Proteksi

Cara Memilih Asuransi dengan Baik

PFI Mega Life
 01 Nov 2019
Buruknya kualitas udara bisa menyebabkan banyak penyakit. Lindungi diri dengan asuransi kesehatan yang tepat agar semua tetap terkendali ketika jatuh sakit.

Hidup di kota besar seperti Jakarta memang penuh risiko. Risiko kejahatan merupakan satu hal yang pasti dan terlihat setiap hari. Namun ada satu hal yang lebih mengkhawatirkan dan tak selalu terlihat secara kasat mata. Risiko yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan masalah kesehatan

Saat ini kota besar seperti Jakarta memang tak ramah bagi kesehatan. Salah satu faktornya adalah buruknya kualitas udara yang ada. Beberapa waktu lalu Jakarta pernah menjadi kota paling berpolusi di dunia versi Air Visual. Kualitas udaranya tergolong sangat tidak sehat.

Fakta di atas bukanlah fakta yang mengejutkan jika melihat aktivitas yang setiap hari berlangsung di Jakarta. Jumlah kendaraan yang melaju di atas jalanan Jakarta setiap harinya sudah sangat tidak ideal. Belum lagi kendaraan nakal tak lulus uji emisi yang gas buangnya jauh lebih kotor dan mencemari udara. 

Kegiatan industri yang banyak berlangsung di Jakarta dan daerah sekitarnya juga turut menyebabkan buruknya kualitas udara di ibu kota. Efeknya jelas terasa. Ketika sinar matahari sedang tak terlalu terik sekalipun masyarakat Jakarta tetap mengeluhkan udara yang terasa panas cenderung pengap. 

Menghabiskan waktu cukup banyak di luar ruangan tanpa masker di Jakarta bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Banyak sekali penyakit yang bisa muncul, dan kebanyakan di antaranya adalah penyakit yang cukup parah hingga membutuhkan tindakan intensif seperti rawat inap.

 

Risiko Penyakit Karena Buruknya Kualitas Udara

 

Beberapa penyakit yang bisa muncul karena buruknya kualitas udara di kota-kota besar antara lain adalah:

  • ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

ISPA merupakan penyakit yang cukup banyak menyerang masyarakat di kota-kota besar yang kualitas udaranya buruk. Tingkat penyebaran ISPA jadi cukup tinggi jika mengingat pernyataan WHO yang menyebutkan bahwa setiap tahunnya ada 7 juta kematian yang disebabkan oleh buruknya kualitas udara. 

ISPA ditandai dengan batuk, pilek, dan demam. Tentunya kesembuhan gejala ini tak semudah batuk dan pilek pada penyakit batuk dan flu biasa. Penyakit ini juga mudah menular dan pasti akan sangat mengganggu kenyamanan penderitanya. Kesembuhan bisa diperoleh dengan mendapat penanganan dan obat dari ahlinya. 

  • Bronkhitis

Bronkitis adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh peradangan pada paru-paru, khususnya bagian bronkus. Peradangan sendiri bisa diakibatkan oleh virus yang menyebar melalui udara atau buruknya kualitas udara itu sendiri. 

Gejala bronkitis antara lain adalah nyeri dada, stamina menurun (mudah merasa lelah), mual dan muntah, hingga diare. Gejala ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu, apalagi jika tidak mendapatkan tindakan medis yang tepat. 

  • Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit kritis yang bisa diakibatkan oleh buruknya kualitas udara, apalagi jika ditambah dengan paparan asap rokok dan faktor genetik. Masyarakat yang hidup di tengah kualitas udara buruk harus benar- benar waspada terhadap penyakit yang satu ini. 

Pada tahun 2015, kanker paru menjadi jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Gejala yang ditunjukkan berupa batuk yang berkelanjutan dan mengeluarkan darah, sesak nafas, rasa nyeri di dada, dan lain-lain. 

Pengobatan kanker paru-paru memakan waktu cukup lama dan pastinya menguras banyak biaya, terlebih jika tak dibantu asuransi kesehatan terbaik. Semakin dini deteksi maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh. 

 

Pentingnya Memproteksi Diri dengan Asuransi Kesehatan Terbaik

 

Selain ketiga penyakit yang sudah disebutkan di atas, masih banyak penyakit serius lain yang mengancam akibat buruknya kualitas udara di wilayah yang ditinggali. Gaya hidup masyarakat perkotaan yang cenderung abai pada kesehatan menjadi hal lain yang bisa memicu datangnya berbagai penyakit. 

Semua hal itu membuat keberadaan asuransi kesehatan, baik asuransi kesehatan keluarga, rawat inap, maupun asuransi jiwa, jadi berkali-kali lebih penting. Setiap orang perlu memiliki asuransi kesehatan terbaik sebagai bentuk proteksi diri, dana darurat tambahan, dan juga untuk mendapatkan manfaat yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya. 

Manfaat memiliki asuransi memang cukup banyak. Manfaatnya antara lain adalah:

  • Mengurangi Risiko Finansial

Sering kali perencanaan keuangan yang sudah dilakukan sebaik-baiknya harus gagal karena terjadi sesuatu yang di luar dugaan seperti jatuh sakit. Misalnya uang tabungan yang seharusnya bisa dipakai berinvestasi atau membeli kebutuhan lain justru terpakai untuk berobat. 

