Proteksi

Manfaat Asuransi ini Wajib Kalian Ketahui

PFI Megalife
 05 Des 2018
Anda pasti berpikir, buat apa memiliki asuransi? Sebelum berpikir seperti itu, simak manfaat asuransi berikut ini!

Hingga kini, banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan asuransi. Fungsinya tak lain adalah untuk mengendalikan risiko di masa yang akan datang. Risiko disini identik dengan hal-hal yang dapat merugikan. Itu artinya, asuransi merupakan sebuah sistem yang berguna untuk meminimalisir kerugian pihak tertanggung, dalam hal ini pemilik asuransi oleh pihak penanggung atau perusahaan asuransi. Tentunya sesuai kebijakan yang telah disepakati kedua belah pihak. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang kurang menyadari pentingnya asuransi. Walau tidak sedikit juga yang sudah memanfaatkannya. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang asuransi itu sendiri. Mengingat sumber daya manusia di Indonesia masih terbatas. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat asuransi bagi kehidupan mereka. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas tuntas manfaat asuransi baik secara umum maupun khusus.

Manfaat Asuransi Secara Umum

Secara umum, banyak sekali manfaat asuransi yang bisa didapatkan seperti dibawah ini:

  • Memperkecil Kerugian

Umumnya, semua jenis asuransi memiliki manfaat yang sama yakni memperkecil kemungkinan adanya kerugian karena suatu hal seperti kecelakaan, kehilangan, atau biaya pengobatan. Dalam sudut pandang lain, asuransi merupakan tindakan preventif untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari.

  • Memberikan Ketenangan

Dengan memiliki asuransi, artinya kalian selangkah lebih maju dalam menyiapkan masa depan kalian. Meskipun tidak ada orang yang menginginkan hal buruk terjadi tapi, jika ada asuransi kalian tidak akan bingung lagi jika kalian membutuhkan banyak dana.

  • Sebagai Tabungan Masa Depan

Manfaat asuransi yang lainnya adalah sebagai bentuk investasi tabungan. Setiap perusahaan asuransi biasanya akan memberikan jaminan pengembalian uang jika kontrak asurasnsi telah usai. Ini berlaku jika kalian tidak pernah menggunakan layanan asuransi selama masa kontrak berlangsung. Itu artinya, dengan mendaftar sebagai nasabah asuransi sama dengan kalian sedang menabung.

Manfaat Asuransi Secara Khusus

Secara khusus, manfaat asuransi dapat dirasakan sesuai dengan jenis asuransinya. Berikut pemaparannya:

  • Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa berguna untuk menanggulangi kerugian finansial yang tidak terduga akibat risiko kematian atau risiko hidup terlalu lama. Hal ini membantu para nasabah asuransi jiwa untuk mengcover biaya hidup keluarga yang ditinggalkan atau bahkan membiayai dirinya sendiri di masa tua.

  • Manfaat Asuransi Kesehatan

Kesehatan memang bisa kita jaga. Tapi, siapa yang tahu jika terjadi hal-hal yang mengharuskan kalian melakukan pengobatan. Contohnya, terjadi kecelakaan. Jika kalian memegang polis, kalian tidak perlu bingung memikirkan biaya perawatan. Asuransi kesehatan juga sangat berguna bagi kalian yang memiliki riwayat ataupun gejala penyakit berat yang membutuhkan banyak biaya pengobatan. Polis akan membantu meringankan beban biaya tersebut.

  • Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menolong kalian mempersiapkan masa depan anak. Seperti yang kalian tahu, biaya pendidikan setiap tahun terus meningkat. Tentu ini menjadi beban jika kalian tidak mempersiapkannya sejak dini. Salah-salah, anak-anak kalian tidak bias melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lihat saja, meski pemerintah sudah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun, masih saja banyak anak-anak yang putus sekolah. Oleh karena itu, mari beri jalan untuk anak-anak kalian meraih impiannya.

  • Manfaat Asuransi Kepemilikan

Asuransi kepemilikin meliputi asuransi kendaraan dan properti. Seperti yang kita tahu, kendaraan dan properti seperti rumah, kantor, dan bangunan lainnya merupakan aset berharga yang memiliki nilai tinggi. Dengan mengansurasikannya, kalian dapat memperkecil probabilitas kerugian jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan kalian rusak atau terjadi bencana yang menyebabkan bangunan milik kalian rusak. Tentu kalian tidak menginginkan itu terjadi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadi nasabah asuransi agar biaya pengeluaran tetap terkendali.

  • Manfaat Asuransi Perjalanan

Jika kalian termasuk orang yang sering melakukan perjalanan, cobalah untuk mendaftar asuransi perjalanan. Jadi, kalian bisa punya solusi cepat jika dalam perjalanan tersebut terjadi hal-hal yang merugikan seperti kehilangan barang di bagasi, kehilangan dokumen perjalanan, atau hal yang membutuhkan penanganan medis.

Dari penjelasan diatas, banyak sekali manfaat asuransi yang bisa kalian dapatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kalian mempertimbangkan hal-hal yang perlu diasuransikan. Bagaimanapun, persiapan matang akan sangat membantu kelak.

Memiliki asuransi sama dengan Anda telah menyusun keuangan jangka panjang. Anda juga memiliki segala macam perlindungan di setiap kegiatan yang Anda lakukan. Tidak perlu khawatir dan jangan lupa untuk selalu cermat dalam memilih produk asuransi yang ingin Anda beli.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.