Proteksi

Bagaimana Asuransi Kesehatan Dapat Mengubah Hidup Anda

PFI Mega Life
 08 Mar 2020
Ketidakpastian dalam hidup dapat diantisipasi dengan asuransi kesehatan. Ditambah dengan premi asuransi yang semakin terjangkau, hidup terasa lebih tenang

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan hal buruk terjadi pada mereka ataupun orang-orang terdekatnya. Namun, jika hal buruk memang harus terjadi, manusia hanya bisa mengatasinya dengan segala daya dan upaya yang ada. Tidak jarang, materi juga dibutuhkan untuk membantu mengatasi permasalahan yang datang. Pada saat seperti inilah, memiliki premi asuransi akan merasakan manfaat atas investasi yang telah dikeluarkan selama ini.

Memiliki asuransi, khususnya asuransi kesehatan, memang masih dianggap sebagai hal yang tidak begitu penting bagi sebagian orang. Padahal, memiliki perlindungan seperti ini akan sangat membantu meringankan beban saat kejadian-kejadian tak terduga benar-benar terjadi. Selain itu, asuransi kesehatan bisa melindungi aset finansial yang Anda miliki.

Memahami Asuransi Kesehatan

Anggapan bahwa asuransi kesehatan tidak begitu penting biasanya lahir karena ketidaktahuan. Keputusan untuk tidak mengambil asuransi kesehatan juga lebih sering didasari atas minimnya pengetahuan akan produk asuransi tersebut. Lantas apa itu asuransi kesehatan?

Kata kunci dari asuransi kesehatan sebenarnya ada pada dua kata, yakni “proteksi” dan “kesehatan”. Mengacu pada dua kata tersebut, bisa diartikan asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi, yang dapat memberikan proteksi atau perlindungan finansial, bagi pemegang polis saat kejadian buruk seperti sakit atau kecelakaan menimpanya.

Dari pengertian asuransi kesehatan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa asuransi kesehatan ini sebenarnya mampu memberi sedikitnya dua keuntungan bagi pemegang polis. Keduanya adalah jaminan untuk mendapatkan perawatan kesehatan dan jaminan perlindungan finansial.

Setelah memahami pengertian asuransi kesehatan, Anda mungkin akan menemukan lebih dari satu alasan untuk memiliki asuransi kesehatan. Bagi Anda yang menginginkan kemerdekaan finansial, peran asuransi juga tidak bisa diabaikan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Setiap dari Anda tentu memiliki rencana keuangan. Misalnya berencana memiliki rumah dalam jangka waktu 10 tahun atau memiliki mobil dalam waktu 5 tahun. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Anda mungkin akan memilih untuk mengajukan pembelian secara kredit atau justru memilih untuk menabung hingga uang yang dibutuhkan terkumpul. Bagaimana jika hal yang tidak diharapkan dan tidak terduga terjadi?

Kejadian-kejadian tidak terduga sering kali membuat rencana yang telah dibuat menjadi berantakan. Jika kejadian tersebut berkaitan erat dengan kesehatan, Anda jelas tidak bisa mengabaikan atau sekadar menundanya begitu saja. Masalah seperti ini harus segera diatasi.

Permasalahannya sekarang, bagaimana jika kejadian yang berkaitan dengan kesehatan tersebut berimbas pada pengeluaran yang sangat besar? Target Anda untuk membeli rumah atau mobil dalam waktu tertentu bisa saja terpaksa harus diundur.

Kejadian seperti ini sebenarnya tidak harus terjadi jika sebelumnya Anda sudah memiliki strategi keuangan yang baik. Jika Anda memiliki premi asuransi, kondisi keuangan Anda tidak akan terguncang begitu hebatnya.

Pengeluaran untuk perawatan kesehatan tidak akan terasa begitu berat saat Anda memiliki premi asuransi. Tidak jarang sebagian besar biaya perawatan atau bahkan semua biaya akan ditanggung pihak penyedia asuransi kesehatan. Jadi meski ada pengeluaran tak terduga, pengeluaran tersebut tidak akan banyak mempengaruhi rencana keuangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan


 
Jika menilik pengertian asuransi kesehatan dan manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan, memiliki asuransi kesehatan jelas akan sangat berguna, khususnya untuk mendapat jaminan kesehatan dan finansial di masa depan. Hanya saja, menemukan asuransi kesehatan yang tepat merupakan persoalan yang berbeda.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Salah satunya adalah mempertimbangkan besaran premi asuransi hingga kemudahan dalam mengajukan klaim. Di samping itu, ada faktor-faktor lain yang juga tidak kalah penting.