Keberadaan asuransi kesehatan keluarga akan meminimalisir hal tersebut. Jika pemegang polis masuk rumah sakit, misalnya, jenis asuransi tertentu siap menanggulangi sebagian besar atau bahkan seluruh biayanya. Dengan demikian kondisi keuangan tetap aman terjaga. 

  • Bisa Menjadi Bentuk Lain dari Investasi 

Beberapa jenis asuransi kesehatan terbaik bisa sekaligus dijadikan pilihan untuk berinvestasi. Memilih asuransi ini akan membuat pemegangnya merasakan manfaat 2 kali lipat. Pilihan seperti ini juga sekalian bisa dijadikan solusi bagi Anda yang bingung menentukan produk investasi apa yang paling sesuai untuk diambil. 

Jika berniat untuk mengambil asuransi semacam ini maka pemilihan produk dan perusahaan asuransinya harus sangat jeli. Ketidakjelian dalam memilih bisa mengakibatkan keuntungan yang didapat tidak maksimal atau bahkan mengalami kerugian. 

  • Bisa Menjadi Bentuk Lain dari Dana Darurat

Bayangkan jika suatu hari Anda harus menjalani rawat inap namun sama sekali sedang tak punya dana untuk menanggulangi segala biaya, baik biaya rumah sakit maupun biaya sehari-hari. Memang tak dipungkiri bahwa tak semua orang punya kesadaran untuk menyiapkan dana darurat guna mengantisipasi hal semacam ini. 

Memiliki produk asuransi kesehatan yang tepat, misalnya asuransi rawat inap, akan menghindarkan Anda dari risiko semacam ini. Kini apa pun kondisi darurat terkait kesehatan tak perlu lagi dikhawatirkan karena ada asuransi yang siap menanggulanginya. 

Baca Juga: Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik dan Mengapa Anda Perlu Memilikinya

Cara Memilih Asuransi yang Tepat 

 

Selama Anda memilih produk dan perusahaan yang tepat, memiliki asuransi kesehatan memang banyak sekali manfaatnya. Karena itulah sebelum menjatuhkan pilihan sangat penting untuk mempertimbangkan banyak hal. Berikut adalah cara memilih asuransi kesehatan yang tepat:

  • Tentukan Jenis Asuransi yang Dibutuhkan

Langkah paling awal yang harus dilakukan sebelum membeli asuransi adalah menentukan asuransi seperti apa yang dibutuhkan. Atas dasar kebutuhan itulah Anda dapat memilih produk asuransi yang tepat.

  • Perhatikan dengan Seksama Kebijakan yang Tertera di Dalam Polis

Dalam asuransi, nasabah dan perusahaan penyedia asuransi sama-sama memiliki hak dan kewajiban. Pastikan Anda sudah memahami semuanya dengan baik dan tidak ada yang merugikan atau memberatkan Anda.

Perhatikan juga manfaat apa saja yang akan diterima. Pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan. Anda tentu tak mau membeli asuransi yang terasa sia-sia karena tidak sesuai kebutuhan, bukan?

 

Baca Juga: Beberapa Tips Memilih Asuransi Keluarga

  • Perhatikan Kredibilitas Perusahaan yang Dipilih

Jangan mempertaruhkan perlindungan diri Anda dan keluarga dengan memilih perusahaan asuransi yang kredibilitasnya belum terjamin. Cari tahu review dari pengguna sebelumnya di internet, pastikan penilaian yang baik lebih banyak dari yang buruk.

Anda juga perlu memerhatikan daftar rumah sakit yang bekerja sama. Pastikan Anda bisa mendapatkan pelayanan dengan mudah dan proses klaimnya juga tidak berbelit-belit. Satu hal yang tak kalah penting ialah memastikan perusahaan asuransi yang dipilih terdaftar di OJK.

  • Perhatikan Fleksibilitas Perusahaan

Urutan prioritas dalam hidup mungkin saja akan mengalami perubahan. Jika Anda hendak mengambil produk asuransi jangka panjang, misalnya asuransi jiwa, pastikan Anda memilih yang memiliki kebijakan fleksibel. 

Maksud dari kebijakan yang fleksibel adalah tidak menyulitkan Anda jika ingin berhenti atau meningkatkan nilai asuransi. Hal seperti ini benar-benar harus diperhatikan sejak sebelum penandatanganan polis. 

 

PFI Mega Life merupakan salah satu perusahaan yang sudah memenuhi ketiga syarat di atas. Kebijakan yang tertera sangat jelas. Nasabah akan merasakan manfaat yang besar dari setiap produk yang dipilih. Besarnya premi yang harus dibayarkan juga bisa disesuaikan dengan kondisi finansial yang ada. 

Nasabah tak perlu mengkhawatirkan masalah kemudahan klaim dan fleksibilitas. Mulai dari produk asuransi kesehatan seperti Mega Hospital Investa hingga asuransi jiwa seperti Mega Prima Link semuanya sangat mudah untuk diklaim. Kini tak ada alasan lagi untuk tak melengkapi proteksi diri. 
 

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.