Proteksi

Risiko Kecelakaan mobil Tinggi, Seberapa Pentingnya Asuransi?

PFI Megalife
 16 Jul 2019
Angka kecelakaan mobil termasuk salah satu yang paling tinggi. Penyebab utamanya adalah kelalaian pengendara. Untuk itu, seberapa pentingnya kah asuransi kecelakaan mobil?

 

Kecelakaan bisa terjadi di semua tempat termasuk rumah, tempat kerja, dan tempat-tempat umum lainnya. Dari semua itu jalan raya menjadi salah satu tempat yang paling tinggi risikonya. Kecelakaan di jalan raya bisa menimpa siapa saja baik yang mengendarai motor, mobil, dan jenis kendaraan lain yang diizinkan beroperasi di jalan raya.

Angka kecelakaan mobil termasuk salah satu yang paling tinggi. Penyebab utamanya adalah kelalaian pengendara. Pengendara mobil seringkali tanpa sadar melakukan hal-hal yang bisa membahayakan. Anda tentu tak ingin masuk ke dalam kelompok pengendara yang tanpa sadar bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain tersebut.

Kenali pengertian asuransi dan istilah-istilah di dalamnya.

Perilaku apa sajakah yang sebenarnya bisa menyebabkan kecelakaan mobil?

 

  • Bermain Gadget

Sudah sangat banyak peringatan bahwa menggunakan gadget saat berkendara adalah perilaku yang membahayakan. Sayangnya tak banyak orang benar-benar mengindahkan peraturan tersebut. Berita kecelakaan karena menggunakan gadget saat berkendara masih sering terdengar.

Menggunakan gadget saat berkendara sangat berbahaya karena dapat memecah konsentrasi. Seperti diketahui konsentrasi adalah hal yang sangat penting ketika berkendara. Jika konsentrasi terpecah maka risiko kecelakaan bukan hanya mengancam diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lain.

Jika Ada hal yang sangat darurat dan mengharuskan Anda menggunakan gadget, sebaiknya Anda menepi terlebih dahulu. Anda dapat pula menggunakan gadget saat berhenti di lampu merah, namun pastikan tetap fokus saat lampu sudah kembali hijau.

  • Memaksakan Diri Berkendara Saat Mengantuk

Tak bisa dipungkiri bahwa penyebab utama kecelakaan mobil adalah kelalaian dari pengendara. Kelalaian salah satunya bisa disebabkan oleh kondisi pengendara yang kurang fit pada saat berkendara. Karena itulah tak dianjurkan untuk memaksakan diri berkendara.

Kondisi kurang fit yang dimaksud bisa terjadi ketika pengendara sakit, dan bisa pula terjadi ketika pengendara mengantuk. Jika berkendara jauh usahakan untuk menepi saat merasa lelah. Walau Anda merasa masih sanggup menahan, ada risiko Anda mengalami micro sleep. Micro sleep adalah keadaan di mana Anda tertidur selama seper sekian detik tanpa sadar.

  • Mendengarkan Musik dalam Volume Terlalu Keras

Mendengarkan musik kerap menjadi pilihan untuk menemani perjalanan menggunakan mobil. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa pengendara harus tetap awas terhadap sekitar. Maka dari itu dilarang memutar musik dengan terlalu keras.

Memutar musik dengan volume terlau keras bisa membuat pengendara kurang awas terhadap kondisi di sekitarnya. Sebagai contoh, saat memutar musik terlalu keras pengendara mungkin tak bisa mendengar klakson peringatan dari pengendara lain. Itu bisa sangat berbahaya jika klakson yang diberikan adalah tanda adanya kecelakaan. Putarlah musik dengan volume secukupnya saja.

  • Tidak Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Anda pasti pernah menemukan orang yang menambah kecepatan saat lampu lalu lintas berwarna kuning sudah hampir berubah jadi merah. Padahal hal itu adalah hal yang membahayakan.

Selain lampu kuning masih banyak aturan lalu lintas yang sering dilanggar. Karena sering dilakukan berulang banyak orang menganggap pelanggaran-pelanggaran kecil tersebut adalah hal yang wajar. Kebiasaan itulah yang harus dihilangkan karena bagaimanapun melanggar lalu lintas selalu bisa menyebabkan kecelakaan.

Batasan kecepatan menjadi hal lain yang harus dipatuhi. Usahakan untuk tidak melebihi batas kecepatan di area yang Anda lewati. Usahakan juga untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan Anda agar tak terjadi kecelakaan jika kendaraan di depan berhenti mendadak.

Seberapa Pentingkah Asuransi untuk Pemilik Mobil

 

Kecelakaan mobil memang bisa terjadi kapan saja, itulah mengapa memiliki asuransi sangat penting. Tapi memberikan perlindungan tambahan saat terjadi kecelakaan bukan satu-satunya manfaat dari asuransi. Manfaat asuransi untuk pemilik mobil antara lain:

  • Perlindungan Ketika Mobil Dicuri

Tak hanya memberikan perlindungan tambahan saat mobil mengalami kerusakan, asuransi bisa pula memberikan perlindungan tambahan jika kendaraan hilang akibat dicuri. Nantinya asuransi akan membantu proses pencarian atau memberikan uang penggantian sesuai apa yang sudah disepakati di awal. Cek juga perlindungan kecelakaan kerja.

  • Menjadi Bentuk Dana Darurat

Jika sewaktu-waktu terjadi hal yang diinginkan dengan kendaraan Anda, Anda bisa mengklaim dana asuransi untuk menanggulangin. Inilah keuntungan lain dari asuransi, menjadi bentuk lain dari dana darurat sehingga kondisi finansial Anda tak perlu terganggu untuk perbaikan mobil dan lain-lain.

Selain memberikan perlindungan dari kecelakaan mobil dan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, asuransi memang kendaraan memang memberikan manfaat yang besar. Kini tentu Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa memiliki asuransi sangat penting.

Pilihlah penyedia asuransi yang menawarkan berbagai layanan prima untuk Anda dan kendaraan Anda. Miliki asuransi kendaraan sedini mungkin. Anda tentu tak mau disadarkan akan manfaat asuransi oleh terjadinya kerusakan atau kecelakaan mobil, bukan?

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.