Kesehatan

10 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

PFI Mega Life
 06 Jan 2021
Bukan sembarang cara menurunkan berat badan. Ikuti dulu anjuran sehat ahli untuk cara cepat menurunkan berat badan, sekaligus mempertahankannya jangka panjang!

10 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Siapa pun ingin punya berat badan ideal. Banyak diet ekstrem yang menjadi jalur cepat cara menurunkan berat badan yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Cara menurunkan berat badan yang 100% efektif adalah soal konsistensi, tanpa harus melakukan hal-hal yang membahayakan kesehatan.

Masalah seberapa cepat ini akan terselesaikan dengan sendirinya jika kalian melihat hasil secara nyata dan pasti. Hal terpenting adalah, cara menurunkan berat badan dengan cepat harus bisa dipertahankan secara jangka panjang. Yuk, cek 10 anjuran ahli seputar tips dan cara menurunkan berat badan dengan cepat berikut:

 

1.  Jangan lupa sarapan setiap hari

Salah satu cara menurunkan berat badan yang sudah terbukti banyak orang yang sukses langsing adalah sarapan setiap harinya. Anggapan absen sarapan efektif untuk mengurangi kalori itu tidak tepat karena malah akan memicu selera makan sepanjang hari.

Menurut pakar Elizabeth Ward, penulis The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids, telah banyak studi yang menunjukkan mereka yang rutin sarapan memiliki indeks bobot tubuh lebih rendah. Selain itu, performa stamina dan daya konsentrasi mereka lebih tinggi, baik di sekolah maupun lingkungan kerja. Alhasil, mereka tidak akan mudah terdistraksi dan aktivitas berjalan lancar. Sebagai ide menu sarapan, tetap pilih yang rendah kalori dan tinggi protein serta bisa mengenyangkan, seperti sereal dengan topping madu atau buah-buahan.

 

2.  Telusuri kalori masuk dan olahraga

Sangat disarankan mengombinasikan antara kesadaran akan kalori yang masuk dengan olahraga rutin. Pada era digital, sudah banyak tersedia aplikasi jurnal makanan yang bisa digunakan untuk mencatat apa saja yang sudah kalian konsumsi sepanjang hari.

Tren mencatat kalori ini sesungguhnya bukan hal baru dengan total hingga 3,7 juta aplikasi kesehatan yang sudah digunakan per akhir 2017. Aplikasi ini juga sering dibarengi dengan anjuran aktivitas, seperti berolahraga untuk membakar kalori, monitor makanan, dan sebagainya. Tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi sebagai cara cepat menurunkan berat badan, kan?

 

3.  Mengurangi gula dan karbohidrat

10 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet modern sering mengandung kadar gula yang tinggi dan ini sangat berkaitan dengan meningkatkan kasus obesitas secara global. Gula bukan saja hadir dalam makanan sehari-hari seperti camilan, melainkan juga di sajian minuman.

Sedangkan untuk karbohidrat, sebaiknya menghindari yang jenisnya memiliki struktur glukosa tunggal (sederhana) atau istilahnya refined carbohydrates. Karbohidrat jenis ini sudah mengalami pengolahan makanan berulang kali atau proses pabrik, contohnya roti putih, pasta, mie, wafel, dan pizza.

Berbeda dengan karbohidrat utuh, jenis-jenis makanan tersebut sudah tidak lagi mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Tubuh akan dengan cepat memproses karbohidrat tunggal dan berubah menjadi glukosa. Akibatnya, hormon insulin naik dan juga komposisi lemak di jaringan tubuh.

Sebagai cara cepat menurunkan berat badan, coba mulai lebih mengurangi kadar gula dan karbohidrat tunggal. Ganti dengan makanan yang bernutrisi dan belum banyak diproses, misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, gandum utuh, roti gandum, dan teh herba tanpa gula.

 

4.  Prioritaskan juga protein

Menambah minimal satu macam protein yang rendah lemak akan sangat membantu tubuh merasa kenyang dan bertenaga lebih lama. Ini bisa jadi cara menurunkan berat badan dengan cepat karena Anda tidak akan mudah tergoda karena lapar.

