Proteksi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

PFI Mega Life
 09 Mei 2021
Kita tidak bisa sembarangan dalam memilih asuransi. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan polis asuransi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Sebagai masyarakat modern, Anda pasti setuju bahwa hidup tanpa polis asuransi itu cukup berisiko? Asuransi adalah salah satu cara untuk memberikan proteksi diri dari segala kemungkinan terburuk. Saat ini bukan lagi masalah “sudah atau belum memiliki polis asuransi”, tetapi “ kapan dan berapa banyak polis asuransi yang dimiliki”.

Tapi jangan khawatir, tidak ada istilah terlambat untuk yang belum memiliki atau masih berminat menambah polis asuransi. Yang penting, jangan gegabah dan ikuti 10 hal yang penting saat ingin menentukan polis asuransi Anda:

 

1.  Pastikan perusahaan asuransi terdaftar di OJK

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Tahukah Anda? Perusahaan asuransi wajib memperoleh izin usaha dari OJK ( Otoritas Jasa keuangan). Secara lengkapnya, masing-masing asuransi juga diatur dalam Peraturan OJK secara detail. Sebagai salah satu lembaga negara yang mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia, OJK menjadi indikator perusahaan asuransi yang sehat dan layak beroperasi. Hal ini dinilai dari laporan keuangan dan kapabilitas perusahaan. Dengan memilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK, perlindungan yang didapatkan menjadi lebih aman dan maksimal.

 

2.  Pastikan perusahaan asuransi memiliki RBC (Risk Based Capital) yang tinggi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Masih terkait regulasi dari OJK, RBC merupakan salah satu regulasi tambahan yang mengatur tentang kesehatan perusahaan asuransi yang diatur dalam revisi POJK No.71/POJK.05/2016. Salah satu tolok ukur perusahaan asuransi yang sehat adalah bila memiliki RBC minimal 120%.

RBC sendiri adalah metode pengukuran batas tingkat solvabilitas atas kesehatan keuangan sebuah perusahaan asuransi. Secara umum, rasio solvabilitas adalah pengukuran tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas sebuah perusahaan asuransi, maka semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut. Maka, sebelum membeli polis asuransi, cari tahu angka RBC perusahaan tersebut secara jelas.

 

3.  Periksa rekam jejak perusahaan asuransi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Tidak sulit mencari tahu rekam jejak perusahaan asuransi sebelum memutuskan membeli polis asuransi. Kamu bisa melakukan riset secara mandiri ataupun bertanya kepada agen asuransi. Riset ini bisa dilakukan secara online dari sumber terpercaya ataupun menanyakan kepada teman atau kerabat yang paham soal asuransi. Beberapa rekam jejak yang penting antara lain: pengelolaan dana nasabah, histori pembayaran klaim, performa dan penambahan modal.

 

4.  Pastikan agen asuransi berlisensi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Sebagai perwakilan perusahaan asuransi, agen asuransi sejatinya adalah seseorang atau badan hukum yang harus memiliki lisensi resmi. Ketentuan agen asuransi telah diatur dalam PP Pasal 27 PP No.73 Tahun 1992. Selain itu, agen asuransi juga harus lulus pengecekan dan mendapatkan lisensi AAJI ( Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) yang bersifat wajib. Anda bisa mengecek kode lisensi agen melalui situs resmi AAJI demi memastikan tidak terjadi penyelewengan dana.

 

5.  Pelajari manfaat yang diberikan

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Tujuan utama membeli polis asuransi adalah mendapatkan manfaat proteksi tertentu. Oleh karena itu, poin manfaat wajib disimak tuntas. Beberapa hal terkait manfaat asuransi yang perlu Anda cermati di polis:

  • Nilai uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris saat terjadi resiko.
  • Masa pertanggungan yang diberikan asuransi tersebut.
  • Manfaat penggunaan rider yang ditambahkan dalam asuransi Anda.
  • Layanan kamar yang didapatkan dan jumlah limit.
  • Cara pengajuan klaim dan berbagai ketentuan terkait dengan pengajuan klaim tersebut ( cashless atau berbayar, batas waktu, prosedur, dan yang lainnya).

 

6.  Pelajari dan pahami isi polis secara menyeluruh

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Pada dasarnya, perusahaan asuransi memberikan waktu khusus bagi para pemegang polis untuk membaca dan mempelajari seluruh isi polis asuransi mereka selama 14 hari setelah diterbitkannya polis tersebut. Selama jangka waktu tersebut, Anda bisa mengajukan keberatan atau pembatalan pembelian polis yang diajukan. Jika dibatalkan, Anda akan menerima kembali uang secara utuh.

Pastikan Anda memanfaatkan waktu tersebut dengan baik dan mempelajari isi polis secara detail agar terhindar dari penyesalan dan kerugian di masa yang akan datang.

 

7.  Pastikan polis asuransi sesuai dengan kebutuhan

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Setiap orang pastinya mempunyai kebutuhan polis asuransi yang berbeda, misalnya seorang kepala keluarga dengan tanggungan 2 anak tentu lebih disarankan membeli asuransi jiwa dengan nilai UP (Uang Pertanggungan) yang lebih besar.

