Proteksi

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mengapa Anda Harus Memilikinya

PFI Megalife
 14 Agu 2019
Selama ini banyak orang berpuas diri dengan asuransi kesehatan yang diberikan oleh kantor. Namun, tahukan Anda apa saja kriteria dari asuransi kesehatan terbaik.

asuransi kesehatan terbaik

Tingginya biaya kesehatan tentunya membuat banyak orang cemas. Bagaimana tidak, bahkan untuk penyakit yang tampak sepele sekalipun bisa menghabiskan biaya ratusan ribu dalam sekali berobat. Jika sudah begitu, jangan tanya tentang tingginya biaya pengobatan penyakit yang lebih serius.

Tingginya biaya berobat membuat banyak orang kian sadar akan pentingnya memiiliki asuransi kesehatan. Asuransi memang memiliki banyak sekali manfaat. Sayangnya tak semua memiliki kesadaran untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik.

Selama ini banyak orang berpuas diri dengan asuransi yang diberikan oleh kantor. Padahal tentunya ada kekurangan-kekurangan yang hanya bisa dengan membeli polis asuransi tertentu. Namun, tahukan Anda apa saja kriteria dari asuransi kesehatan terbaik?

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik

Pernahkah Anda merasa cemas kalau-kalau Anda atau anggota keluarga terkena penyakit yang mengharuskan rawat inap? Tak terbayang paniknya saat keadaan seperti itu tiba, apalagi jika masih harus ditambah memikirkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Cek juga pentingnya memiliki asuransi di luar iuran BPJS.

Memiliki asuransi kesehatan di luar asuransi kantor akan membantu Anda mengatasi segala kecemasan terkait biaya. Seperti apakah kriteria asuransi kesehatan terbaik?

  • Memiliki Reputasi yang Baik

Hal pertama yang harus Anda cek ketika tengah memilih asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga adalah reputasi dari perusahaan asuransi. Sekarang ini reputasi sebuah perusahaan bisa dicek dengan mudah di internet.

Pelajari beberapa review dan testimoni yang banyak terdapat di internet. Pastikan perusahaan asuransi yang hendak Anda pilih memiliki lebih banyak review dan testimoni dari nasabah yang merasa puas.

  • Memiliki Manfaat yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Sebelum menjatuhkan pilihan pada produk asuransi, Anda harus benar-benar memahami manfaat yang akan didapatkan. Pastikan Anda memilih produk yang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat yang dimaksud bisa berupa besarnya biaya santunan jika harus rawat inap, santunan kematian, dan lain-lain. Periksa juga rumah sakit yang menjadi rekanan dan pastikan mudah dijangkau oleh Anda.

  • Kemudahan Klaim

Rata-rata keluhan nasabah terhadap perusahaan asuransi adalah terkait masalah klaim. Perusahaan asuransi kesehatan terbaik seharusnya menjamin kemudahan klaim bagi nasabah yang sudah mentaati prosedur.

Anda tentu tak mau masuk dalam kelompok nasabah yang mengeluhkan kesulitan klaim. Jadi, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat dan menjadi nasabah yang taat prosedur.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa asuransi kesehatan terbaik akan mampu memproteksi Anda dan keluarga pada saat-saat tak terduga. Ketika Anda atau keluarga jatuh sakit, Anda cukup fokus pada kesembuhan dan tak perlu mengkhawatirkan masalah biaya.

Berikut adalah beberapa manfaat memiliki asuransi kesehatan terbaik yang akan membuat Anda semakin mantap untuk memiliki asuransi:

  • Menjaga Kestabilan Finansial

Tak bisa dipungkiri ketika Anda atau anggota keluarga lain sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar, kondisi finansial pasti akan terguncang. Fokus mengupayakan pengobatan akan membuat Anda sulit menyeimbangkan keuangan untuk kebutuhan lain.

Keberadaan asuransi akan membantu menjaga kestabilan finansial. Aneka manfaat yang diberikan membuat Anda tak perlu mengusik post keuangan untuk kebutuhan lain.

  • Membebaskan Anda dari Rasa Khawatir

Anda yang sudah tercover asuransi kesehatan terbaik tak perlu mengkhawatirkan biaya berobat jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Adanya asuransi yang mengcover biaya pengobatan juga membuat Anda tak perlu lagi menunda-nunda pergi ke dokter atau rumah sakit hanya karena alasan keuangan.

Cara Mengajukan Polis Asuransi Kesehatan Terbaik

Setelah memahami kriteria perusahaan asuransi kesehatan terbaik dan apa saja manfaatnya, sudah waktunya Anda untuk lekas mengajukan polis ke perusahaan asuransi yang Anda percaya. Umumnya, cara mengajukan polis adalah sebagai berikut:

  • Lengkapi Dokumen

Setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Dokumen mungkin akan disesuaikan pula dengan jenis plan/polis yang Anda pilih.

Mintalah informasi dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli asuransi di perusahaan asuransi yang Anda pilih. Lalu pastikan Anda sudah menyediakan dokumen dengan lengkap sebelum melakukan pengajuan.

  • Mempelajari Polis

Jika dokumen dianggap sudah lengkap, pihak asuransi akan memberikan polis berisi berbagai hal yang menjadi hak dan kewajiban Anda sebagai nasabah. Bacalah polis tersebut baik-baik dan pastikan Anda benar-benar paham bisa menyetujuinya.

Jangan lupa cek beberapa penyebab kanker otak

  • Membayar Premi

Jika sudah sepakat, maka kini waktunya Anda melakukan pembayaran premi. Pembayaran biasanya bisa dilakukan bulanan atau tahunan. Jangan lupa untuk selalu membayar tepat waktu agar polis tetap hidup.

Setelah melakukan penandatanganan polis dan melakukan pembayaran, biasanya ada masa tunggu yang berlaku. Polis Anda baru akan aktif ketika masa tunggu sudah habis. Adapun masa tunggu di asuransi kesehatan terbaik seharusnya tidak lebih dari 30 hari.

Kini, Anda dan keluarga sudah terlindungi dan bisa menjalani hari-hari tanpa cemas.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.