Kesehatan

10+ Cara Berhenti Merokok Secara Permanen

PFI Mega Life
 19 Nov 2020
Orang sering gagal berhenti merokok karena adanya efek samping ketika Anda tidak lagi mendapat asupan nikotin yang terkandung di dalamnya.

Cara Berhenti Merokok Secara Permanen

Kebiasaan merokok mendatangkan banyak penyakit. Mulai dari penyakit kardiovaskular, paru-paru, sampai ancaman kemandulan mengintai orang-orang yang memiliki kebiasaan mengisap candu nikotin ini. Bagi orang yang sudah terbiasa merokok, berhenti melakukan kebiasaan ini pun menjadi sangat sulit.

Banyak orang sudah mengetahui dan melakukan berbagai cara berhenti merokok. Namun, cara-cara tersebut tidak bertahan lama. Dalam beberapa waktu, orang yang sudah mencoba cara berhenti merokok akhirnya kembali memulai kebiasaan buruknya karena mengalami gejala yang tidak menyenangkan.

Efek berhenti merokok pada awalnya memang menimbulkan beberapa gejala kesehatan yang bagi banyak orang membuat khawatir; mulai dari rasa cemas yang berlebihan sampai detak jantung yang lebih cepat dari seharusnya. Namun, efek-efek tersebut sebenarnya hanya sementara sebagai bentuk adaptasi tubuh.

Bagi yang saat ini masih terus berusaha menghentikan kebiasaan mengisap tembakau, berikut ada beberapa tips berhenti merokok yang dapat Anda lakukan. Cara-cara ini membuat Anda memiliki peluang untuk berhenti merokok secara permanen.

1.  Jauhi Pemicu

Coba pikirkan sekarang, kapan Anda tiba-tiba merasa sangat ingin mengisap rokok, sehabis makan-makanan pedas atau ketika sedang berkumpul bersama teman-teman? Memulai berhenti merokok dapat dilakukan dengan menjauhi pemicu yang membuat Anda merasa sangat ingin merokok.

Kalau pemicunya adalah makanan pedas, sebisa mungkin jangan mengonsumsi makanan tersebut dahulu. Jika Anda selalu ingin merokok ketika berkumpul dengan teman-teman tertentu, cobalah tidak bertemu orang-orang tersebut terlebih dahulu.

Menghindari penyebab yang memicu merokok ini tidak perlu selamanya. Anda hanya perlu menghindari beragam pemicu tersebut di tahap-tahap awal berusaha menghentikan kebiasaan ini.

2.  Tetapkan Alasan

Anda harus punya alasan kuat jika ingin benar-benar berhenti merokok. Semua cara berhenti merokok tidak akan mempan apabila Anda tidak punya dasar alasan untuk lepas dari kebiasaan ini.

Jadi, temukan terlebih dahulu alasan Anda ingin berhenti merokok. Alasan bisa berasal dari diri sendiri atau lingkungan sekitar Anda. Dari diri sendiri, Anda mungkin ingin berhenti merokok karena tiba-tiba mendapati masalah pernapasan yang mengganggu dari kebiasaan tersebut. Dari lingkungan, contohnya Anda sangat ingin berhenti merokok karena ingin menjaga kesehatan anak Anda yang baru lahir.

3.  Hitung Untung-Rugi

Tips berhenti merokok yang satu ini sebenarnya sangat mudah Anda lakukan. Cobalah untuk mulai menghitung untung rugi dari kebiasaan Anda. Seseorang cenderung akan terus melakukan sesuatu kalau memperoleh untung yang besar, bukan?

Sebagai contoh, jika berhenti merokok, Anda akan memiliki keuntungan kesehatan. Anda akan meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner ataupun kanker paru-paru. Anda juga bisa berhemat karena tidak perlu lagi membeli satu atau dua kemasan rokok tiap hari. Uangnya bisa dialihkan untuk liburan atau hal menyenangkan lainnya.

Sebaliknya, jika kebiasaan merokok terus dilanjutkan, Anda harus menyediakan uang untuk terus bisa membeli rokok tiap hari. Anda juga harus bertaruh masalah kesehatan karena lintingan rokok yang Anda isap.

4.  Siapkan Pengganti

Ketika memulai untuk berhenti merokok, salah satu tantangan terbesar adalah rasa asam di mulut yang datang tiba-tiba. Rasa asam tersebut akan lebih kuat terasa tiap kali Anda habis makan atau minum sesuatu. Rasa asam ini pulalah yang kerap menggagalkan rencana seseorang untuk berhenti merokok.

