2 Likes
Proteksi

4 Jenis Asuransi Jiwa yang Bisa Melindungi Masa Depan Anda

PFI Megalife
 18 Sep 2018
Memiliki asuransi jiwa berarti Anda sudah mengamankan kondisi finansial Anda di masa depan. Pelajari 4 jenis asuransi jiwa ini agar Anda bisa memilih yang terbaik

Dengan semakin banyaknya pilihan asuransi jiwa yang bermunculan di pasaran, wajar jika Anda menjadi kebingungan untuk membedakan mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Meski demikian, asuransi jiwa sendiri merupakan hal penting yang wajib Anda miliki agar kestabilan finansial Anda serta keluarga selalu terjamin hingga hari depan nanti.

Dengan adanya asuransi jiwa, jika Anda mengalami hal buruk yang menyebabkan kematian atau cacat permanen, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan sehingga keluarga Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Mengabaikan asuransi jiwa artinya membiarkan masa depan keluarga Anda diancam oleh berbagai hal buruk yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Agar Anda bisa memilih asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, mari simak 4 jenis asuransi jiwa berikut beserta dengan keunggulannya masing-masing:

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi pada Anda dalam jangka waktu tertentu saja. Biasanya, jangka waktu yang bisa Anda pilih adalah 1 tahun, 5 tahun, dan juga 20 tahun. Jika Anda mengalami risiko kematian selama jangka waktu tersebut, nantinya pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada orang terdekat Anda sesuai polis yang sudah disepakati.

Keunggulan utama asuransi jiwa ini adalah preminya yang murah, sehingga cocok untuk Anda yang memang membutuhkan perlindungan namun belum bisa membayar premi bulanan dalam jumlah yang terlalu besar. Perlu diketahui juga, uang pertanggungan bisa saja hilang jika dalam masa kontrak Anda selaku pemegang polis jika Anda tidak mengalami masalah kesehatan atau meninggal dunia.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi jiwa seumur hidup cocok untuk Anda yang ingin mempunyai perlindungan asuransi sekaligus menabung. Asuransi jiwa jenis ini biasanya akan memberikan perlindungan hingga umur 100 tahun. Ketika kontrak berakhir, uang pertanggungan yang sudah dibayarkan bisa dicairkan sepenuhnya.

Karena memiliki manfaat proteksi jangka panjang, premi bulanan yang perlu dibayarkan tentu lebih tinggi dibanding jenis asuransi jiwa berjangka. Anda bisa memilih asuransi jiwa jenis ini jika Anda ingin mempersiapkan legacy planning untuk anak dan juga cucu Anda kelak.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Sesuai namanya, asuransi jenis ini memiliki manfaat ganda: proteksi dan tabungan. Proteksi di asuransi ini mirip dengan asuransi jiwa berjangka, di mana Anda nanti akan mendapat perlindungan berupa uang pertanggungan dalam jangka waktu tertentu. Yang membedakan keduanya adalah Anda bisa mencairkan dana pertanggungan sebelum masa kontrak berakhir.

Produk ini cocok untuk Anda yang ingin menjamin ketersediaan dana untuk rencana masa depan Anda, seperti dana pendidikan anak, biaya membeli rumah, atau persiapan masa pensiun. Dana pertanggungan yang bisa Anda cairkan sewaktu-waktu juga bisa Anda gunakan sebagai dana darurat, sehingga kondisi finansial Anda akan selalu terjamin.

4. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link bisa dibilang merupakan jenis asuransi hybrid. Premi bulanan yang Anda setorkan pada perusahaan asuransi tidak hanya digunakan oleh pihak perusahaan untuk memproteksi Anda, namun sebagian akan diputar ke beberapa pilihan investasi yang bisa menguntungkan Anda. Singkatnya, Anda mendapat manfaat ganda dalam waktu bersamaan.

Anda tidak hanya mendapat uang pertanggungan jika mengalami risiko kematian, namun Anda juga bisa mendapat dana tunai hasil dari kinerja investasi Anda. Jumlah dari dana cair yang akan Anda dapat pun beragam sesuai dengan kinerja investasi yang dipilih. Apabila Anda memilih perusahaan yang bisa mengelola premi Anda dengan baik, keuntungan yang Anda terima bisa cukup besar.

Asuransi jiwa jenis ini cocok untuk Anda yang ingin belajar investasi. Setelah Anda mulai mengerti dan memahami cara berinvestasi dengan cermat, Anda bisa mengembangkan portofolio Anda ke instrumen investasi lain seperti saham atau obligasi.



Empat contoh di atas adalah 4 jenis asuransi jiwa yang kini banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Keberagaman produk ini tentu ditujukan untuk memudahkan Anda agar dapat memilih jenis asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan adanya perlindungan serta berbagai manfaat lain yang bisa Anda miliki, Anda tidak perlu lagi mencemaskan keadaan finansial Anda di masa depan. Anda hanya perlu membeli jenis asuransi jiwa yang tepat dari perusahaan asuransi yang paling terpercaya. Setelahnya, Anda bisa fokus mengembangkan karier sembari menyiapkan hari tua yang sejahtera bersama keluarga.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.