Kesehatan

Sering Disepelekan, Berikut Tips Sehat dengan Tidur Teratur

PFI Megalife
 12 Agu 2019
Penderita penyakit insomnia mengalami kesulitan untuk memiliki jam tidur teratur. Tapi tahukah Anda jika dibiasakan jam tidur yang teratur memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan?

tips sehat dengan tidur sehat

Terjaga hingga larut malam menjadi hal yang akrab bagi sebagian orang. Ada orang yang begadang karena urusan pekerjaan, mengerjakan tugas kuliah, atau menjaga anak. Tapi ada juga yang begadang hanya untuk bersenang-senang bersama teman atau sekedar menonton film.

Penderita penyakit insomnia merupakan kelompok lain yang mengalami kesulitan untuk memiliki jam tidur teratur. Adapun penyebab penyakit ini adalah masalah hormon. Insomnia bisa pula timbul sebagai dampak dari penyakit lain yang lebih serius.

Bagi yang masih fit mungkin tak ada efek serius yang terasa dari kebiasaan begadang ini. Efek yang terasa paling hanya merasa sangat mengantuk di siang hari. Jika sudah terlalu terbiasa mungkin rasa kantuk itupun sanggup ditahan.

Tapi tahukah Anda jika dibiasakan jam tidur yang teratur memiliki dampak yang baik bagi kesehatan?

Bahaya Tak Membiasakan Diri Tidur Teratur

Metabolisme Tubuh Berantakan

Tubuh memililki sistem metabolisme untuk mengolah semua reaksi kimia yang ada di dalam dalamnya. Salah satu kerja sistem metabolisme yang paling penting adalah mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Tips sehat yang harus dijalankan adalah dengan mengupayakan tidur teratur. Kebiasaan begadang akan membuat metabolisme tubuh berantakan. Akibatnya proses mengubah makanan menjadi berbagai zat yang dibutuhkan tubuh akan terhambat. Efek dari kondisi ini antara lain berat badan bertambah, wajah pucat, kulit kusam, dan lain-lain.

Konsentrasi Menurun

Otak manusia bekerja 24 jam dalam sehari. Ketika tidur sebagian sistem otak diistirahatkan agar ketika bangun bisa kembali bekerja dengan maksimal. Jika jam tidur tidak teratur maka otak tak bisa mendapat pola yang baik untuk beristirahat.

Salah satu dampak yang dirasakan akibat tidur tak teratur ini adalah menurunnya daya konsentrasi. Karena menurunnya kondisi otak. Tips sehat yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah menghindari kebiasaan begadang dan tidur tak teratur.  

Sistem Imun Melemah

Tubuh memiliki sistem imun sebagai pertahanan dari aneka virus, bakteri, dan faktor eksternal lain yang menyebabkan penyakit. Sistem imun ini lah yang membuat orang tak mudah sakit atau tertular penyakit dari orang lain.

Sayangnya jika terbiasa tidur tidak teratur maka sistem imun ini akan melemah. Lemahnya sistem imun tentu merupakan hal yang sangat merugikan bagi tubuh. Orang dengan sistem imun yang sedang lemah akan lebih mudah tertular penyakit dari orang lain. Cek juga cara menguruskan badan.

Tekanan Darah Meningkat

Pernahkah Anda merasa pusing karena kurang tidur atau tidur di jam yang tak semestinya? Hal itu bisa jadi disebabkan karena tekanan darah yang meningkat. Tidur tak teratur memang bisa berdampak pada meningkatnya tekanan darah.

Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit hipertensi disarankan untuk memiliki jam tidur teratur. Jika tips sehat ini diabaikan, dikhawatirkan penyakit hipertensi akan sering kambuh dan bahkan bertambah parah.

Gula Darah Meningkat

Tak hanya tekanan darah, kurang tidur dan tidur tak teratur juga akan meningkatkan gula darah. Jumlah gula darah yang berlebih berisiko menyebabkan penyakit diabetes dan penyakit kritis lainnya. Maka dari itu sebisa mungkin kondisi ini harus dihindari.

Orang dengan kadar gula yang terlalu banyak di dalam darahnya cenderung cepat merasa lelah. Memiliki jadwal tidur yang teratur sangat penting untuk menghindari hal-hal semacam ini.

Cek juga beberapa hal yang harus diperhatikan ketika rawat inap.

Tips Agar Bisa Tidur Teratur

  • Buat Jam Bangun yang Tetap

Jika ingin punya jam tidur yang teratur, mulailah dengan membiasakan diri bangun di jam yang tetap. Set alarm di jam yang sama setiap harinya. Jam berapapun Anda tidur usahakan untuk bangun di jam yang sama. Lama kelamaan tubuh akan menemukan pola jam tidur dan bangun yang teratur.

  • Jauhkan Ponsel

Anda perlu berusaha tidur di waktu yang sama untuk menciptakan keteraturan. Ketika sudah tiba waktunya tidur baiknya segera jauhkan ponsel Anda. Memainkan ponsel kerap menjadi pengalih perhatian yang membuat orang susah tidur.

  • Redupkan Cahaya

Rasa kantuk cenderung lebih cepat datang ketika berada di bawah cahaya yang redup. Cobalah redupkan lampu kamar begitu waktu tidur sudah tiba. Akan lebih baik jika Anda bisa membuatnya menjadi gelap sempurna.

  • Mandi dengan Air Hangat Pada Sore Hari

Sore hari usai melakukan semua aktifitas cobalah mandi dengan air hangat. Hal itu akan membuat tubuh jadi lebih rileks. Kemungkinan rasa kantuk akan lebih cepat datang jika tubuh ada dalam kondisi yang rileks.

Tips sehat untuk senantiasa menjaga pola tidur tak hanya menghindarkan Anda dari berbagai risiko akibat kurang tidur. Kebiasaan tersebut juga memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat yang bisa dirasakan antara lain tubuh terasa lebih segar, konsentrasi meningkat, dan jadi tak mudah sakit. Yuk mulai biasakan untuk memiliki jam tidur teratur mulai dari sekarang.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.