Proteksi

Bijak Belanja di Akhir Tahun Agar Tetap Punya Tabungan

PFI Mega Life
 24 Des 2019
Diskon memang sering membuat kalap. Tapi jangan lupa untuk mengontrol pengeluaran, memikirkan tabungan dan invetasi, serta melindungi diri dengan asuransi.

Akhir tahun selalu menjadi waktu yang dinantikan banyak orang. Banyak momen penting terjadi di akhir tahun, misalnya saja natal dan tahun baru. Momen itu biasanya dimanfaatkan untuk pergi berlibur atau sekedar berkumpul menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Hal berikutnya yang tak kalah menarik di akhir tahun adalah diskon yang berlimpah, baik untuk belanja online maupun offline. Tak jarang diskon ini membuat orang kalap, bahkan hingga rela mengambil tabungan demi memperoleh barang incaran dengan harga jauh lebih murah. 

Survey yang dilakukan We Are Social pada tahun 2018 menyebutkan bahwa 40% pengguna internet di Indonesia gemar melakukan belanja online. Kegemaran tersebut disebabkan adanya iming-iming diskon, cashback dan promo lain. 

Padahal dilihat dari sisi manapun berburu diskon di platform online tetap dikategorikan sebagai pengeluaran. Menganggapnya sebagai bentuk penghematan adalah sesuatu yang salah kaprah. 

Perilaku seperti di atas sebaiknya dihindari. Ketika ingin berbelanja dengan memanfaatkan diskon di akhir tahun usahakanlah untuk tetap mengeluarkan uang dengan bijak. Anda tentu tak ingin memulai tahun yang baru dengan kondisi keuangan yang berantakan dan tak punya tabungan, bukan?

 

Tips Bijak Berbelanja Tanpa Mengganggu Tabungan

 

Godaan belanja di akhir tahun dimulai dengan 12.12. Hampir semua market place berlomba-lomba menawarkan diskon dengan jumlah yang fantastis. Godaan masih berlanjut dengan diskon natal dan diskon akhir tahun. Berikut beberapa tips agar Anda bisa berbelanja dengan bijak di tengah banyaknya godaan diskon:

  • Pahamai Kebutuhan dan Keinginan

Banyak orang memanfaatkan diskon akhir tahun untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin memenuhi keinginan menggunakan diskon tersebut. 

Tapi Anda harus bijak memilah antara kebutuhan dan keinginan. Bila memungkinkan utamakan untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Memenuhi kebutuhan menggunakan diskon akhir tahun bisa menghemat pengeluaran Anda sehingga kelebihan budgetnya bisa menjadi tabungan. 

Ketika ingin memanfaatkan diskon akhir tahun untuk memenuhi keinginan usahakan untuk tidak kalap. Ada baiknya sebelum berburu diskon Anda sudah menentukan barang apa yang ingin dibeli. Konsistenlah dengan hanya membeli barang itu dan tidak membeli barang yang lainnya. 

  • Batasi Pengeluaran

Cara berikutnya yang bisa dilakukan sebagai tips bijak berbelanja adalah dengan membatasi pengeluaran. Sebelum mulai berbelanja tetapkan berapa jumlah maksimal yang boleh dikeluarkan, baik untuk  memenuhi kebutuhan maupun keinginan. 

Ingatlah bahwa di awal tahun masih ada pengeluaran lain yang harus dipikirkan. Berganti tahun identik pula dengan kenaikan berbagai harga dan biaya, termasuk untuk urusan kesehatan. Mengingat hal tersebut mungkin tak ada salahnya jika Anda mulai mempertimbangkan untuk punya asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis. 

Keberadaan asuransi akan membuat Anda semakin terlindungi di tahun baru. Jadi Anda bisa fokus memenuhi resolusi tahun depan tanpa perlu mengkhawatirkan banyak hal yang mungkin bisa jadi penghambat. 

  • Usahakan untuk Tidak Mengambil Uang Tabungan

Meskipun berbagai diskon di akhir tahun tampak menggoda, sebaiknya berbelanjalah sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan Anda, apalagi jika ternyata barang-barang yang dibeli bukanlah barang yang terlalu dibutuhkan. 

Alih-alih menggunakan hasil Anda menabung sekian lama untuk sesuatu yang konsumtif, menuju tahun yang baru sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menyimpan uang dalam bentuk lain. Tak ada salahnya memasukkan investasi jangka pendek, jangka panjang, dan lain-lain ke dalam resolusi tahun baru Anda. Sisihkan pendapatan Anda di tahun ini untuk memulainya di tahun depan. 


