Proteksi

5 Kebiasaan yang Bisa Membawa Anda Meraih Kebebasan Finansial di Usia Dini

PFI Megalife
 17 Sep 2018
Kebebasan finansial adalah keadaan yang banyak diimpikan oleh orang-orang. Ternyata, hal itu bisa dicapai meskipun Anda masih berada di usia muda. Bagaimana caranya?

Setiap orang tentu mengidamkan kebebasan finansial sedini mungkin. Anthony Robins dalam bukunya mendefinisikan kebebasan finansial sebagai keadaan di mana Anda memiliki jumlah pendapatan yang mampu memenuhi gaya hidup Anda tanpa perlu bergantung dari gaji bulanan.

Artinya, agar menjadi seseorang dengan kebebasan finansial Anda membutuhkan sejumlah passive income serta investasi yang bisa menghasilkan uang untuk Anda, sehingga Anda bebas untuk mengambil berbagai pilihan hidup tanpa harus terikat pada pekerjaan tetap Anda.

Anda memiliki mimpi untuk bisa meraih kebebasan finansial di usia muda? Mari mulai menerapkan 5 kebiasaan ini agar cita-cita tersebut tidak hanya sebatas mimpi:

1. Belajar Cara Mengelola Uang

Kebebasan finansial tidak akan bisa Anda capai jika Anda masih belum teliti dalam mengelola uang Anda. Anda harus mempunyai pemahaman menyeluruh tentang darimana uang Anda berasal dan kemana saja uang tersebut Anda alokasikan. Memiliki catatan yang rinci akan membuat Anda lebih mudah mengevaluasi keadaan finansial Anda sekarang, dan menyadari beberapa pengeluaran yang kurang perlu.

Selain mencatat pemasukan dan pengeluaran, pastikan Anda menyisihkan 30% pendapatan Anda untuk ditabung. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menyisihkan 10% lagi dari pendapatan untuk keperluan proteksi dan investasi. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari gaya hidup yang boros, memiliki keterjaminan kebutuhan masa tua, serta memiliki aset dengan nilai yang terus bertambah.

2. Cerdas dalam Mengembangkan Karier

Dalam buku yang berjudul The Cash Flow Quadrant, Robert Kiyosaki membagi manusia menjadi 4 golongan: Employee, Self Employed, Business Owner, dan Investor. Memahami di golongan mana Anda saat ini berada penting agar Anda bisa memetakan alur karier ideal yang ingin Anda raih.

Perkembangan karier tentu menjadi hal vital dalam mencapai kebebasan finansial. Karier yang baik tidak hanya memberikan potensi pendapatan yang lebih, namun juga meluaskan jejaring relasi Anda sehingga semakin banyak peluang kerja sama yang bisa Anda pilih.

Jangan sampai Anda hanya terjebak rutinitas tanpa memiliki visi yang ingin dituju. Setiap hari Anda harus mengusahakan perbaikan sehingga karier Anda terus tumbuh. Terus pelajari berbagai skill set sehingga Anda semakin kredibel di area of expertise yang Anda tekuni.

3. Siapkan Dana Darurat

Masih dalam buku yang sama, Robert Kiyosaki juga menekankan pentingnya memiliki dana darurat, sehingga jika ada sesuatu tidak terduga terjadi, kestabilan finansial Anda tidak terganggu.

Jangan menyamakan dana darurat dengan tabungan. Justru peran keberadaan dana darurat adalah agar Anda tidak perlu menggunakan tabungan sepeserpun. Idealnya, Anda memiliki dana darurat yang bisa menjamin kebutuhan tetap tercukupi hingga 3 bulan ke depan.

Akan lebih baik lagi jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa yang memberikan proteksi menyeluruh. Sehingga ketika ada hal buruk terjadi, Anda tak lagi perlu cemas karena sudah ada jaminan terpercaya yang bisa menanggung keperluan Anda.

4. Manfaatkan Potensi Besar Passive Income

Kunci dari meraih kebebasan finansial adalah memanfaatkan potensi besar passive income. Passive income adalah bentuk pendapatan yang terus mengalir meskipun Anda tidak aktif secara langsung pada kegiatan tersebut.

Ada beragam kegiatan yang bisa memberikan passive income pada Anda. Contohnya adalah dengan merilis buku, mengadakan kursus online, atau menyewakan properti. Beberapa kegiatan tersebut adalah contoh kegiatan yang bisa terus menghasilkan uang meskipun sudah tidak lagi Anda kerjakan.

Jika nilai passive income Anda sudah berhasil memenuhi kebutuhan dan gaya hidup Anda, maka bisa dipastikan Anda sudah sangat dekat dengan kebebasan finansial yang selama ini Anda idamkan.

5. Investasikan dengan Cermat

Jika Anda sudah memiliki passive income yang mencukupi, ini saatnya mulai berinvestasi. Ada begitu banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih hari ini. Anda bisa memilih jenis investasi mana yang paling sesuai dengan karakter Anda.

Jika Anda ingin investasi jangka pendek hingga menengah, Anda bisa mencoba investasi seperti reksa dana atau investasi logam mulia. Jika Anda lebih memilih investasi jangka panjang, Anda bisa menginvestasikan uang Anda pada mobil tua, benda-benda seni, atau properti.

Setiap jenis investasi memiliki potensi dan risiko yang berbeda, sehingga pastikan Anda sudah memahami jenis investasi yang Anda pilih sebelum memutuskan. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada konsultan finansial profesional sehingga Anda bisa lebih tepat memilih investasi yang menguntungkan.

Kebebasan finansial bukanlah soal mencari uang sebanyak-banyaknya lalu mengabaikan berbagai aspek penting lain di kehidupan. Kebebasan finansial adalah hasil dari perencanaan keuangan yang matang dan komitmen yang tinggi agar seseorang bisa tetap memenuhi kebutuhannya tanpa harus terikat pada suatu pekerjaan tertentu.

Dengan meraih kebebasan finansial, Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga, berkeliling mengenal berbagai budaya di Dunia, ataupun mendedikasikan diri sepenuhnya untuk mengatasi isu sosial di sekitar.

Butuh disiplin keuangan yang tinggi agar Anda bisa mencapai kebebabasan finansial di usai dini. Namun, hal itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan berkomitmen menjalankan rencana keuangan yang sudah Anda tetapkan dengan cermat, tidak butuh waktu lama hingga mimpi meraih kebebasan finansial Anda bisa terwujud.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.