Proteksi

Apa Keunggulan Memiliki Asuransi Jiwa Warisan?

PFI Mega Life
 03 Agu 2021
Asuransi jiwa warisan dapat menjadi opsi warisan yang bebas sengketa dengan dana yang pasti.

Apa Keunggulan Memiliki Asuransi Jiwa Warisan?

Asuransi jiwa adalah jawaban bagi Anda untuk memberi proteksi kepada keluarga secara finansial, meskipun Anda telah meninggal. Keunggulan dari asuransi jiwa adalah kondisi keuangan keluarga Anda bisa terjamin, walaupun Anda sudah tidak ada. Dengan demikian, pendidikan anak-anak sampai kelayakan hidup keluarga dapat tetap dipertahankan.

Namun, beberapa orang masih ragu membeli produk asuransi jiwa mengingat preminya yang terbilang cukup tinggi dan risiko dana hilang apabila tidak ada klaim. Padahal, banyak jenis asuransi jiwa yang dapat meniadakan hal tersebut. Anda bisa memilih asuransi jiwa berjangka untuk nilai premi yang lebih bersahabat. Lalu untuk risiko dana premi agar tidak hilang, Anda dapat mempertimbangkan produk asuransi jiwa warisan.

Sesuai namanya, asuransi jiwa warisan adalah produk asuransi jiwa yang khusus disiapkan untuk ahli waris menerima dana manfaatnya. Dana manfaat dari asuransi jiwa warisan sendiri umumnya dipersiapkan untuk biaya pendidikan anak. Tidak terlalu banyak perusahaan asuransi yang menyediakan pilihan produk ini. PFI Mega Life adalah salah satunya.

 

Mengenal Asuransi Jiwa Warisan

Apa Keunggulan Memiliki Asuransi Jiwa Warisan?

Asuransi jiwa pada umumnya dipersiapkan untuk memberi perlindungan finansial kepada keluarga apabila pencari nafkah utama meninggal dunia. Hal ini berlaku untuk jenis asuransi jiwa apapun, tidak terkecuali pada asuransi jiwa warisan.

Lewat asuransi jiwa warisan, Anda bisa menyiapkan proteksi finansial bagi keluarga. Jadi ketika meninggal, sejumlah premi yang sudah Anda setorkan ditambah dengan bunga hasil investasinya akan diserahkan kepada keluarga.

Keunggulan asuransi jiwa warisan sendiri adalah penggabungan konsep antara keunggulan asuransi jiwa berjangka dengan asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jiwa berjangka dikenal karena kelebihannya terkait fleksibilitas polis dikarenakan masa pertanggungan yang memiliki limit waktu jangka menengah sampai panjang. Hal ini pulalah yang dapat Anda temui pula dalam asuransi jiwa warisan.

Hanya saja, asuransi jiwa berjangka sering dikeluhkan karena nilai premi cenderung tidak dapat ditarik kembali ke pemegang polis apabila masa pertanggungan habis. Artinya, uang Anda hangus. Berbeda dengan asuransi jiwa warisan yang mengambil konsep dari asuransi jiwa seumur hidup. Jika memang tidak ada klaim dan tidak terjadi sesuatu dengan pemegang polis sampai masa pertanggungan selesai, premi dapat dikembalikan.

 

Cara Kerja Asuransi Jiwa Warisan

Keunggulan asuransi jiwa warisan yang menggabungkan konsep asuransi jiwa berjangka dan seumur hidup inilah yang dapat Anda jadikan pilihan untuk memberikan proteksi finansial masa depan yang maksimal bagi keluarga yang Anda sayangi. Dengan konsep tersebut, asuransi jiwa warisan dapat menjadi investasi jangka panjang yang memberikan nilai manfaat yang optimal. Alasan-alasan inilah yang membuat asuransi jiwa warisan cocok dijadikan pilihan warisan untuk anak-anak Anda.

Mungkin terdengar unik karena warisan biasanya hadir dalam bentuk harta benda, seperti properti, kendaraan, usaha, maupun kepemilikan saham. Namun, sekarang bertambah lagi satu instrumen yang dapat menjadi warisan menarik, yaitu asuransi jiwa warisan.

Keunggulan asuransi jiwa warisan untuk dijadikan warisan adalah adanya kepastian nilai dari polis asuransi yang Anda beli. Tidak hanya itu, prosedur pemberian warisan kepada ahli waris menjadi lebih simpel dan jelas dibandingkan model warisan lainnya.

Prosedur pemberian asuransi jiwa warisan terbilang mudah karena Anda hanya perlu membeli polis asuransi ini, kemudian menyetorkan premi secara berkala dengan jumlah yang sudah disepakati. Besaran premi sendiri bergantung dengan proyeksi seberapa besar warisan yang Anda rencanakan untuk diberikan kepada ahli waris.

