2 Likes
Kesehatan

7 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Enak Dikonsumsi

PFI Mega Life
 23 Jun 2020
Jangan jadikan asam urat alasan untuk tidak bisa menikmati menu yang enak sehari-hari. Simak dulu 7 jenis makanan yang bikin berselera dan aman berikut.

7 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Enak Dikonsumsi

Jika sudah menyangkut penyakit asam urat, pasti hal pertama yang melintas adalah kontrol pada menu makanan atau diet. Memang tidak jarang penyakit ini erat kaitannya dengan konsumsi makanan tertentu, terutama makanan seperti daging merah, jeroan hingga beberapa jenis makanan laut.

Ini bukan berarti makanan untuk penderita asam urat harus langsung dibatasi total atau bahkan tidak lagi lezat. Simak dulu penjelasannya berikut!

Memahami Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

 

Pahami bagaimana efek makanan terhadap penyakit asam urat. Ada beberapa makanan pemicu asam urat yang umumnya memiliki kadar purin tinggi. Saat diproses dalam pencernaan, purin bisa melepaskan asam urat sebagai limbah tubuh.

Bagi yang sehat, limbah asam urat ini tidak masalah karena tetap bisa dikeluarkan sistem pembuangan tubuh. Bagi penderita asam urat, timbunan limbah ini akan menyebabkan masalah seperti sakit persendian seperti rematik akibat asam urat.

Penderita asam urat juga kerap memiliki kondisi medis lain seperti hipertensi, diabetes, kolesterol atau kegemukan. Karena itu, makanan untuk penderita asam urat umumnya akan sama dengan jenis makanan yang cocok untuk penderita beberapa jenis kondisi tersebut.

Anda harus lebih jeli memilih makanan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Sebaiknya hindari jenis jeroan, daging merah, makanan laut, gula, hingga ragi yang tidak ideal sebagai makanan untuk penderita asam urat.

7 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Enak Dikonsumsi

7 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Enak Dikonsumsi

Walau hati-hati dalam memilih makanan, tetap ada solusi enak sebagai makanan untuk penderita asam urat berikut:

1.  Sup Sayuran Rendah Purin

Semua jenis sayuran sangat ideal sebagai makanan untuk penderita asam urat dan darah tinggi. Studi menunjukkan ada beberapa jenis sayuran yang tinggi kadar purin. Namun, umumnya kadar purin pada sayuran berpengaruh terhadap risiko peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Beberapa jenis sayuran yang rendah kadar purin, boleh menggunakan alternatif wortel, kentang dan jahe yang bisa dimasak dalam bentuk sup krim. Gunakan kaldu sayuran untuk hasil yang tetap lezat, aman, dan sehat.

2.  Saus Salad Sehat

Salad identik sebagai menu sehat untuk siapapun juga, tapi hati-hati karena dressing atau saus berbasis susu seperti mayones justru bisa berbahaya jika berlebihan. Untuk versi salad buah yang tetap lezat dan pasti sehat serta cocok, gunakan pilihan mayones rendah lemak, perasan lemon untuk vitamin C yang baik untuk asam urat, atau minyak zaitun yang wangi dan baik untuk jantung.

3.  Buah-buahan Segar

Untuk buah yang rendah purin, Anda bisa fokus ke buah yang kaya vitamin C. Prioritaskan yang tidak terlalu tinggi kadar gula (fruktosa) misalnya jeruk, pepaya, nanas, dan semangka supaya tidak berpotensi meningkatkan risiko asam urat. Beberapa ahli kesehatan juga menganjurkan penderita asam urat menambahkan suplemen vitamin C untuk mengatasi keluhan asam urat.

Buah-buahan lezat yang wajib dicoba lainnya antara lain adalah apel, anggur, pir, alpukat yang mengandung asam malic. Buah-buahan tersebut bisa melawan efek produksi asam urat dalam pencernaan.

4.  Ayam atau Bebek

Daging umumnya tidak disarankan untuk penderita asam urat. Namun, Anda boleh memilih ayam atau bebek untuk versi protein yang lebih rendah purin dibandingkan daging merah dan kalkun.

