Proteksi

Mau Asuransi atau Investasi? Pilih Keduanya Saja!

PFI Mega Life
 19 Nov 2020
Kini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi investasi dengan jaminan perlindungan finansial sekaligus peluang keuntungan bagi nasabah.

Mau Asuransi atau Investasi? Pilih Keduanya Saja!

Asuransi investasi lebih populer dikenal dengan produk unit link. Dana Anda tidak hanya diendapkan di penyelenggara asuransi guna menjadi pelindung terkait risiko finansial di masa mendatang. Lebih dari itu, sebagian dana Anda juga akan ditempatkan di instrumen-instrumen investasi yang telah dipilih penyelenggara, guna bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan bagi Anda pada masa depan.

Saat ini sudah banyak jenis asuransi investasi yang bisa Anda pilih. Anda hanya perlu mengenali mana asuransi investasi terbaik bagi Anda. Berbagai keuntungan dari sisi asuransi maupun investasi dapat Anda peroleh ketika akhirnya memilih produk asuransi investasi.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan menaruh dana Anda pada penyelenggara asuransi investasi yang tepat.

1.  Memberikan Perlindungan

Seperti fungsi asuransi pada umumnya, ketika memilih menjadi peserta produk asuransi investasi, Anda akan mendapatkan perlindungan yang sesuai kesepakatan awal. Perlindungan dapat disesuaikan jenis asuransi yang dipilih.

Jenis asuransi investasi pun banyak macamnya dari sisi jenis perlindungan yang diberikan. Ada asuransi investasi yang memberi perlindungan kesehatan. Ada yang memberikan perlindungan selayaknya asuransi jiwa. Ada pula asuransi investasi yang memberi perlindungan pendidikan. Jenis asuransi terbaik hanyalah yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda.

2.  Alokasi Investasi

Hal yang membedakan asuransi investasi dengan jenis asuransi biasa adalah alokasi premi yang Anda bayarkan kepada penyelenggara. Pada asuransi biasa, premi yang dibayarkan seluruhnya akan dikelola menjadi dana perlindungan sesuai risiko sesuai perjanjian awal. Pada asuransi investasi, sebagian dana dari premi yang Anda bayarkan akan ditempatkan ke instrumen investasi.

Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan terkait risiko yang disepakati. Anda juga memiliki kesempatan memperoleh pengembangan dana dari asuransi investasi tersebut.

Baik asuransi maupun investasi sama-sama merupakan pengalokasian dana untuk tujuan masa depan. Namun, asuransi lebih bertujuan menjadi tameng terhadap risiko yang berhubungan keuangan di masa depan. Sementara itu, tujuan investasi murni untuk menambah atau meningkatkan aset ataupun harta Anda daripada waktu sekarang.

Banyak orang bingung menentukan memilih asuransi atau investasi guna menjamin kehidupan masa mendatang. Padahal, keduanya bisa dimiliki jika Anda memiliki jenis asuransi investasi. Pengertian asuransi investasi adalah sebuah sistem untuk Anda memperoleh perlindungan dari asuransi sekaligus penambahan penghasilan dari sisi investasi.

3.  Bersifat Fleksibel

Mau Asuransi atau Investasi? Pilih Keduanya Saja!

Besarnya dana yang Anda keluarkan untuk investasi pada asuransi investasi bersifat fleksibel. Ini artinya, Anda dapat menambahkan atau mengurangi alokasi dana yang ditujukan bagi investasi.

Hanya saja, sifat fleksibel hanya dimiliki bagian investasi di produk tersebut. Besaran dana yang dialokasikan untuk asuransi, nominalnya tidak dapat ditambah atau dikurangi dari kesepakatan awal ketika Anda memutuskan membeli produk tersebut. Ini karena jumlah alokasi untuk asuransi sudah disesuaikan dengan tingkat risiko dan manfaat perlindungan yang akan Anda peroleh nantinya.