Anda tentu tidak ingin menjumpai kegagalan tersebut hanya karena tidak tahan dengan rasa asam akibat tidak lagi merokok. Jadi sebaiknya sebelum memulai cara berhenti merokok, Anda sudah menyiapkan pengganti rokok untuk mengusir rasa asam yang kerap timbul. Mengunyah permen karet kerap dipilih sebagai pengganti rokok yang mampu menghilangkan rasa asam yang mengganggu tersebut.

5.  Cari Dukungan

Cara Berhenti Merokok Secara Permanen

Anda tidak bisa berhenti merokok secara permanen jika hanya mengandalkan niat dan kekuatan diri sendiri. Pasalnya, akan banyak faktor lingkungan yang bisa membuat Anda kembali melakukan kebiasaan merokok. Contohnya, ada bisa saja kembali merokok ketika bertemu dengan klien sebagai formalitas. Dari formalitas tersebut, Anda pun menjadi kembali terbiasa mengisap lintingan nikotin tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mencari dukungan. Harus ada orang-orang yang selalu berupaya mengingatkan Anda agar bisa berhenti merokok secara permanen. Dukungan tersebut dapat berasal dari keluarga atau teman-teman terdekat.

6.  Bersihkan Hunian

Akan sulit untuk berhenti merokok apabila masih banyak hal yang mengingatkan Anda akan lintingan nikotin tersebut. Hunian pun menjadi tempat yang umumnya menyimpan paling banyak sisa kenangan Anda dengan rokok. Meski jarang merokok di rumah, bau abu rokok pasti banyak tersisa di perabotan rumah karena terbawa oleh Anda.

Alangkah lebih baik ketika hendak memutuskan berhenti merokok, bersihkan terlebih dahulu aroma-aroma sisa rokok dari hunian Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih minim tergoda untuk merokok, setidaknya selama berada di rumah.

7.  Konsumsi Makanan Sehat 

Pernah dengar tidak alasan orang merokok karena ingin kurus? Kemampuan rokok untuk membuat Anda terlihat lebih kurus tidak sepenuhnya mitos. Ini karena efek nikotin pada rokok membuat seseorang mengalami masalah dengan indra perasanya sehingga timbul rasa malas untuk makan dengan benar. Hal inilah yang membuat pecandu rokok bisa menjadi lebih kurus daripada sebelumnya.

Ketika Anda berhenti merokok, kemampuan indra perasa tidak serta-merta kembali dengan cepat. Namun, Anda harus melawannya dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat. Ini bertujuan nutrisi yang diperlukan tubuh terpenuhi sehingga Anda tidak mencari pelarian dengan rokok. Mengonsumsi makanan sehat juga lama-kelamaan dapat memperbaiki efek merokok terhadap indra perasa yang sebelumnya Anda alami.

8.  Mulai Berolahraga

Olahraga dapat menjadi jalan keluar untuk membuat Anda melupakan rokok. Ini karena menurut American Lung Association, olahraga bisa mengalihkan hasrat Anda terhadap nikotin. Dengan berolahraga, muncul hormon dopamine yang merupakan salah satu hormon kebahagiaan. Hormon ini membuat Anda tidak lagi mencari-cari rokok.

Banyak olahraga yang dapat Anda lakukan sebagai pengalihan dari merokok. Namun, carilah olahraga yang bisa Anda lakukan rutin setiap hari, seperti jalan santai ataupun lari. Selain mampu membuat Anda lepas dari kebiasaan merokok, rutin berolahraga juga mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

9.  Mengelola Stres

Salah satu efek berhenti merokok yang paling mudah dirasakan oleh adanya perasaan cemas berlebih. Kondisi ini wajar karena rokok menimbulkan kecanduan. Mencoba berhenti artinya Anda sedang berusaha lepas dari hal yang Anda anggap membahagiakan selama ini. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat Anda mudah merasa cemas.

Dalam kondisi demikian, Anda harus lebih pintar mengelola stres. Jika tidak mampu mengelola stres, Anda akan mudah kembali merokok. Anda bisa mengelola stres dengan mencari kegiatan baru yang menyenangkan perasaan.

Anda juga dapat melakukan hobi yang selama ini jarang dilakukan guna mengelola stres secara lebih baik. Mencoba untuk mendengarkan musik yang disuka ataupun merelaksasi diri dengan dipijat juga dapat meredakan ketegangan akibat efek berhenti merokok.

