Kesehatan

Jalankan Gaya Hidup Sehat Agar Tak Perlu Menggunakan Dana Darurat

PFI Mega Life
 24 Des 2019
Sekilas air putih nampak sepele, tapi ternyata mempunya banyak manfaat untuk tubuh. Rutin konsumsi air putih agar selalu sehat dan tak perlu pakai dana darurat.

Dana darurat menjadi hal penting yang banyak dibahas oleh ahli keuangan. Dana yang sengaja disimpan di dalam rekening terpisah dan hanya digunakan dalam keadaan tak terduga ini sangat penting keberadaannya. Dana darurat akan menjaga keuangan tetap stabil apapun yang terjadi. 

Salah satu penggunaan dana darurat yang paling sering adalah untuk menanggulangi biaya berobat ketika seseorang jatuh sakit. Hal tersebut tentu saja tidak mengherankan karena biaya perawatan di rumah sakit memang cukup mahal dan banyak orang masih abai pada pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. 

Penggunaan dana darurat untuk membayar tagihan rumah sakit memang tidak salah. Tapi jika dipikir-pikir sayang sekali rasanya menghabiskan uang jutaan rupiah yang sudah dikumpulkan karena kita gagal menjaga kesehatan tubuh. Apalagi usai menjalani pengobatan dana tersebut harus kembali dikumpulkan dari nol. 

Kesadaran untuk menjalani gaya hidup sehat seringkali baru datang ketika penyakit sudah terlanjur menyerang. Padahal menjaga kesehatan ini bisa dimulai dengan hal yang sangat sederhana asalkan benar-benar ada niat untuk tetap menjaga kondisi tubuh. 

 

Pentingnya Menjalankan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

 

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang mengutamakan konsumsi dan aktivitas-akivitas yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Gaya hidup ini juga membuat orang yang menjalankannya harus menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan baik di jangka pendek maupun jangka panjang. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjang gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan sehat juga seharusnya tidak mengandung pengawet buatan, lemak jenuh dalam kadar berlebih, dan kandungan-kandungan lain yang bisa menyebabkan penyakit bagi tubuh.

Makanan alami adalah makanan terbaik bagi tubuh. Tapi tidak hanya sumbernya, cara mengolah makanan juga tidak kalah penting dalam menjaga kualitasnya. Sebaiknya hindari makanan yang diolah dengan cara dibakar karena bisa menjadi pemicu kanker. 

  • Rutin Berolahraga

Setelah menjaga makanan, imbangi upaya untuk menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Kurang melakukan aktivitas fisik memang kerap menjadi masalah masyarakat modern, terutama yang bekerja kantoran. 

Saat ini sudah banyak komunitas gaya hidup sehat millenials yang mengajak masyarakat untuk mulai aktif berolahraga dengan cara yang menyenangkan. Contoh olahraga yang bisa dilakukan dengan cara menyenangkan dan tengah banyak digandrungi adalah Zumba, yoga, TRX, dan lain-lain.

Jika merasa tak punya waktu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga di studio atau bersama komunitas, melakukan olahraga sendiri bisa menjadi pilihan. Cukup lakukan olahraga ringan setiap pagi selama kurang lebih 30 menit sehari.

  • Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Sekilas konsumsi air putih mungkin tampak sebagai sesuatu yang sepele. Padahal sumber mineral terbaik bagi tubuh ini memiliki sangat banyak manfaat dalam hal gaya hidup sehat. Tak heran jika banyak orang mengalami masalah kesehatan hanya karena kurang mengkonsumsi air putih. 

Organ tubuh yang pasti terserang jika malas mengkonsumsi air putih adalah ginjal. Jika organ yang satu ini sudah terganggu maka ada banyak kemungkinan masalah kesehatan pada tubuh mulai dari yang ringan hingga yang berat. 

 

Manfaat Air Putih Sebagai Bagian dari Gaya Hidup Sehat

 

Air putih mengandung 7 mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mineral yang dimaksud adalah Fluoride, Natrium, Kalsium, Magnesium, Silika, dan Zinc. Tubuh tidak bisa memproduksi ketujuh mineral tersebut dalam jumlah yang cukup sehingga dibutuhkan konsumsi air putih yang cukup.

