1 Likes
Investasi

Ingin Investasi Dengan Modal Kecil? Lakukan 5 Tips Ini Yuk!

PFI Mega Life
 28 Apr 2020
Investasi modal kecil bisa Anda lakukan sekarang juga tanpa membebani pengeluaran rutin. Yuk, simak 5 tipsnya berikut ini!

Ingin Investasi Dengan Modal Kecil? Lakukan 5 Tips Ini Yuk!

Melakukan investasi untuk masa depan amat disarankan di tengah kondisi tidak pasti saat ini. Tak harus tunggu memiliki banyak uang untuk investasi, Anda perlu berinvestasi berapa pun jumlah uang Anda. Tidak perlu bimbang jika hanya punya sedikit uang, Anda tetap bisa berinvestasi karena ada banyak investasi modal kecil yang bisa dilakukan.

Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apa pun sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan jumlah dana yang dimiliki. Untuk memulai investasi modal kecil, memang Anda tak bisa langsung membeli saham perusahaan besar dan mengharapkan keuntungan besar dengan segera. Meski demikian, investasi dengan sedikit uang ini bisa menguntungkan saat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Nah, untuk Anda yang sudah tak sabar untuk investasi modal kecil, Anda bisa melakukan lima tips berikut ini!

1.  Mengumpulkan uang secara rutin setiap hari

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan investasi apa pun adalah mengumpulkan uang. Jika Anda kesulitan menyisihkan langsung sebagian dari pendapatan atau gaji bulanan, mulailah dari hal yang paling sederhana yaitu menabung uang kecil setiap hari secara rutin. Setelah lewat beberapa waktu dan jumlahnya terasa cukup untuk jumlah minimal investasi, Anda bisa menggunakannya untuk berinvestasi.

Ada banyak cara yang bisa membantu Anda untuk disiplin dalam mengumpulkan uang ini. Anda bisa menyiapkan toples yang setiap hari wajib diisi uang Rp 2.000, Rp 5.000, atau Rp 10.000. Kelihatannya hanya sedikit, tetapi dalam satu atau dua bulan, jumlahnya cukup untuk beberapa jenis investasi modal kecil yang banyak ditawarkan saat ini.

2.  Mencoba berinvestasi reksadana

Ada beberapa jenis investasi modal kecil yang tersedia seperti menabung emas, membeli sukuk, hingga reksadana. Jika dana investasi Anda benar-benar minim, reksadana bisa menjadi pilihan investasi yang paling tepat. Investasi tersebut benar-benar memudahkan Anda dari aspek modal maupun prosedurnya.

Reksadana menggunakan mekanisme pengumpulan modal dari banyak investor sekaligus yang kemudian digunakan untuk membeli saham atau obligasi. Semua ini dilakukan manajer investasi yang biasanya telah berpengalaman. Itu sebabnya Anda bisa berinvestasi reksadana dalam jumlah yang sangat kecil. Ini karena dana Anda akan digabungkan dengan dana milik orang lain agar cukup untuk membeli saham atau obligasi.

Investasi dalam bentuk reksadana saat ini tergolong sangat populer dan disukai orang banyak karena kemudahannya. Beberapa penyelenggara reksadana bahkan memperbolehkan Anda berinvestasi mulai dari Rp 10.000 saja! Ditambah kemudahan untuk menambah modal investasi secara online kapan pun, reksadana benar-benar amat menggiurkan untuk investasi modal kecil.

3.  Ambil investasi emas saat dana mulai mencukupi

Setelah Anda memiliki dana yang cukup dari hasil menabung untuk investasi, Anda bisa mulai mencoba investasi emas. Emas disukai banyak orang karena tidak ribet dan dianggap aman karena hampir selalu ada kenaikan harga emas.

Walaupun keuntungan yang didapat biasanya tidak sebesar jenis investasi lain, risiko yang dimiliki sangat minim dan cocok untuk mereka yang bermodal cekak. Tentu Anda tak ingin dana Anda yang sedikit hangus karena berinvestasi di hal-hal yang berisiko tinggi, bukan?