Bandingkan dengan mereka yang masih lajang, berada di usia produktif, dan memiliki risiko lebih kecil mengalami kecelakaan/kematian. Maka ia bisa memilih polis asuransi yang lebih fokus pada kebutuhan investasi. Sebelum membeli polis asuransi, selalu konsultasikan dengan agen berlisensi untuk lebih memahami kebutuhan personal diri Anda.

 

8.  Pastikan asuransi yang dipilih sesuai dengan kemampuan keuangan

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Masing-masing individu pasti ingin mendapatkan manfaat yang besar dan paling maksimal dari polis asuransi yang dibeli. Namun, ekspektasi terbesar tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang realistis. Jika memaksakan nilai premi yang besar demi manfaat yang besar, maka ada kemungkinan polis asuransi lapse atau tidak aktif karena ketidaksanggupan membayar premi.

Lebih baik memilih polis asuransi dengan premi sesuai kemampuan keuangan sehingga masih bisa memenuhi kebutuhan utama Anda. Untuk memastikan kemampuan membayar polis asuransi, ahli finansial menyarankan agar mengalokasikan sekitar 20% dari penghasilan untuk proteksi dan investasi.

 

9.  Pelajari rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Salah satu manfaat dari polis asuransi adalah perlindungan berupa layanan rumah sakit jika terjadi kondisi sakit atau kecelakaan yang membutuhkan perawatan, baik rinap maupun berjalan. Jaringan rumah sakit rekanan atau provider menjadi poin penting yang harus dipahami sebelum membeli polis asuransi.

Cara mempelajari rumah sakit rekanan tentunya tidak repot dan pasti bisa disediakan informasinya oleh agen asuransi Anda. Beberapa hal tentang rumah sakit rekanan yang patut menjadi pertimbangan adalah:

  • Apakah ada rumah sakit yang berlokasi di domisili Anda?
  • Apakah Anda condong pada rumah sakit tertentu?
  • Apakah Anda memiliki kemungkinan berobat ke luar negeri?
  • Apakah ada rumah sakit dengan fasilitas khusus yang ingin Anda inginkan sesuai dengan keprihatinan terhadap penyakit tertentu, misalnya RS khusus jantung dsbnya?

 

10.  Pelajari kebijakan pembatalan & pengecualian

10 Hal yang Dibutuhkan Untuk Menentukan Polis Asuransi

Beberapa kebijakan terkait polis asuransi yang penting dipahami adalah kebijakan pembatalan, berjaga-jaga jika Anda sebagai pemegang polis ingin membatalkan polis asuransi yang berjalan. Setiap polis asuransi akan memiliki kebijakan pembatalan yang berbeda, sehingga harus Anda pahami secara seksama.

Ini penting supaya menghindari kesalahpahaman atas nilai yang telah dibayarkan dengan sisa nilai tunai yang masih tersimpan dalam polis Anda. Umumnya, pembatalan asuransi bukan berarti Anda bisa mengambil kembali dana yang telah dibayarkan walaupun polis asuransi sudah berlangsung lama, sesuai dengan manfaat dan syarat ketentuan yang telah berjalan.

Di samping itu, ada kebijakan pengecualian yang bisa menyebabkan kasus penolakan pembayaran klaim. Hal ini karena tidak semua risiko ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi, misalnya existing condition, temuan yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.

 

Berasuransi Dengan Aman & Tenang Bersama PFI Mega Life

Siapapun berhak mendapatkan pelayanan asuransi terbaik dengan standar sesuai OJK melalui agen asuransi yang berlisensi resmi. Setiap individu juga tidak harus khawatir akan aset atau manfaat proteksi sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi. Tak terkecuali, Anda dan keluarga layak mendapatkan perlindungan asuransi terbaik melalui pembayaran premi yang nyaman, terjangkau dan terpercaya.

Berdiri sejak tahun 2011, PFI Mega Life merupakan perusahaan asuransi gabungan dari salah satu perusahaan asuransi skala global Prudential Financial Inc dan jaringan pasar lokal CT Corpora. Dari rekam jejak dan kekuatan modal, PFI Mega Life tidak hanya berhasil menjadi salah satu perusahaan terkemuka, tetapi juga meluncurkan berbagai produk asuransi dan investasi yang strategis, penuh manfaat dan menjawab kebutuhan keluarga Indonesia dengan tepat.

PFI Mega Life menyediakan berbagai bentuk proteksi, seperti asuransi kesehatan melalui Asuransi Mega Hospital Investa yang memberikan manfaat santunan rawat inap, maupun asuransi jiwa seperti Asuransi Mega Comforta yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis dan manfaat meninggal dunia.

Bebas dari rasa cemas dan khawatir saat berasuransi, hubungi PFI Mega Life sekarang juga!

 

Mau Lindungi Diri dari Penyakit Kritis?

CTA Lindungi Sekarang

Tags
Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.