Kesehatan

6 Gejala Sakit Jantung Pada Wanita yang Harus Diwaspadai

PFI Mega Life
 26 Jul 2021
Gejala penyakit jantung pada wanita tidak spesifik mengarah ke nyeri dada disebabkan oleh tersebarnya plak secara merata di arteri yang membuat aliran darah dan oksigen dari maupun ke jantung menjadi tersendat dan tidak maksimal.

gejala sakit jantung pada wanita

Penyakit jantung menjadi momok bagi siapapun. Pasalnya, tingkat kematian akibat serangan jantung yang dipicu oleh penyakit jantung cukup besar. Bahkan bagi wanita, tingkat kematian setelah sebelumnya mendapati serangan jantung lebih tinggi hingga 50 persen dibandingkan kematian pada pria menurut Texas Heart Institute.

Risiko kematian akibat serangan jantung yang lebih besar ini dikarenakan gejala penyakit jantung pada wanita yang kurang spesifik. Hingga akhirnya ketika sudah diketahui menderita penyumbatan atau gagal jantung, kondisi wanita tersebut jauh lebih riskan dan lemah sehingga risiko kematiannya lebih besar,

Gejala sakit jantung pada wanita kerap tidak melulu mengarah pada tanda-tanda sakit jantung pada umumnya. Bahkan lewat pemeriksaan jantung untuk melihat plak yang menyumbat aliran darah dan oksigen ke jantung, hasil yang didapati bisa mengecoh. Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail ketika mendapati gejala-gejala sakit jantung pada wanita, walaupun seperti tidak mengarah pada gejala penyakit jantung pada umumnya.

 

Perbedaan Sakit Jantung Pada Pria dan Wanita

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa gejala penyakit jantung pada wanita lebih sulit dideteksi daripada gejala penyakit jantung pada pria. Hal ini dikarenakan gejala pada pria terlihat lebih jelas seperti gejala penyakit jantung pada umumnya. Sementara hal tersebut tidak terjadi pada wanita yang ternyata memiliki penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung pada umumnya sendiri kerap mengarah ke bagian dada. Anda yang sering merasakan nyeri dada ataupun dada yang sering berdebar-debar wajib melakukan pemeriksaan ke dokter jantung untuk melihat ada tidaknya masalah pada jantung Anda. Gejala penyakit jantung yang umum lagi dialami seseorang adalah sesak napas. Gejala ini kerap muncul pada penderita yang riwayat penyakit jantungnya cukup parah atau bahkan bisa menjadi penanda awal serangan jantung.

Gejala penyakit jantung pada wanita berbeda dengan pria dan kerap disebut tidak spesifik dipicu oleh posisi plak yang menghalangi aliran darah dan oksigen dari maupun ke jantung. Pada wanita penderita penyakit jantung, posisi plak di aliran menyebar ke seluruh dinding arteri. Kondisi ini tidak hanya membuat gejala penyakit jantung menjadi tidak spesifik, melainkan juga mengecoh hasil pemeriksaan jantung pada wanita.

Pada akhirnya, gejala yang tidak spesifik membuat penanganan penyakit jantung pada wanita menjadi kerap terhambat. Ujung-ujungnya, risiko kematian pun menjadi lebih tinggi.

 

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

gejala sakit jantung pada wanita

Walaupun gejala penyakit jantung pada wanita terlihat tidak spesifik, sebenarnya ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan Anda mempunyai masalah dengan jantung atau tidak. Jika sering merasakan dua gejala atau lebih dari tanda penyakit jantung pada wanita ini, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memastikan kesehatan dan keamanan organ jantung Anda.

1. Dada Terasa Tidak Nyaman

Perempuan yang memiliki masalah dengan jantungnya akan lebih mudah merasa ketidaknyamanan pada area dada. Ketidaknyamanan ini bisa saja berupa nyeri dada. Di mana nyeri dada tidak lain merupakan gejala umum yang hampir pasti dialami oleh pasien-pasien penderita penyakit jantung.

Namun khusus untuk wanita penderita jantung, yang dirasakan bukan sekadar nyeri. Ketidaknyamanan dada yang mengganggu kerap kali hanya berupa dada yang terasa penuh atau sesekali merasa diremas. Tidak ada indikasi dada seperti dipukul atau ditusuk yang menimbulkan nyeri sehingga lebih spesifik dikatakan sebagai gejala penyakit jantung. Tanda ketidaknyamanan dada lainnya yang patut diwaspadai sebagai masalah jantung ada perasaan dada yang seperti diikat sehingga membuat Anda bingung harus bereaksi seperti apa.

2. Nyeri di Berbagai Area Tubuh

Apakah wanita penderita jantung bisa merasakan nyeri dada sebagai gejala penyakit jantung? Tentu saja bisa dan sangat mungkin. Namun, ada keunikan di mana para wanita penderita penyakit jantung justru merasakan nyeri bukan di area dada, namun di berbagai area tubuh lainnya.