1.    Fitur Produk Asuransi Kesehatan

Saat akan membeli asuransi kesehatan, pastikan untuk memperhatikan fitur produknya. Apa saja fitur yang ditawarkan? Semua itu harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih produk asuransi tertentu.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat menilik fitur produk asuransi di antaranya adalah usia masuk dan masa perlindungan. Perusahaan penyedia asuransi kesehatan biasanya memberi batasan usia. Ada perusahaan asuransi kesehatan yang terbuka hingga usia 59 tahun saat memulai masuk asuransi. Untuk masa perlindungan, rata-rata perusahaan asuransi memberikan perlindungan hingga usia 60 tahun.

Perhatikan juga ketentuan tertanggungnya. Ada asuransi yang khusus melindungi diri sendiri, ada juga yang menawarkan fitur perlindungan suami istri dalam satu polis asuransi.

2.    Jenis Plan dan Benefit yang Ditawarkan

Perusahaan asuransi kesehatan biasanya menyediakan beberapa pilihan plan asuransi yang bisa dipilih oleh nasabahnya. Beda plan beda juga besaran premi asuransi yang harus dibayarkan nanti.

Perbedaan antar plan ini tidak hanya terletak pada besaran preminya. Manfaat yang ditawarkan juga berbeda-beda dalam setiap plan. Plan lebih tinggi dengan premi lebih mahal jelas akan memberi santunan lebih besar.

Dalam setiap plan asuransi kesehatan juga dijelaskan mengenai manfaat apa saja yang akan Anda peroleh nanti. Beberapa manfaat yang ditawarkan biasanya seperti santunan rawat inap dan santunan meninggal dunia.

3.    Rekanan Rumah Sakit

Anda bisa saja mendapat penawaran premi asuransi yang terjangkau, tetapi dengan besaran santunan cukup tinggi. Namun, jika jaringan rekanan rumah sakit yang dimiliki penyedia asuransi tersebut masih sangat terbatas, keuntungan yang ditawarkan tidak akan bisa sepenuhnya Anda nikmati.

Idealnya, pilihlah penyedia asuransi kesehatan yang memiliki rekanan rumah sakit yang luas. Jika penyedia layanan asuransi tersebut juga memiliki fitur cashless, manfaat dari luasnya rekanan rumah sakit akan sangat terasa.

4.    Kemudahan dalam Mengajukan Klaim

Sebenarnya saat ini sudah cukup banyak penyedia asuransi kesehatan yang menawarkan kemudahan dalam pengajuan klaim asuransi. Meski demikian, sebelum membeli asuransi Anda tetap harus memastikannya.

Cermati apa saja persyaratan mengajukan klaim asuransi. Semakin sedikit dokumen yang perlu disertakan, semakin mudah juga Anda mengajukan klaim nanti.

5.    Kebijakan Pengembalian Premi

Membeli asuransi kesehatan pada dasarnya adalah membeli proteksi. Jika Anda tidak sakit, bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan benefit yang ditawarkan. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencermati kebijakan pengembalian premi.

Sebagian besar penyedia asuransi kesehatan biasanya menawarkan manfaat pengembalian premi. Besaran pengembalian premi ini beragam sesuai dengan kebijakan dari perusahaan penyedia asuransi. Untuk itu, pastikan untuk mempelajarinya sebelum mulai membayar premi asuransi.

Pengertian asuransi kesehatan menunjukkan asuransi dapat melindungi aset paling berharga bagi manusia, yakni kesehatan. Asuransi juga mampu memberi jaminan finansial saat Anda mengalami masalah kesehatan ataupun kecelakaan. Memiliki asuransi kesehatan menjadikan hidup akan terasa lebih tenang. Meski masalah kesehatan datang mengadang, Anda akan jauh lebih siap, baik secara mental maupun finansial.

PFI Mega Life menawarkan beragam manfaat perlindungan kesehatan dan finansial dalam sebuah produk asuransi. Mulai dari santunan rawat inap, santunan meninggal dunia hingga pengembalian premi asuransi.

Untuk perlindungan finansial dari risiko meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan, PFI Mega Life juga menyediakan asuransi jiwa dengan premi bulanan mulai Rp 68.000 dan uang pertanggungan hingga Rp 100 juta. Tersedia empat jenis asuransi jiwa yang ditawarkan; dari asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna hingga asuransi unit link bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Asuransi jiwa adalah bukti kasih sayang kepada orang-orang tersayang. Dengan asuransi jiwa, Anda bisa melindungi orang-orang yang Anda kasihi dari masalah keuangan yang mungkin akan muncul di masa depan.
 

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.