Proteksi

Cara Jitu Memilih Asuransi Jiwa

PFI Mega Life
 20 Mar 2022
Masih banyak kalangan masyarakat yang belum memahami pentingnya memiliki asuransi jiwa. Padahal dengan memiliki asuransi jiwa dapat menghindari dari resiko finansial yang bisa saja terjadi. Untuk mengetahui lebih lanjut memilih asuransi jiwa ikuti info berikut ini.

Saat ini masih banyak yang menganggap asuransi itu tidak penting, hal ini bisa saja terjadi karena masih kurangnya literasi dan pemahaman asuransi di dalam masyarakat sekarang ini.

Pemahaman pentingnya asuransi terutama asuransi jiwa perlu ditingkatkan kembali. Karena dengan memiliki asuransi, maka orang tersebut akan mendapatkan proteksi dan manfaat lain dari asuransi.

Memiliki asuransi jiwa masih di anggap tidak penting bagi di kalangan masyarakat, karena dianggap menghabiskan pendapatan bulanan seseorang. 

Padahal dengan memiliki asuransi jiwa maka orang tersebut dapat menghindari resiko finansial saat pemberi nafkah dalam keluarga tersebut meninggal dunia. Dengan memiliki asuransi maka keluarga tersebut akan terhindar dari krisis finansial dan anggota keluarga yang ditinggalkan akan aman secara finansial.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Banyak perusahaan asuransi yang bermunculan. Untuk itu diperlukan ketelitian dalam memilih asuransi jiwa terbaik di tahun ini. Supaya lebih memahami dan memilih asuransi jiwa terbaik untuk kamu dan keluarga, simak terus artikel berikut ini.

Memahami Kebutuhan Asuransi Jiwa

Untuk pemahaman di awal bisa di mulai dari pengertian dahulu, perlu kamu ketahui asuransi jiwa adalah suatu produk dari perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung ketika terjadi meninggal dunia. 

Perlindungannya berupa uang yang diberikan kepada pihak yang telah ditentukan, pada umumnya pihak keluarga.

Jika tertanggung merupakan pencari nafkah, maka keluarga yang ditinggalkan tidak perlu khawatir akan mengalami kehilangan pendapatan karena pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan polis yang sudah disepakati di awal pembelian asuransi.

Ketika sudah memahami pengertian asuransi jiwa, setelah itu kamu bisa mempertimbangkan kebutuhan asuransi jiwa yang cocok dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Memahami Manfaat Asuransi Jiwa

Setelah mengetahui asuransi jiwa yang cocok dengan kebutuhan, berikutnya kamu perlu memahami manfaat apa saja dari produk asuransi jiwa dan besaran uang pertanggungan. Kamu juga bisa membandingkan manfaat produk asuransi jiwa antara perusahaan asuransi.

Pada umumnya, semakin besar premi yang dibayarkan semakin banyak manfaat yang diterima tertanggung. Untuk itu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke pihak asuransi mengenai manfaat produk asuransi jiwa yang didapat. 

Jangan sampai karena tidak teliti atau kurang paham mengenai manfaat bisa terjadi kesalahpahaman diantara kedua belah pihak. Telitilah dalam memahami manfaat asuransi jiwa.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Ketika sudah memilih asuransi jiwa yang tepat, selanjutnya kamu akan berkomitmen untuk melakukan pembayaran premi secara berkala, pada umumnya premi asuransi bisa dibayarkan bulanan, pertiga bulan, per enam bulan atau bahkan langsung satu tahun. 

Ada banyak pilihan periode waktu saat membayarkan asuransi untuk itu kamu juga perlu mempelajarinya dan sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu. 

Cari Tahu Mengenai Perusahaan Asuransi

Cara jitu berikutnya dalam memilih asuransi jiwa adalah dengan mempelajari track record perusahaan asuransi yang ingin kamu pilih produk asuransi jiwanya. 

Pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki kredibilitas yang baik di mata masyarakat. Untuk memastikannya bisa dengan mencari tahu apakah perusahaan tersebut pernah mendapatkan penghargaan atau meraih pencapaian tertentu. 

Selanjutnya pastikan juga perusahaan asuransi jiwa tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki Risk Based Capital sesuai ketentuan yang ada.

Pilih Agen Asuransi dengan Lisensi

Cara berikutnya ketika memilih asuransi jiwa yaitu dengan memilih agen asuransi terbaik. Perlu diketahui tidak semua agen asuransi yang menawarkan asuransi kepadamu adalah agen resmi dari perusahaan asuransi. Karena ada agen yang berlaku sebagai perantara atau broker saja.

Untuk mendapatkan agen asuransi yang terbaik, pastikan agen tersebut memiliki lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Agen yang memiliki lisensi dapat bertanggung jawab ketika kamu mengalami kesulitan administrasi atau kendala saat melakukan klaim.

Memahami Polis Asuransi

Cara jitu terakhir saat memilih asuransi jiwa adalah memahami polis asuransi yang kamu dapatkan. Seringkali ketika sudah membeli asuransi jiwa kita abai akan polis apa saja yang tertera.

Untuk itu perlu mempelajari ulang polis yang diberikan, karena ketika memiliki asuransi kita juga memiliki kontrak yang tergolong tidak sebentar. Jadi diperlukan ketelitian saat mempelajari polis.

Jika ada poin atau detail yang kamu kurang paham, bisa langsung kamu tanyakan ke agen asuransi yang menawarkan asuransi jiwa tersebut. 

Jadi ketika memilih asuransi jiwa pastikan memahami asuransi jiwa tersebut dan pilih yang memberikan banyak manfaat dan perlindungan untuk kamu serta keluarga. Salah satu asuransi jiwa yang dapat memberikan banyak manfaat dan perlindungan adalah Asuransi Mega Warisan dari PFI Mega Life. 

Asuransi Mega Warisan sendiri merupakan produk asuransi jiwa berjangka yang dapat memberikan perlindungan terhadap resiko meninggal dunia baik karena kecelakaan ataupun bukan karena kecelakaan serta bisa melakukan pengambilan premi pada akhir kontrak asuransi. 

Untuk lebih jelas mengenai Asuransi Mega Warisan kamu bisa langsung mendapatkan informasi dengan mengisi formulir di bawah artikel ini.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.