Bagian punggung, leher, lengan, bahkan rahang Anda bisa saja merasakan nyeri yang terasa semakin berat dari waktu ke waktu. Rasa nyeri bahkan lebih sering terjadi ketika Anda tidur sehingga menyebabkan wanita penderita masalah jantung lebih mudah terbangun. Jika mengalami hal ini, cobalah segera berkonsultasi ke dokter ahli. Patut diingat, gejala nyeri di berbagai area tubuh ini menandakan plak di arteri semakin menebal. Gejala ini bisa muncul secara bertahap, mendadak, atau hilang timbul dengan frekuensi yang makin intens dari waktu ke waktu.

3. Mudah Terengah-engah

Ketika mengalami sesak napas, banyak dugaan yang muncul, mulai dari gejala penyakit asma yang sedang kambuh sampai serangan jantung yang mesti segera ditindak agar kesempatan hidup penderita lebih besar. Namun, tahukah Anda bahwa sesak napas justru tidak terlalu sering dialami oleh wanita penderita penyakit jantung. Gejala penyakit jantung pada wanita justru lebih sering mengarah ke model napas pendek.

Napas wanita penderita penyakit jantung bahkan bisa dikatakan terlalu sehingga membuat napas terdengar seperti terengah-engah. Napas yang terengah-engah ini bukan hanya terjadi ketika Anda beraktivitas sedang atau berat. Saat sedang bersantai ataupun hanya melakukan aktivitas fisik ringan, bisa saja tiba-tiba Anda merasakan napas yang terengah-engah sebagai penanda jantung yang bekerja terlalu keras. Napas yang terengah-engah ini umumnya akan sedikit membaik apabila Anda meninggikan posisi kepala Anda, misalnya dari posisi berbaring menjadi posisi duduk.

4. Terjadi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bagi Anda mungkin terdengar cukup remeh. Mulai dari merasakan mual, muntah, ataupun diare; Anda bisa saja menganggapnya sebagai imbas salah makan dan bisa lekas pulih dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik. Padahal kenyataannya, beragam masalah pencernaan juga dapat mengarah ke gejala penyakit jantung pada wanita.

Berhati-hatilah apabila Anda sering tiba-tiba merasa mual ataupun muntah karena bisa jadi itu merupakan pertanda adanya masalah jantung. Waspadai pula apabila Anda sering merasakan gejala masalah pencernaan yang membuat Anda merasa perut ditekan dengan kuat sebab kebanyakan wanita yang mengalami kasus serangan jantung kerap mengatakan adanya gejala masalah pencernaan tersebut sebelum serangan jantung menghampiri.

5. Kelelahan Berlebih dan Terjadi Keringat Dingin

Kelelahan setelah melakukan berbagai aktivitas fisik yang cukup berat memang wajar. Namun, jika Anda sering merasa sangat lelah bahkan ketika tidak melakukan kegiatan apapun, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan jangan lupa mengecek kesehatan jantung Anda. Soalnya, gejala penyakit jantung pada wanita kerap mengarah pada kelelahan ekstrem yang sampai membuat kondisi keringat dingin.

Kondisi keringat dingin pun bisa terjadi di luar perasaan lelah yang ekstrem. Wanita yang mengalami masalah jantung bisa saja mengalami keringat dingin ketika sedang melakukan aktivitas ringan atau saat sedang beristirahat dari kegiatan apapun. Jika sering mengalaminya, tidak ada alasan untuk tidak pergi berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.

6. Mengalami Masalah Tidur

Anda mungkin tidak pernah menyangka bahwa sulit tidur pada malam hari merupakan gejala penyakit jantung. Kesulitan tidur sebenarnya harus Anda waspadai. Selain penyakit jantung, berbagai masalah kesehatan serius memang kerap menimbulkan gejala penderita menjadi mengalami masalah tidur.

Gejala penyakit jantung pada wanita pun tidak lepas dari masalah tidur. Beberapa wanita penderita penyakit jantung kerap mendadak mengalami insomnia. Beberapa lainnya kerap terbangun pada waktu tidur sehingga kualitas istirahat menjadi buruk. Perasaan sulit tidur dan muda terbangun sendiri kerap dipicu oleh rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di berbagai area tubuh wanita penderita penyakit jantung.

***

Anda mungkin panik ketika mendapati gejala penyakit jantung pada wanita. Bukan hanya karena risikonya yang besar, biaya untuk pengobatan penyakit jantung tidak jarang menjadi akar dari kepanikan. Memiliki asuransi yang bisa memberikan pertanggungan jika Anda terkena penyakit ini.

PFI Mega Life berkolaborasi dengan Grab kini menghadirkan Sobat Proteksi, yaitu produk asuransi penyakit kritis pertama di Indonesia yang dapat diakses melalui aplikasi Grab. Akses cepat dan praktis bukan satu-satunya keunggulan dari Sobat Proteksi, tetapi juga premi yang terjangkau dan variatif mulai dari Rp20 ribu per bulan. Klik di sini untuk cari tahu detail lengkapnya.

PT PFI Mega Life Insurance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.