Proteksi

5 Keuntungan Mendapat Santunan Rawat inap yang Bisa Dirasakan

PFI Megalife
 25 Agu 2019
Salah satu jenis asuransi kesehatan yang paling dibutuhkan ialah asuransi rawat inap. Apa saja sih keuntungan dari asuransi jenis ini?

5 Keuntungan Mendapat Santunan Rawat inap yang Bisa Dirasakan

 

Tidak ada orang yang mau menghabiskan waktunya untuk menjalani rawat inap di rumah sakit. Sayangnya keinginan untuk selalu sehat tak selalu diimbangi untuk menjaga kesehatan. Akibatnya menjalani perawatan selama beberapa hari menjadi hal yang sulit terelakkan.

Padahal jangankan mereka yang abai terhadap kesehatan. Kadang mereka yang sudah benar-benar menjaga kesehatan masih harus merasakan sakit. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat masyarakat mulai sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan terbaik.

Salah satu jenis asuransi kesehatan yang paling dibutuhkan ialah asuransi rawat inap. Asuransi rawat inap ialah asuransi yang memberikan manfaat berupa santunan ketika tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit. Adapun ketentuan lebih lengkapnya biasanya tercantum saat nasabah melakukan pembelian polis asuransi.

Memiliki asuransi kesehatan, khususnya untuk rawat inap, sangatlah penting. Apalagi jika memerhatikan biaya rumah sakit yang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Ada beberapa manfaat yang pasti akan dirasakan oleh pemegang polis asuransi. Manfaat-manfaat tersebut mungkin tak akan dirasakan secara instan, tapi pasti akan terasa jika diri sendiri atau salah satu anggota keluarga ada yang harus dirawat inap di rumah sakit. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

  • Dapat Menikmati Fasilitas Kesehatan yang Baik

Banyak orang berpikiran ketika dirawat di rumah sakit maka benar-benar bisa fokus pada kesembuhan. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Saat dirawat, ada hal-hal yang tetap tak bisa luput dari perhatian, baik oleh pasien maupun keluarga yang menunggui.

Salah satu yang harus diperhatikan ialah kenyamanan, baik untuk sisi pasien maupun keluarga yang menemani. Faktor kenyamanan ini bahkan turut berpengaruh pada kesembuhan. Bagaimana pasien bisa beristirahat dengan maksimal jika tempatnya tak nyaman?

Ironisnya banyak orang mengabaikan faktor kenyamana ini demi menekan pengeluaran. Memang tak bisa dipungkiri bahwa semakin nyaman ruang perawatan akan semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Pada kondisi semacam inilah keberadaan asuransi kesehatan terbaik memainkan peranan yang penting.

Adanya asuransi akan membuat pasien tak ragu memilih ruang yang lebih nyaman. Misalkan pasien memiliki asuransi kantor yang menanggung perawatan di ruangan kelas II, pasien bisa dengan leluasa mengajukan pindah kelas tanpa khawatir harus nombok.

Cek juga kenapa asuransi tambahan itu penting.

Ketika pasien mendapatkan tempat yang lebih nyaman, maka secara otomatis keluarga pasien juga akan merasa lebih nyaman. Kenyamanan keluarga pasien bukan hal yang bisa dikesampingkan, apalagi jika rawat inap berlangsung selama beberapa hari.

Setiap orang perlu mempertimbangkan untuk segera mempelajari polis asuransi dan membelinya. Jadi ketika sakit bisa langsung menikmati fasilitas kesehatan yang baik. 

  • Tidak Khawatir Kebutuhan Keluarga di Rumah Terbengkalai

Sebuah survey menunjukkan bahwa kondisi keluarga di rumah termasuk kekhawatiran seseorang yang tengah dirawat. Apalagi jika yang menjalani rawat inap adalah seorang ibu rumah tangga. Ketika salah satu anggota keluarga  sakit memang mau tak mau kondisi keluarga akan terganggu.

Gangguan yang dimaksud sangat beragam. Pertama, pastinya gangguan untuk kondisi keuangan. Jika tidak ada dana darurat maka mau tak mau harus mengambil budget untuk kebutuhan lainnya. Hal tersebut membuat pengaturan keuangan jadi berantakan, bukan?

Selain itu, pasien yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga pasti juga terpikir siapa yang menjaga anak di rumah dan kondisi rumah yang tak terurus. Semua itu membuat pasien sulit beristirahat dengan maksimal.

Memiliki asuransi rawat inap adalah cara paling ampuh untuk menjaga terjadinya hal-hal seperti di atas. Selain itu, alangkah lebih baik jika keberadaan asuransi masih dilengkapi dengan dana darurat.

