Kesehatan

Beberapa Gejala Asam Urat Yang Perlu Diperhatikan

PFI Megalife
 12 Des 2018
Perlu diwaspadai gejala asam urat berikut ini!

Pernahkah kalian merasakan nyeri atau sakit pada sendi? Nah, bisa dipastikan nyeri tersebut adalah salah satu gejala dari asam urat. Penyakit asam urat ini dapat menyerang seluruh tubuh terutama lutut, pergelangan tangan dan kaki, dan bahkan jempol. Penyakit ini diakibatkan oleh terlalu banyaknya purin yang berasal dari makanan yang kalian makan. Di samping itu, gangguan kesehatan yang satu ini merupakan suatu peradangan pada sendi yang lebih dikenal denga sebutan “encok”. Kemudian, banyaknya kadar purin yang mengendap pada tubuh atau suatu bagian tubuh tertentu akan membuat kesakitan dan rasa nyeri. Tapi, hal ini bukanlah satu- satunya gejala asam urat yang diakibatkan oleh asam urat. Berikut ini beberapa gejala lengkapnya:

1. Nyeri Sendi Bagian Kaki

 

Gejala asam urat pertama yang paling mudah ditemukan dari masalah kesehatan yang satu ini adalah nyeri sendi bagian kaki. Gangguan kesehatan yang sering dialami oleh orang tua ini membuat sendi- sendi di kaki mereka terasa panas dan nyeri. Seringnya, nyeri ini didapatkan ketika bangun tidur dan ketika akan tidur.

2. Sakit Jempol Kaki

 

Terfokus pada jempol kaki, gejala yang satu ini sangatlah mengganggu penderitanya. Pasien biasanya sampai mudah emosi dan tidak bisa tidur karena gangguan kesehatan ini. Di samping itu, satu- satunya langkah yang tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan ini adalah memeriksakannya ke dokter terpercaya kalian.

3. Kaki Terasa Terbakar

 

Dan lagi, gejala dari serangan asam urat terdapat pada kaki. Perasaan yang terbakar dari ujung kaki dapat menyebar ke seluruh tubuh. Gangguan ini juga akan mengganggu kenyamanan istirahat dari si penderita. Selain itu, masalah kesehatan yang ini dapat terjadi sering maupun jarang tergantung pada tingginya kadar asam urat yang diderita.

4. Sendi Tidak Nyaman

 

Kondisi ini biasanya didapat setelah gejala nyeri yang lain terjadi dan menyiksa penderita. Sendi yang diserang akan terasa tidak enak untuk digerakkan maupun digunakan untuk aktivitas yang lain. Untungnya, setelah gejala yang ini, sendi akan terasa nyaman lagi seperti sedia kala.

5. Kemerahan Sendi

 

Gejala ini akan muncul ketika gejala kaki yang terasa terbakar tadi terjadi secara terus menerus. Waspadalah karena gejala ini artinya asam urat yang ada dalam tubuh kalian sangat tinggi. Gejala ini seringkali terabaikan oleh penderita asam urat, namun akan terlihat setelah rasa panas yang terjadi berkali- kali dan parah.

6. Pergelangan Sendi Sulit Bergerak

 

Tumpukan kadar purin yang mengendap dalam sendi membuat para penderita sulit bergerak dan akan membuatnya tidak nyaman dalam menjalani aktivitasnya. Seringkali, gejala ini hanya terjadi pada pergelangan kaki. Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan ini, segeralah periksa ke dokter andala kalian.

7. Persendian Bengkak

 

Menumpuknya kadar purin dalam darah dialirkan menuju ke sendi dan mengakibatkan gejala yang satu ini. Persendian bengkak sering diderita orang lanjut usia yang mengalami asam urat dengan kadar yang tinggi. Oleh karena itu, apabila kalian memiliki kakek atau orang lain yang tergolong usia tua, perhatikanlah gejala yang satu ini karena gejala ini adalah satu- satunya gejala yang dapat dilihat oleh orang lain. Di lain sisi, kadar gula darah yang tinggi juga menyebabkan tanda gangguan kesehatan yang satu ini. Jadi tidak ada salahnya untuk memeriksakan masalah ini kepada dokter untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

8. Durasi Nyeri Berlangsung Semakin Lama

 

Amati perkiraan durasi yang diderita dari gejala dan nyeri yang disebutkan di atas, apakah durasinya berlangsung semakin lama ataukah semakin cepat. Apabila semakin lama, ditakutkan penyakit asam urat yang kalian derita semakin parah dan tidak terobati. Oleh karena itu, perhatian terhadap kondisi tubuh kalian masing- masing sangat diperlukan.

Demikianlah beberapa gejala yang seringkali menyerang para penderita asam urat. Untuk kalian yang merasa mendapati salah satu gejala asam urat di atas, segeralah periksakan ke dokter pribadi, puskesmas, ataupun rumah sakit kepercayaan kalian untuk mencegah bertambah parahnya masalah kesehatan yang satu ini.

Setelah mengetahui gejala-gejala penyakit asam urat, ada baiknya segera periksa ke dokter sebelum gejala tersebut semakin parah dan tidak dapat diobati. Karena lebih baik mencegah penyakit itu datang daripada harus mengobati ketika sudah parah.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGIRIMKAN KOMENTAR ANDA

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.