Nama ahli waris sendiri telah tercantum sebagai tertanggung dalam polis sehingga menghindari adanya sengketa warisan di kemudian hari. Jika premi sudah dibayarkan secara rutin, nantinya ahli waris hanya tinggal mengajukan klaim saat masa pertanggungan mendekati akhir untuk bisa mendapatkan pencairan dana yang sudah sesuai kesepakatan dalam polis.

 

Keunggulan Asuransi Jiwa Warisan

Tidak perlu ragu untuk memberikan warisan dalam bentuk asuransi kepada anak Anda. Sejumlah keuntungan asuransi jiwa warisan dapat Anda dan ahli waris peroleh sehingga tujuan finansial bersama dapat lebih mudah teraih. Berikut ini adalah beberapa keunggulan asuransi jiwa arisan yang siap menanti Anda.

1. Premi Fleksibel

Premi asuransi jiwa berjangka umumnya memiliki nilai yang lebih rendah daripada asuransi jiwa keseluruhan. Namun, ada sejumlah komponen penentu dari nilai premi tersebut, seperti usia pemegang polis, kondisi kesehatan, juga jenis pekerjaan. Premi asuransi biasanya dibayarkan tiap bulan sampai masa pertanggungan habis.

Sedikit berbeda dengan asuransi jiwa warisan. Premi asuransi jiwa ini lebih fleksibel terkait periodenya. Anda bisa memilih premi asuransi secara bulanan, tahunan, sampai pada model premi tunggal. Premi tunggal sendiri sangat dianjurkan untuk menghindari ketidakpastian kondisi keuangan, khususnya pada masa pandemi seperti saat ini.

2. Manfaat Meninggal Dunia

Manfaat utama dari asuransi jiwa tidak lain adalah manfaat meninggal dunia. Di mana ahli waris akan memperoleh sejumlah dana sebagai uang pertanggungan. Keunggulan asuransi jiwa berjangka adalah adanya manfaat tambahan selain uang pertanggungan meninggal dunia, yaitu pertanggungan cacat tetap dan sebagian sampai biaya pengobatan dan pelayanan kesehatan.

Manfaat meninggal ini ada pula dalam asuransi jiwa warisan. Umumnya, ahli waris dapat memperoleh nilai manfaat sampai dua kali lipat dari nilai premi yang sudah dibayarkan.

3. Pengembalian Premi

Tidak perlu takut akan dana yang hangus akibat tidak ada klaim selama masa pertanggungan. Masa pertanggungan asuransi jiwa warisan memang cenderung berjangka. Namun, keunggulan asuransi jiwa warisan adalah memiliki jaminan pengembalian premi, meskipun tidak ada klaim selama masa pertanggungan tersebut.

Pengembalian premi dari asuransi jiwa warisan bahkan dapat mencapai 110 persen dari nilai premi yang sudah Anda setorkan. Di PFI Mega Life sendiri, lewat produk Asuransi Mega Warisan, pengembalian premi bisa mencapai batas maksimal Rp500 juta. Bahkan ketika Anda melakukan pembatalan polis, sejumlah dana premi juga dapat dikembalikan, meskipun tidak secara keseluruhan.

4. Nilai Investasi Terencana

Tentu Anda ingin memberikan kepastian kepada ahli warisan mengenai jumlah dana warisan yang bisa diperoleh? Tidak perlu mengkhawatirkan persoalan ini ketika memilih asuransi jiwa warisan karena nilai investasi dari hasil pengembalian premi dengan klaim atau tanpa klaim dapat direncanakan.

Sebagai contoh, Anda menginginkan bisa memberikan warisan senilai Rp500 juta kepada ahli waris. Dari tujuan tersebut, pihak asuransi dapat mewujudkannya dengan menghitung premi yang setara untuk bisa memperoleh manfaat yang sesuai Anda harapkan. Akan dihitung pula berapa lama Anda mesti membayar premi dan masa pertanggungan asuransi untuk bisa mencapai rencana tersebut.

***

Tertarik memberikan warisan berupa asuransi jiwa kepada pasangan atau buah hati Anda setelah melihat sejumlah keunggulan asuransi jiwa tersebut? Anda bisa mulai menyiapkan dengan membeli polis Asuransi Mega Warisan dari PFI Mega Life.

Asuransi jiwa warisan ini memberikan jaminan pengembalian premi sampai 110 persen dari dana disetor. Bahkan Anda juga dapat memperoleh jaminan pengembalian premi akibat pembatalan sampai 70 persen.

PT PFI Mega Life Insurance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.