Coba versi panggang yang diperkaya bumbu alami seperti lemon dan rempah. Bahan-bahan tersebut tersebut lebih sehat dan cocok sebagai makanan penderita asam urat, kolesterol, dan darah tinggi dibandingkan bumbu dapur olahan.

5.  Variasi Telur

Telur adalah jenis makanan hewani yang kaya protein, vitamin, mineral, dan rendah purin. Telur juga adalah bahan yang sangat mudah diolah menjadi variasi menu lezat untuk penderita asam urat; seperti telur orak arik, dadar gulung, hingga direbus langsung. 

6.  Sarapan Sehat

Untuk ide sarapan sebagai makanan bagi penderita asam urat yang praktis, sereal tetap bisa jadi pilihan sepanjang dipadukan dengan susu rendah lemak. Sereal kaya akan antioksidan dan serat, sekaligus bisa mencegah asam urat. Susu rendah lemak bisa menjadi sumber protein sehat yang tidak berasal dari daging.

Tambahkan juga topping buah dari jenis berry seperti stroberi, blueberry, atau cherry yang sering dikaitkan dengan berkurangnya kadar asam urat dalam darah. Untuk alternatif sarapan tetap lezat dan praktis, coba saja smoothies susu rendah lemak dan buah manis.

7.  Minuman Penyegar

Pastikan untuk menghindari konsumsi alkohol, sofa, jus olahan, dan kandungan kopi bagi penderita asam urat. Apa sebaiknya solusi minuman lezat dan segar yang aman untuk penderita asam urat?

Anda boleh mencoba jus timun, jus wortel, jus lemon, dan jus bit merah yang efektif mengurangi kadar asam urat. Pastikan tidak menambah gula atau minimal ganti dengan buah kurma sebagai pemanis tambahan.

Beberapa minuman yang bisa menurunkan kadar asam urat antara lain teh hijau secara rutin dan kopi; sepanjang tidak bertentangan dengan kondisi medis lainnya misalnya masalah lambung.

Perubahan Lifestyle untuk Mengatasi Asam Urat

Selain segi konsumsi makanan untuk penderita asam urat, ada juga beberapa cara efektif yang bisa mengatasi risiko asam urat yang berkaitan dengan lifestyle hidup aktif dan sehat, misalnya:

  • Mengurangi berat tubuh berlebihan karena berkaitan dengan resistensi tubuh terhadap insulin. Jika kadar insulin tubuh tinggi, otomatis kadar asam urat juga sulit turun.
  • Rutin berolahraga, yang masih berkaitan dengan bobot tubuh serta mengurangi kadar asam urat tubuh secara alami hingga 50%.
  • Minum air untuk hidrasi maksimal. Air punya cara mengeluarkan kadar asam urat dalam tubuh melalui sistem urine.

Sebaiknya Anda tidak menyepelekan masalah asam urat karena bisa menyerang pasien yang berusia muda atau di bawah usia 30 tahun. Lindungi diri dari risiko penyakit asam urat dengan asuransi kesehatan dari PFI Mega Life. Langkah preventif ini akan mampu memberikan proteksi serta kenyamanan finansial untuk Anda dan keluarga akibat dari risiko kesehatan akibat asam urat.

Temukan berbagai produk asuransi jiwa dan kesehatan dari PFI Mega Life yang siap memudahkan hidup Anda. Asuransi jiwa berjangka Mega Comforta dengan perlindungan ekstra terhadap penyakit kritis dan manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan. Mega Hospital Investa yang menanggung hilangnya potensi penghasilan harian saat perawatan berjalan atau santunan harian rawat inap dan meninggal dunia.

Selalu ada solusi terbaik dari PFI Mega Life untuk perlindungan jiwa dan kesehatan Anda dan keluarga, dengan premi nyaman dan manfaat yang cocok untuk kebutuhan Anda. Hubungi segera PFI Mega Life untuk berkonsultasi secara gratis dan temukan proteksi terbaik untuk Anda dan keluarga.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.