Ketika ibu masuk rumah sakit, misalnya, dana darurat dan santunan dari asuransi rawat inap bisa digunakan untuk membiayai pengobata. Dengan demikian keuangan rumah tangga yang sudah diatur sedemikian rupa tidak perlu diusik. Dana darurat bahkan bisa digunakan untuk mengatasi pengeluaran rumah tangga yang lebih besar saat ibu menjalani rawat inap.

Pengeluaran rumah tangga bisa lebih besar saat ibu dirawat karena harus membeli makanan jadi. Mungkin juga diperlukan dana lebih untuk menyewa jasa beres-beres rumah dan menjaga anak. Guna mencegah hal-hal yang membuat keuangan jadi berantakan, sebaiknya segeralah membeli asuransi rawat inap.

  • Sebagai Antisipasi dalam Keadaan Darurat

Bayangkan jika diri sendiri atau salah seorang anggota keluarga jatuh sakit sampai harus dirawat di rumah sakit sementara tak ada asuransi dan dana darurat. Jika hal itu terjadi biaya untuk pengobatan pasti jadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan.

Adanya asuransi rawat inap akan sangat membantu untuk mengatasi kekhawatiran seperti itu. Ketika ada yang sakit, maka bisa sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan tindakan medis yang seharusnya.

Menunda-nunda datang ke rumah sakit ketika kondisi kesehatan sedang drop bisa mendatangkan efek yang tidak baik. Penyakit yang tadinya tak terlalu serius bisa jadi serius karena tak mendapatkan pertolongan yang tepat dan cepat.

Hal seperti di atas tidak akan terjadi jika ada asuransi. Manfaat dari asuransi rawat inap memungkinkan pasien segera mendapatkan pertolongan meskipun tidak ada dana darurat yang tersedia. Perlu diingat bahwa semakin cepat sebuah penyakit ditangani maka akan semakin besar peluang untuk sembuh dengan cepat.

Agar manfaat bisa dirasakan dengan maksimal, pastikan memilih asuransi kesehatan terbaik. Asuransi yang dimaksud haruslah memiliki prosedur klaim yang tidak bertele-tele dan mempersulit nasabah.

  • Membantu Menanggulangi Biaya Lain di Luar Ongkos Rawat inap

Jangan piker bahwa satu-satunya pengeluaran saat dirawat di rumah sakit hanyalah ongkos rumah sakit. Tak disangka-sangka, banyak hal lain yang kadang tampak sepele tapi ternyata cukup menguras keuangan. Uang makan untuk anggota keluarga yang menjaga, misalnya.

Jika dirawat selama seminggu di rumah sakit saja maka uang konsumsi yang dibutuhkan bisa mencapai ratusan ribu. Belum lagi ditambah ongkos bolak-balik dari kediaman ke rumah sakit, uang parkir, dan lain-lain yang kerap luput dari perhitungan.

Budget untuk anggota keluarga yang ditinggal di rumah jelas menjadi pengeluaran lain yang harus diperhitungkan. Keuntungan memiliki asuransi rawat inap adalah, nasabah sebagai tertanggung akan mendapatkan uang santunan yang bisa digunakan untuk membiayai berbagai hal.

Jika memang dibutuhkan, santunan rawat inap bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan di luar ongkos rawat inap. Tapi tentu saja hal itu hanya bisa dilakukan jika ada asuransi lain yang mengcover biaya pengobatan.

  • Sebagai Bentuk Proteksi Dini

Rata-rata asuransi kesehatan mengizinkan usia tertanggung minimal 6 bulan. Hal itu tentu saja bukan tanpa maksud. Keberadaan asuransi memang dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dini kepada para nasabahnya.

Tak perlu takut rugi jika terus menerus membayar premi tapi tidak pernah melakukan klaim. Selain hal itu berarti kondisi kesehatannya stabil, membayar asuransi berarti menjaga cash flow tetap stabil sekalipun tengah terjadi hal buruk.

Selain itu, asuransi kesehatan terbaik seperti Mega Hospita Investa dari PFI Mega Life mempunyai no claim bonus. Bonus tersebut adalah bonus yang diberikan ketika selama 3 tahun berturut-turut nasabah tak pernah melakukan klaim sama sekali. Adapun nominalnya mencapai 50% dari jumlah premi yang diterima perusahaan.

Keberadaan asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting di era yang serba mahal seperti sekarang ini. Tanpa asuransi, tidak akan tercipta ketenangan finansial. Hanya saja dengan pertumbuhan sektor bisnis asuransi yang semakin tinggi, nasabah perlu memilih dengan seksama mana perusahaan asuransi kesehatan terbaik yang layak pilih.

Jangan sampai keinginan untuk memproteksi diri justru mendatangkan kerugian karena tak bisa merasakan manfaat yang maksimal. Mega Hospita Investa dari PFI Mega Life adalah salah satu asuransi wajib diperhitungkan. Yuk, pelajari polis asuransinya dan miliki sesegera mungkin.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.