Dengan keuntungan yang ada pada produk asuransi investasi, Anda dapat memperoleh manfaat perlindungan sekaligus potensi keuntungan sekaligus. Tentunya untuk bisa mendapatkan beragam manfaat dan keuntungan tersebut, Anda tidak bisa sembarangan memilih penyelenggara asuransi investasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda pahami untuk dapat memperoleh asuransi investasi terbaik.

  • Proteksi Tetap Utama

Unsur proteksi yang menjadi landasan asuransi tetap menjadi yang utama pada produk tersebut. Investasi hanya sebagai bonus. Dikarenakan alasan ini juga, Anda tidak bisa memilih instrumen investasi apa saja dari dana yang Anda taruh kepada penyelenggara. Alokasi investasi pada produk tersebut pun tetap lebih kecil dibandingkan premi yang harus Anda bayarkan untuk sisi perlindungan atau asuransi.

  • Mengandung Risiko

Produk asuransi sebenarnya bertujuan mengurangi risiko finansial akibat sesuatu hal yang terjadi pada diri Anda, misalnya jika sakit atau mengalami kecelakaan. Tujuan ini pun akan Anda dapatkan ketika memilih asuransi investasi.

Namun, Anda juga mesti memahami pengertian asuransi investasi yang mengarah pada upaya pemgembangan dana lewat investasi. Ini artinya ada risiko yang akan Anda tanggung ketika memutuskan membeli produk ini.

Risiko yang akan Anda tanggung terkait risiko finansial mengenai kemungkinan nilai modal investasi yang menurun. Kondisi tersebut dapat terjadi karena nilai modal yang dimasukkan ke investasi akan sangat dipengaruhi kondisi pasar.

Apabila kondisi pasar kondusif, nilai modal Anda akan bertambah dan memberikan keuntungan. Sebaliknya ketika kondisi pasar bergejolak, besar kemungkinan dana yang dialokasi untuk investasi akan mengalami penurunan nilai.

  • Lebih Mahal

Jangan kaget ketika Anda melihat premi yang mesti dibayarkan jika memilih produk asuransi investasi terbaik. Umumnya, produk unit link  memang lebih mahal daripada asuransi pada umumnya. Hal ini lumrah karena ada dua produk yang sekaligus Anda beli.

Pada produk asuransi investasi, nilai premi untuk asuransi tidak berbeda dengan ketika Anda memilih produk asuransi sejenis. Ini karena premi untuk perlindungan tetap disesuaikan dengan tingkat risiko diri Anda dan pertanggungan risiko yang diinginkan.

Namun, ada tambahan biaya premi untuk penempatan investasi yang Anda inginkan. Hanya saja untuk alokasi ini, sifatnya lebih fleksibel. Anda bahkan dapat menurunkan atau menambah porsi dana untuk investasi ketika produk ini sudah berjalan.

Mau Asuransi atau Investasi? Pilih Keduanya Saja!

  • Penyelenggara Asuransi

Anda bisa membeli produk unit link di berbagai penyelenggara asuransi atau perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi. Namun, memilih perusahaan asuransi untuk menjadi pelabuhan Anda pun mesti penuh pertimbangan.

Perusahaan asuransi tersebut sebaiknya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Pilihlah penyelenggara asuransi juga yang sudah terpercaya selalu memberikan informasi yang transparan bagi para nasabahnya memiliki kredibilitas yang baik. Anda sebaiknya juga memilih penyelenggara asuransi investasi dengan rekanan jaringan internasional serta memiliki kantor yang jelas.

Banyak orang masih beranggapan yang terpenting adalah memiliki asuransi kesehatan guna menjadi tameng pelindung harta apabila ada risiko sakit pada kemudian hari. Pandangan tersebut tidak salah. Namun, jika ada jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan sekaligus menawarkan peluang keuntungan, kenapa tidak?

Mencari asuransi investasi saat ini pun tidak sulit. Banyak perusahaan asuransi yang menyediakan jenis produk tersebut. Di antaranya ada PFI Mega Life yang memiliki produk Mega Prima Link dan Mega Investa Link yang menawarkan model asuransi investasi terbaik bagi Anda dan keluarga.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.