Proteksi

10 Fakta Tentang Biaya Asuransi Kesehatan 2021

PFI Mega Life
 25 Mar 2021
Biaya asuransi kesehatan setiap orang berbeda-beda. Apa alasan di balik perbedaan itu dan apa pengaruhnya terhadap manfaat yang diberikan asuransi kesehatan?

10 Fakta Tentang Biaya Asuransi Kesehatan 2021

Kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan masih rendah. Salah satu faktor yang kerap membuat ragu adalah biaya asuransi kesehatan. Ada yang bilang, membayar premi setiap bulan selama bertahun-tahun, tanpa kepastian penggunaan manfaat asuransi bukanlah tindakan yang menguntungkan. Alih-alih dipakai untuk membayar biaya premi asuransi kesehatan, sebagian orang bilang dana tersebut sebaiknya dialokasikan untuk keperluan lain.

Padahal, asuransi kesehatan merupakan salah satu alat perlindungan paling mendasar. Faktanya, setiap orang memiliki risiko untuk sakit, dan kapan risiko itu datang tidak bisa diduga. Bisa saja hari ini Anda sehat, lalu beberapa hari kemudian mengalami gangguan pencernaan, sakit kepala, batuk, nyeri otot atau yang lain.

Selain itu, penyakit menular seperti influenza, tipus, dan demam berdarah juga kerap mengintai. Bila lingkungan tempat Anda beraktivitas kurang higienis atau orang-orang di dekat Anda sakit batuk atau flu, Anda pun berpotensi untuk tertular.

Saat Anda sakit, Anda harus berobat ke dokter atau rumah sakit. Masalahnya, biaya berobat tidak selalu terjangkau. Bila Anda hanya menderita penyakit yang termasuk sederhana, biaya yang dikeluarkan kemungkinan tidak besar.

Namun, bila penyakit Anda membutuhkan konsultasi dokter spesialis, obat yang banyak atau mahal, pemeriksaan medis atau bahkan harus menjalani rawat inap, biaya yang dibutuhkan tentu bisa naik berlipat-lipat. Belum lagi, biaya kesehatan di Indonesia umumnya naik 10%–15% setiap tahun, sementara pendapatan belum tentu mengalami kenaikan tiap tahun.

Nah, asuransi kesehatan berfungsi meringankan beban Anda saat risiko tersebut terjadi. Akibatnya, Anda tidak harus mendadak mengeluarkan uang tunai dalam jumlah besar atau pusing mencari sumber dana untuk membayar biaya pengobatan. Dengan adanya proteksi dari asuransi kesehatan, kehidupan dan kesejahteraan Anda dan keluarga pun tidak akan terganggu oleh masalah kesehatan.

Jadi, bila ada yang bilang harga asuransi kesehatan itu mahal, sebenarnya tidak benar karena manfaat yang Anda peroleh pun sangat besar. Anda dapat terhindar dari risiko kerugian finansial, mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan memadai, serta dapat lebih tenang menjalani hidup.

Agar tidak terjebak ke dalam informasi yang keliru, ketahui dulu 10 fakta tentang cakupan manfaat dari biaya asuransi kesehatan berikut.

10 Fakta Tentang Biaya Asuransi Kesehatan 2021

1.  Manfaat asuransi kesehatan

Seperti sudah dijelaskan di atas, asuransi kesehatan bertujuan memberikan perlindungan atas risiko masalah kesehatan. Jenis perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan beragam, mulai dari perlindungan biaya konsultasi dengan dokter, biaya obat, biaya cek kesehatan, biaya rawat inap, biaya rawat jalan pra- dan pascarawat inap, biaya tindakan medis seperti operasi, dan lain-lain.

 

2.  Disesuaikan dengan kebutuhan

Anda dapat memilih manfaat apa yang ingin Anda peroleh dari asuransi kesehatan. Pemilihan ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda termasuk mudah sakit sehingga kemungkinan untuk melakukan rawat jalan cukup besar. Maka, Anda perlu membeli asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan yang optimal.

Namun, bila Anda memiliki penyakit tertentu yang membuat kemungkinan Anda dirawat inap lebih besar, maka Anda perlu memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap lebih tinggi. Begitu pula bila Anda memiliki risiko atas penyakit kritis, maka Anda perlu melengkapi manfaat dari asuransi kesehatan dengan asuransi penyakit kritis.

 

3.  Disesuaikan dengan kemampuan

Untuk bisa mendapatkan proteksi asuransi kesehatan, Anda cukup membayar premi secara berkala yang jumlahnya disepakati bersama dengan perusahaan asuransi. Besaran premi ini dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda agar tidak membebani pengeluaran rutin. Umumnya, Anda cukup menyisihkan 5%–10% dari pendapatan bulanan untuk membayar premi asuransi kesehatan.