10.  Lakukan Konseling

Cara Berhenti Merokok Secara Permanen

Merokok tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik Anda, tetapi juga menyerang sisi psikologis. Ketika hendak berhenti merokok, ada bagian dari diri yang memberontak dan tidak mau Anda melakukan hal tersebut. Untuk menanganinya, ada bisa melakukan konseling dengan profesional.

Terapi konseling dapat membantu Anda guna lebih fokus untuk berhenti merokok. Anda dapat memperoleh konseling dengan psikolog atau konselor yang sudah memiliki izin. Dengan konseling, Anda juga bisa mengurangi efek berhenti merokok berupa kecemasan yang berlebihan.

11.  Hipnosis

Tidak semua orang mau melakukan tips berhenti merokok yang satu ini. Akan tetapi, jika Anda termasuk pencandu rokok yang kuat dan selama ini kerap gagal berhenti merokok, tidak ada salahnya mencoba lepas dari ketergantungan nikotin dengan terapi hipnosis.

Cara berhenti merokok memakai hipnosis dipercaya ampuh membuat Anda mengubah pandangan terhadap rokok. Pasalnya ketika sedang diterapi, Anda akan dibuat rileks dan berulang kali didengarkan saran untuk berhenti merokok. Namun tentu saja, ketika Anda memutuskan untuk melakukan hipnosis agar berhenti merokok, alangkah lebih baik melakukannya dengan seorang profesional.

12.  Terapi Nikotin

Candu terhadap nikotin merupakan penyebab banyak orang gagal berhenti merokok. Ini karena asupan nikotin yang sudah dikonsumsi sebelumnya membuat Anda mengalami ketergantungan yang meningkatkan stres. Karena itu, ketika memutuskan berhenti merokok, Anda sebaiknya juga menjalankan terapi pengganti nikotin.

Pada terapi ini, nikotin akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah. Hanya saja, kadar nikotin dipastikan lebih rendah dan tidak mengandung tar, karbonmonoksida, ataupun zat berbahaya lainnya yang lazim ada di sebatang rokok.

Dengan tetap adanya nikotin yang masuk ke tubuh, efek berhenti merokok dapat seperti dada berdebar dan cemas yang berlebihan bisa dikurangi. Hasrat untuk kembali merokok pun dapat ditekan seminimal mungkin.

13.  Obat-obatan Medis

Berhenti merokok pun dapat dilakukan dengan melakukan upaya medis. Datangilah dokter dan katakan keinginan Anda untuk berhenti merokok. Umumnya dokter akan memberikan tips berhenti merokok berupaya nasihat serta resep obat-obatan tertentu.

Obat-obatan itu memengaruhi sistem kerja otak sehingga mampu mengurangi hasrat Anda untuk mengisap lintingan nikotin. Dengan mengonsumsi obat-obatan medis tersebut pula, beberapa efek berhenti merokok yang membuat orang gagal menjauhi rokok dapat ditiadakan.

14.  Hadiahi Diri Sendiri

Buat perjanjian dengan diri sendiri. Apabila dalam jangka waktu tertentu sukses tidak mengisap rokok, Anda berhak menghadiahi diri dengan sesuatu yang menyenangkan. Perjanjian dapat terus diperbaharui tiap kali Anda berhasil melewati jangka waktu tertentu untuk tidak merokok.

Mungkin Anda berpikir darimana uang untuk menghadiahi diri sendiri atas pencapaian tidak merokok. Simpel saja, Anda bisa menggunakan uang yang seharusnya untuk membeli merokok untuk dialihkan menjadi hadiah bagi diri sendiri.

15.  Terus Berusaha

Anda mungkin pernah gagal berhenti merokok. Sejak saat itu, Anda menjadi malas untuk mengikuti berbagai cara berhenti merokok karena berpikir akan kembali gagal seperti sebelumnya.

Kunci untuk bisa sukses berhenti merokok adalah terus berusaha. Anda mungkin pernah gagal melakukannya. Namun, dengan niat dan perencanaan yang lebih matang, Anda pasti bisa berhenti merokok secara permanen!

Upaya Anda untuk berhenti merokok akan semakin kuat apabila Anda menyadari betapa besar biaya pelayanan kesehatan yang menanti Anda akibat mengalami berbagai keluhan sakit karena merokok. Ini karena merokok dapat menyebabkan beragam penyakit kronis.

Selain berhenti merokok, mulailah persiapkan asuransi yang bisa menanggung biaya kesehatan yang dibutuhkan di kemudian hari. Dengan menjadi peserta asuransi kesehatan seperti PFI Mega Life, Anda bisa tenang menghadapi ancaman penyakit akibat kebiasaan merokok yang sempat Anda lakukan dulu.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.