Protein bisa mengendalikan hormon yang memicu selera. Hal ini dibuktikan pada riset sekelompok anak remaja yang rutin mengkonsumsi protein tinggi sebagai sarapan, antara lain telur, gandum, kacang-kacangan, bubur quinoa, sarden, chia seed, yoghurt rendah lemak, dan daging-dagingan.

 

5.  Kontrol porsi makan

Tanpa harus bersusah payah dan cukup mengurangi porsi hingga 10-20% secara konsisten, ini bisa jadi cara menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini berlaku juga untuk porsi makanan yang dihidangkan di restoran atau cafe, yang jumlahnya selalu lebih besar daripada kebutuhan tubuh.

Kontrol porsi juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat makan yang lebih kecil, tidak langsung makan dari kemasan, atau tidak menghabiskan waktu berlama-lama di meja makan.

 

6.  Jalani hidup aktif

Kunci dari cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan banyak bergerak, dan akan lebih ideal lagi jika diikuti olahraga rutin. Pilihan olahraga yang paling dianjurkan adalah kardio yang dipadukan dengan mengangkat beban, terutama jika dilakukan 3-4 kali seminggu.

Jika Anda belum bisa menjalankan rutinitas olahraga, minimal usahakan untuk tetap aktif bergerak seperti naik turun tangga, berjalan kaki, dan tidak sering duduk sepanjang hari. Set pengukur langkah di jam tangan atau telepon genggam Anda, dan pasang target berjalan sesuai kemampuan, misalnya 5.000-10.000 langkah. Semua hal kecil ini akan sangat berpengaruh pada pembakaran lemak dalam tubuh.

 

7.  Kurangi asupan alkohol

Alkohol adalah salah satu penyumbang kalori terbesar, apalagi jika disajikan bersamaan dengan jus buah atau tonik yang bisa memperlambat proses metabolisme tubuh dan memicu rasa lapar. Efek dari alkohol juga bisa mengurangi daya pikir sehingga kendali atas niat mengurangi berat badan juga sering gagal total.

Meski hanya 1 gelas anggur, jika dikonsumsi secara rutin per minggu tetap akan menjadi salah satu alasan sulit untuk menurunkan berat badan. Jika Anda seorang peminum alkohol rutin, batasi supaya bisa jadi cara menurunkan berat badan. Jika Anda tidak tertarik mengonsumsi alkohol, pertahankan terus pantangan ini demi kesehatan.

10 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

8.  Kelola stress, tidur cukup

Stres berkepanjangan dan kurang tidur bisa meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh seperti kortisol. Ini ada kaitannya dengan pemicu rasa lapar dan penambahan berat badan. Jika Anda ingin cara cepat menurunkan berat badan, ada baiknya kaji ulang manajemen stres serta menambah jam tidur minimal 30 menit per hari.

 

9.  Ganti kebiasaan makan

Jika Anda termasuk punya kebiasaan makan buru-buru, saatnya untuk makan dengan lebih menikmati secara perlahan. Praktik mindful eating adalah cara makan yang lebih penuh atensi sambil menikmati pilihan makanan yang ada. Jadi, hindari distraksi seperti televisi, makan sambil berdiri, mengunyah terburu-buru, dan tidak memperhatikan pilihan makanan yang disajikan.

 

10.  Percepat waktu makan malam

Idealnya ada waktu minimal tiga jam sejak Anda makan malam dengan jam tidur. Coba set waktu Anda tidak lagi ngemil dengan cara segera menggosok gigi setelah makan malam. Jika merasa agak lapar, coba minum air atau teh tanpa gula dan segera tidur untuk menjaga berat badan.

 

Risiko Kesehatan Jika Berat Badan Tidak Terkontrol

Berat badan yang terlalu gemuk akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Bahaya penyakit seperti serangan jantung, stroke, hipertensi, diabetes, kanker, hingga asma turut membayangi mereka yang cenderung obesitas.

Untuk menghindari diri dari kemungkinan terburuk, ada baiknya untuk mencari cara menurunkan berat badan yang sehat, pasti dan bisa dipertahankan. Tentunya, miliki juga asuransi kesehatan dari PFI Mega Life yang siap mendampingi perjalanan kesehatan dalam hidup Anda. Sambil terus mengejar kesehatan dan tubuh ideal, miliki produk asuransi kesehatan Mega Hospita Investa untuk perlindungan Anda dan keluarga.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.