Jangan lupa untuk menyesuaikan juga antara besar premi dengan manfaat perlindungan yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda tetap dapat merasakan manfaat asuransi kesehatan dengan harga asuransi kesehatan yang terjangkau.

 

4.  Semakin cepat, semakin baik

Ya, membeli asuransi kesehatan lebih dini disebut lebih baik karena premi yang harus Anda bayar akan lebih rendah. Penilaian ini berdasarkan risiko masalah kesehatan yang umumnya lebih tinggi seiring dengan pertambahan usia. Semakin bertambah usia, risiko terkena penyakit kronis dan kritis akan semakin besar, sehingga biaya kesehatan yang harus dikeluarkan untuk pengobatannya pun lebih besar.

 

5.  Praktisnya sistem cashless

Salah satu kelebihan memiliki asuransi kesehatan adalah tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun saat berobat di rumah sakit rekanan asuransi Anda. Mekanisme ini disebut sistem cashless. Anda cukup memperlihatkan kartu keanggotaan asuransi, dan biaya berobat Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sangat praktis, bukan?

 

6.  Membeli asuransi kesehatan secara online lebih murah

Membeli asuransi kesehatan secara online berarti semua proses, mulai dari aplikasi, pengecekan, hingga transaksi dilakukan secara online. Anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu mendatangi bank atau agen asuransi.

Biaya asuransi kesehatan yang dibeli secara online dianggap lebih murah daripada pembelian secara langsung karena ada pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur. Anda pun bisa mendapatkan asuransi dengan premi lebih murah.

 

7.  Terbantu oleh sistem reimbursement

Asuransi kesehatan tetap dapat digunakan di rumah sakit yang bukan rekanan perusahaan penyedia asuransi Anda. Namun, pembayaran pada rumah sakit non-rekanan biasanya menggunakan mekanisme reimbursement atau penggantian dana.

Dengan sistem reimbursement, Anda akan membayar terlebih dahulu biaya pengobatan, lalu Anda dapat mengajukan klaim ke perusahaan asuransi untuk mengganti biaya tersebut. Dengan begitu, Anda tetap terhindar dari risiko kerugian akibat sakit.

 

8.  Terhindar dari kerugian finansial

Untuk menghindari risiko sakit, Anda perlu mempraktikkan gaya hidup sehat. Untuk menghindari risiko kerugian finansial akibat sakit, Anda memerlukan asuransi kesehatan.

Pada prinsipnya, asuransi kesehatan bekerja dengan cara mengalihkan risiko dari tertanggung (Anda sebagai pemegang polis) kepada penanggung (perusahaan asuransi). Saat harus membayar biaya berobat yang sangat besar, Anda berisiko mengalami kerugian finansial bila tidak memiliki dananya. Dengan asuransi kesehatan, risiko kerugian tersebut dialihkan kepada perusahaan asuransi yang akan membayarkan terlebih dahulu biaya pengobatan Anda.

 

9.  Manfaat berlaku selama polis aktif

Polis aktif artinya Anda tidak pernah ingkar atau telat membayar premi setiap bulan. Bila polis aktif, Anda dapat merasakan manfaat asuransi kesehatan kapan saja dan di mana saja Anda membutuhkannya. Sebaliknya, bila Anda telat membayar premi, status kepesertaan Anda dapat ditangguhkan sementara atau bahkan diblokir.

 

10.  Nilai pertanggungan bervariasi

Karena kebutuhan setiap orang tidak sama, maka biaya asuransi kesehatan tiap orang pun bisa berbeda juga. Perbedaan harga asuransi kesehatan akan berpengaruh pada biaya pertanggungan yang akan Anda dapatkan.

Batas maksimal biaya pertanggungan asuransi kesehatan disebut plafon. Semakin tinggi biaya premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan, semakin tinggi pula plafon asuransi Anda, dan semakin luas pula cakupan perlindungan yang ditanggung perusahaan asuransi. Dengan kata lain, kemungkinan Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya kesehatan jadi semakin kecil.

Sebaik-baiknya perlindungan, yang paling baik adalah pencegahan. Pastikan Anda selalu menjalani gaya hidup sehat agar kesehatan senantiasa terjaga. Selain itu, agar dapat menjalani hidup dengan tenang, miliki perlindungan asuransi kesehatan yang akan meringankan beban saat musibah sakit menimpa Anda.

Sekarang, sudah ada asuransi kesehatan seharga minuman boba mulai dari Rp20 ribu dengan manfaat hingga Rp100 juta, yang bisa langsung kamu beli di aplikasi Grab! PFI Mega Life bekerja sama dengan Grab Financial Group (GFG) meluncurkan produk asuransi penyakit kritis bernama Sobat Proteksi, yang bisa melengkapi perlindungan yang sudah Anda punya sebelumnya, seperti BPJS, serta akan memberikan manfaat tambahan untuk melindungi Anda dari risiko penyakit kritis.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.