2 Likes
Proteksi

5 Hal yang Harus Dihindari Dalam Memilih Produk Asuransi

PFI Megalife
 17 Sep 2018
Asuransi jiwa memang menawarkan banyak manfaat bagi masa depan Anda. Namun, pastikan Anda menghindari 5 hal ini agar manfaat tersebut tidak berubah menjadi kerugian

Dengan semakin mapannya karier dan kondisi finansial Anda, adalah hal yang wajar jika Anda mulai berpikiran untuk membeli polis asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda sudah mempersiapkan perlindungan atas hal buruk di masa depan, sehingga bisa fokus mengejar mimpi dan kesejahteraan Anda dan keluarga. Meskipun sebenarnya bukan hal yang rumit, tentu saja memilih produk asuransi jiwa yang tepat bukanlah hal sepele. Banyak yang merasa salah membeli polis asuransi karena mereka kurang berhati-hati saat memilih produk asuransi. Akhirnya, manfaat yang mereka dapat tidak sesuai dengan kebutuhan.
Hindarkan diri Anda dari kesalahan serupa dengan menjauhi 5 hal ini:

1. Malas Mempelajari Rekam Jejak Perusahaan Penyedia

Membeli polis asuransi jiwa artinya Anda mempercayakan perlindungan masa depan Anda kepada sebuah perusahaan. Untuk itu, tentu Anda harus yakin bahwa Anda menyerahkan tanggung jawab itu pada perusahaan yang handal dan kredibel.

Hari ini, ada begitu banyak penyedia jasa asuransi di Indonesia yang bisa Anda pilih. Bandingkanlah satu per satu rekam jejak mereka dan produk yang mereka tawarkan. Jangan ragu juga untuk mengecek testimoni pelanggan mereka baik di internet maupun dari relasi Anda. Bahkan, sebaiknya Anda pun menghubungi langsung pihak penyedia jika ada hal yang ingin ditanyakan.

Tidak perlu terburu-buru membeli asuransi jiwa sebelum Anda yakin kepada kredibilitas perusahaan penyedia. Jangan serahkan masa depan Anda kepada perusahaan penyedia asuransi yang tidak kompeten.

2. Tidak Membeli Produk Asuransi yang Sesuai Kebutuhan

Semakin beragamnya produk asuransi jiwa yang tersedia memang bisa jadi membingungkan untuk Anda yang baru berkenalan dengan asuransi. Saat ini, yang biasa dicari adalah asuransi jiwa tradisional berjangka, atau ada juga asuransi jiwa unit link untuk Anda yang sekaligus ingin berinvestasi.

Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu pastikan kamu membeli polis asuransi dengan manfaat yang paling sesuai dengan keadaan Anda. Selain itu, pilih juga produk yang preminya tidak memberatkan Anda.

3. Kurang Memahami Produk Asuransi yang Dipilih

Meskipun asuransi memang memberikan manfaat perlindungan, bukan berarti Anda lantas menyepelekan begitu saja dan tidak mau memahami produk yang Anda beli. Bisa jadi, ketidaktahuan Anda malah menjadi penyebab kerugian yang sebenarnya bisa Anda hindari.

Untuk itu, pastikan Anda membaca secara rinci semua penawaran dan perjanjian yang diberikan oleh pihak penyedia asuransi jiwa. Pelajari manfaat perlindungan yang akan Anda dapatkan, prosedur pembayaran premi, biaya-biaya apa saja yang perlu dibayarkan, proses pengajuan klaim, hingga apa yang terjadi jika ternyata pihak perusahaan asuransi mengalami kebangkrutan.

Mengetahui hal-hal krusial seperti itu sejak awal bisa membuat Anda menyadari berbagai risiko yang ada, sehingga Anda bisa terhindar dari skenario buruk yang merugikan.

4. Terbuai Janji Manis Agen

Salah satu kesalahan yang lumrah terjadi adalah terlalu mempercayai agen asuransi. Biasanya, agen asuransi memang akan menjanjikan berbagai macam hal demi menarik Anda menjadi pelanggannya. Mulai dari potongan premi bulanan, hingga hasil investasi unit link yang terlalu menggiurkan.

Untuk itu, lindungi diri Anda dari jebakan tersebut dengan banyak mengkonfirmasi janji agen kepada pihak perusahaan langsung. Hanya percaya pada hal-hal yang tertulis di kontrak polis, karena hanya kontrak itu yang memiliki kekuatan hukum perjanjian antara Anda dengan pihak perusahaan asuransi.

5. Mengisi Data yang Salah Saat Pengajuan

Hal lain yang juga sering terjadi adalah mengisi data salah atau berbohong saat proses pengajuan asuransi. Biasanya, ada beberapa orang yang memalsukan kondisi kesehatan ataupun finansial mereka saat pengajuan, agar mereka bisa memiliki polis asuransi jiwa tanpa masalah.

Padahal, cara ini tentu sangat berisiko karena hampir dipastikan perusahaan asuransi cepat atau lambat akan menyadarinya. Dampaknya, bisa jadi klaim Anda akan ditolak meskipun Anda rutin membayarkan premi. Akhirnya bukannya mendapat perlindungan, Anda justru merugi.



Memiliki asuransi jiwa adalah hal yang menguntungkan selama Anda memilihnya dengan cermat. Selama Anda sudah meninjau ulang rekam jejak perusahaan penyedia, mempelajari kontrak kerja sama dengan seksama, dan memilih produk yang sesuai dengan kondisi finansial maupun kesehatan Anda, maka rasanya tidak perlu ada lagi yang Anda takutkan.

Dengan membeli asuransi jiwa dari perusahaan asuransi terpercaya, dan memilih produk asuransi jiwa yang paling sesuai dengan kebutuhan, bisa dipastikan Anda memiliki keamanan finansial meskipun suatu hari Anda butuh penanganan medis yang bisa mengganggu produktivitas Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus menyiapkan hal-hal lain, seperti membeli rumah idaman, pergi liburan bersama keluarga, atau untuk persiapan biaya pendidikan anak Anda kelak.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.