Baca Juga: Sayangi Tubuhmu, Begini Pentingnya Asuransi Penyakit Kritis

 

Tahun Baru, Jenis Tabungan Baru

 

Puas berbelanja dengan diskon akhir tahun, kini waktunya kembali merapikan kondisi finansial Anda. Jika selama ini Anda hanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan biasa, di tahun yang baru waktunya mempertimbangkan jenis yang baru pula. 

Pilihlah jenis simpanan yang membuat uang Anda jadi lebih produktif dan tidak tergerus inflasi. Berikut adalah beberapa yang mungkin cocok untuk Anda di tahun baru:

  • Tabungan Berjangka

Jenis simpanan yang satu ini akan membantu mengamankan uang Anda dari penggunaan yang tidak perlu. Pasalnya pada tabungan berjangka, uang baru akan bisa digunakan setelah jatuh tempo. Adapun temponya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika Anda memilih jenis tabungan yang satu ini maka ada uang yang harus disetorkan ke bank setiap bulannya. Besaran uangnya tetap dan sudah ditentukan sejak awal pembukaan rekening. Keuntungan dari memilih jenis tabungan yang satu ini adalah bunganya yang lebih besar dari jenis tabungan biasa. 

  • Tabungan Emas

Jenis simpanan yang satu ini tengah banyak digandrungi, baik oleh anak-anak muda maupun bagi mereka yang sudah mapan secara finansial. 2 keunggulan jenis simpanan yang satu ini antara lain adalah tingkat keamanannya yang lebih tinggi dan nilainya yang tak akan tergerus inflasi. 

Tabungan emas masih memiliki banyak keunggulan lain. Dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki tak heran bila banyak orang memilh menggunakan emas sebagai tabungan sekaligus investasi. 

Saat ini ada banyak sekali lembaga keuangan yang memfasilitasi nasabahnya untuk memanfaatkan emas sebagai tabungan dan bentuk investasi. Salah satu yang cukup banyak memberikan kemudahan adalah Pegadaian. Anda bisa menyicil emas untuk kemudian dicairkan ketika sudah sampai berat minimum. 

  • Investasi Jangka Pendek

Selain tabungan, memikirkan investasi sejak dini juga merupakan sesuatu yang penting. Bila Anda masih awam dalam hal investasi, mulailah dari yang ringan dan berjangka pendek. Investasi jangka pendek yang saat ini banyak digandrungi salah satunya adalah reksadana. 

Selain reksadana Anda juga bisa belajar untuk bermain saham. Agar terhindar dari kerugian, cobalah pahami mekanismenya sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang Anda. 

Jika serius menekuni jenis investasi yang satu ini Anda juga bisa mengikuti aneka kursus online yang saat ini sudah banyak tersedia. Pastikan Anda memahami semua risiko yang ada serta paham betul bagaimana meminimalisirnya. 

 

Lindungi Semua Resolusi dengan Asuransi Penyakit Kritis

 

Setelah tahu bagaimana membelanjakan uang dengan bijak serta jenis tabungan apa yang sebaiknya dimiliki, Anda juga perlu tahu pentingya memiliki asuransi dalam menunjang perencanaan keuangan yang ada. Asuransi merupakan salah satu hal penting yang tak bisa diabaikan. 

Tingginya biaya kesehatan dewasa ini pasti membuat setiap orang khawatir jatuh sakit. Terlebih jika penyakit yang diderita tergolong ke dalam penyakit kritis yang pengobatannya memerlukan banyak biaya. Pada kondisi tersebutlah asuransi penyakit kritis terbaik akan mengambil peranan. 

Asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi yang khusus memberikan manfaat jika pemegang polis terdiagnosa dengan penyakit kritis untuk pertama kalinya. Uang pertanggungan yang diterima pasti akan sangat berguna untuk membiayai pengobatan sehingga keuangan keluarga tak langsung terguncang. 

PFI Mega Life akan segera merilis asuransi penyakit kritis untuk melindungi nasabahnya jika suatu saat terdiagnosa dengan penyakit kritis. Penyakit yang dicover ada 10 termasuk di antaranya kanker dan jantung. 


Baca Juga: Investor Pemula, Belajar dari 5 Tips Ini

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.