

 

Manfaat Asuransi yang Tepat

 

Faktanya memilih asuransi yang tepat memang bukan perkara yang mudah. Namun hal tersebut patut diupayakan jika mengingat manfaatnya yang sangat besar. Manfaat memilih asuransi yang tepat ialah:

  • Memberikan Ketenangan Finansial

Jenis asuransi apapun yang dipilih, terutama yang berkaitan dengan kesehatan bertujuan untuk memberikan ketenangan finansial. Tak hanya ketenangan, asuransi juga akan menjaga kondisi finansial tetap stabil ketika terjadi risiko tertentu. 

Ketika Anda atau salah satu anggoa keluarga terkena penyakit kritis seperti kanker misalnya, Anda tak perlu mengerahkan semua sumber daya keuangan untuk pengobatan. Riset Asean Cost in Oncology menyebutkan bahwa 85% pasien dan keluarga mengalami kebangkrutan ketika harus membiayai pengobatan penyakit kritis tanpa asuransi. 

Anda tak perlu mengalami kondisi di atas jika memiliki asuransi yang tepat. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan keluarga yang tepat di usia semuda mungkin. 

  • Menyempurnakan Cara Mengatur Keuangan

Secara teori semua orang harus punya cara mengatur keuangan yang tepat, misalnya berapa persen yang harus disisihkan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga, ditabung, diinvestasikan, dan lain-lain. 

Sayangnya tak semua orang cukup disiplin untuk membuat perencanaan keuangan tersebut. Adanya asuransi kesehatan atau asuransi jiwa akan membantu Anda lebih disiplin karena ada premi yang harus dibayarkan setiap sebulannya. Selain itu semua rencana yang sudah Anda susun pun jadi lebih terlindungi. 

Baca Juga: Ini yang Terjadi Apabila Bayar Sekolah Tanpa Asuransi Pendidikan

  • Sebagai Bentuk Investasi dan Tabungan

Ketika memilih asuransi yang tepat, asuransi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bentuk investasi dan juga tabungan. Asuransi yang bisa dijadikan bentuk investasi misalnya adalah asuransi jiwa unit link. Selain aman terlindungi di masa depan, setiap jangka waktu tertentu Anda sebagai pemegang polis akan menerima keuntungan dari uang Anda yang dikelola dengan skema reksadana.

Asuransi yang tepat juga akan berfungsi untuk mengamankan asset Anda. Ketika Anda jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan tanpa asuransi, Anda akan terpaksa menggunakan asset Anda untuk membayar rumah sakit. 

Sebelum bisa memperoleh keuntungan maksimal dari kepemilikan asuransi, Anda harus jeli dalam memilih perusahaan dan jenis produk. Jangan sampai pilihan yang keliru justru membuat Anda mengalami kerugian. 

  • Membantu Mendapatkan Semua Perawatan yang Dibutuhkan

Seringkali seseorang tak bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan karena mengkhawatirkan masalah biaya. Kebiasaan menunda-nunda pengobatan bisa menghadirkan efek yang tidak baik kedepannya. Anda pasti sudah tahu bahwa semakin cepat sebuah penyakit dideteksi maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk pulih seperti sedia kala. 

Apabila memiliki asuransi kesehatan yang tepat Anda tak perlu mengalami hal semacam ini. Partner rumah sakit yang banyak, proses kemudahan klaim, dan berbagai keunggulan lain akan memastikan Anda selalu mendapatkan semua perawatan medis yang dibutuhkan. 

  • Membantu Meminimalisir Kerugian Akibat Kejadian Tak Terduga

Memiliki asuransi yang tepat akan meminimalisir kerugian Anda apabila terjadi hal yang tak diinginkan. Asuransi kendaraan, misalnya, akan memberikan sejumlah ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan. 

Demikian pula halnya dengan asuransi kesehatan keluarga. Saat harus sibuk mengurusi anggota keluarga yang sakit Anda tak perlu memusingkan masalah biaya yang harus ditanggung. Uang pertanggungan dari asuransi yang Anda miliki akan sangat membantu. 

 

Asuransi yang tepat adalah asuransi yang mudah untuk diklaim, mengedepankan kenyamanan nasabah, serta memiliki jaringan yang luas sehingga nasabahnya bisa memperoleh banyak kemudahan. Asuransi yang tepat juga harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika masih bingung dalam memilih asuransi yang tepat agar bisa memperoleh manfaat maksimal, Anda bisa mulai mempelajari produk-produk yang ditawarkan oleh PFI Mega Life. Perusahaan asuransi ini menawarkan cukup banyak produk yang bisa jadi solusi atas berbagai kebutuhan proteksi Anda.

Pastikan Anda memilih produk yang tepat dari PFI Mega Life. Rasakan manfaat kepemilikan asuransi baik di masa sekarang maupun di masa depan.

 

Baca Juga: Cicilan Rumah yang Menjerat Keuangan
 

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.