Berikut adalah fungsi dari ketujuh mineral di atas:

-    Fluorida: Berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya karies gigi
-    Natrium: Membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh 
-    Kalsium: Berfungsi menjaga kesehatan tulang 
-    Magnesium: Berfungsi menjaga kesehatan pembuluh darah dan kontraksi otot
-    Silika: Membantu menjaga kelembapan kulit 
-    Zinc: Berfungsi menjaga daya tahan tubuh dan fungsi syaraf otak

Melihat fungsi dari zat-zat yang terkandung di dalam air putih tentu sudah bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika konsumsinya kurang dari jumlah yang dibutuhkan tubuh. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 1 liter air putih setiap harinya, atau kira-kira 8 gelas per hari. 

Jika Anda masih menganggap sepele pengaruh air putih dalam gaya hidup sehat simaklah manfaat lengkap air putih berikut ini:

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup untuk bisa berfungsi secara maksimal. Air putih menjadi salah satu sumber utama dari kebutuhan oksigen tersebut. Oleh karena itulah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan untuk meningkatkan kinerja otak.

Selain dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup, kinerja otak juga akan meningkat ketika tubuh mendapat jatah istirahat yang cukup. Rutin mengkonsumsi air putih dan tidur teratur adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari gaya hidup sehat. 


Baca Juga: Sering Disepelekan, Begini Tips Hidup Sehat dengan Tidur Teratur

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu penyebab manusia terkena penyakit adaah karena sistem kekebalan tubuhnya tidak cukup kuat menangkal serangan virus atau bakteri. Nah, konsumsi air putih bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Manfaatnya akan semakin terasa jika air dikonsumsi dalam keadaan hangat. 

  • Menjaga Kesehatan Hati, Ginjal, dan Jantung

Rutin mengkonsumsi air putih akan membantu menjaga kesehatan organ-organ penting di tubuh manusia. `Terjaganya kesehatan organ tubuh berarti tubuh juga akan terhindari dari penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya adalah hipertensi (tekanan darah tinggi).

Hipertensi memiliki banyak dampak yang berbahaya bagi tubuh, misalnya serangan stroke. Pencegahan hipertensi bisa dilakukan sejak dini salah satunya dengan rutin mengkonsumsi air putih. Selain itu tentunya asupan makanan juga harus sangat diperhatikan. 

Selain rutin mengkonsumsi air putih dan menjaga asupan makanan hipertensi juga dapat dilakukan dengan mengendalikan tingkat stress. Pasalnya stress yang terlalu tinggi memang bisa menyebaban banyak penyakit seperti hipertensi, maag, hingga kondisi-kondisi lain yang jauh lebih buruk. 


Jika dipelajari lebih lanjut ternyata konsumsi air putih memiliki memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, semua orang harus punya kesadaran untuk melakukan hal sederhana ini baik sebagai langkah pencegahan hipertensi sejak dini maupun bagian dari upaya menjaga gaya hidup yang sehat untuk jangka panjang. 

Melakukan langkah sederhana seperti rutin mengkonsumsi air putih memang bisa menjaga Anda dari keharusan menggunakan dana darurat untuk membayar tagihan rumah sakit. Meski begitu Anda tetap harus memiliki langkah proteksi lainnya, misalnya dengan memiliki asuransi rawat inap maupun asuransi penyakit kritis. 

Kedua jenis asuransi di atas akan menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil ketika penyakit menyerang. Jadi, selama proses pengobatan Anda bisa benar-benar fokus pada kesembuhan saja. 

Selain terus berupaya menjalankan gaya hidup sehat, percayakan proteksi diri Anda pada produk asuransi kesehatan dari PFI Mega Life. Produk asuransi yang menjadi unggulan dari perusahaan ini adalah Mega Hospita Investa dan Mega Comforta. Keduanya akan membuat dana darurat Anda tetap aman sekalipun harus menjalani perawatan di rumah sakit. 


Baca Juga: 5 Strategi Menabung Dana Darurat

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.