Bagi Anda yang menyasar investasi modal kecil dalam jumlah nominal yang benar-benar kecil sekali, bisa mencoba produk-produk investasi emas online. Umumnya Anda bisa membeli emas dengan nominal Rp 3.000 saja! Tentu dengan syarat tertentu seperti emas bisa dikirim pada Anda jika Anda sudah memiliki emas seberat batas minimal tertentu. Meski demikian, tidak ada ruginya karena Anda bisa mencicil membeli emas kan?

4.  Lakukan investasi properti dengan modal kecil

Dalam benak banyak orang, investasi properti selalu dikaitkan dengan modal besar. Hal tersebut memang benar jika mindset Anda mengenai investasi properti hanya melulu tentang membeli properti untuk dijual lagi. Padahal, sesungguhnya Anda bisa investasi properti dengan cara lain seperti menyewakan properti yang sudah Anda miliki.

Jika memiliki tanah atau bangunan kosong, Anda bisa menyewakannya. Hanya dengan modal sedikit saja untuk persiapan sebelum disewa, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. Selanjutnya, jika sudah ada sedikit keuntungan, Anda bisa mengajak orang lain bekerja sama untuk membeli properti dan hasilnya bisa dibagi untuk keuntungan bersama. Nah, bahkan investasi modal kecil di bidang properti bukan hal yang mustahil!

5.  Investasi dalam bentuk asuransi dan dana pensiun

Jika Anda bertanya apakah investasi dalam bentuk asuransi itu mungkin, jawabannya adalah “ya”. Sekilas, memang tujuan asuransi dan investasi itu berbeda. Asuransi bertujuan untuk melindungi Anda dari risiko, sementara investasi bertujuan mengembangkan dana atau aset dengan mengambil risiko yang terukur. Namun, kini sudah banyak tersedia produk asuransi investasi yang memberikan perlindungan bagi Anda sekaligus berinvestasi.

Menyisihkan sedikit gaji bulanan untuk dana pensiun juga tergolong investasi yang menguntungkan masa tua Anda. Tidak perlu langsung banyak, Anda bisa memulainya dengan menyisihkan 1 persen saja dari pendapatan bulanan Anda.

Jumlah yang kecil tersebut tidak akan terasa jika dimulai saat ini juga. Setelah itu, seiring dengan berjalannya investasi lain dan kenaikan pendapatan Anda, Anda bisa mulai meningkatkan porsi dana pensiun menjadi dua atau tiga persen per bulan.

Melalui tips-tips investasi modal kecil di atas, kini Anda bisa mengelola uang dengan lebih baik. Tak peduli sesedikit apa uang yang Anda miliki, jika diatur dengan baik dapat memberikan jaminan masa depan. Apalagi jika Anda tak hanya berjaga-jaga secara finansial melalui investasi dana, tapi juga investasi pada perlindungan diri.

Ya, untuk kebutuhan perlindungan diri, Anda perlu memiliki asuransi kesehatan agar tidak kerepotan saat tiba-tiba sakit. Tak peduli usia Anda masih muda, sakit penyakit bisa datang kapan pun tanpa pandang bulu.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia, siapa yang bisa menjamin jika Anda tiba-tiba sakit selain asuransi kesehatan? Jangan biarkan tabungan Anda ludes seketika karena harus menanggung biaya kesehatan yang luar biasa. Itu sebabnya Anda harus memiliki asuransi kesehatan secepatnya.

Bagaimana Mendapatkan Perlindungan Diri yang Tepat?

Ingin Investasi Dengan Modal Kecil? Lakukan 5 Tips Ini Yuk!

Nah, untuk kebutuhan perlindungan diri tersebut, Anda bisa mempercayakannya pada PFI Megalife lewat produk Mega Hospital Investa dan Mega Comforta. Melalui Mega Hospital Investa, Anda akan mendapatkan begitu banyak manfaat seperti santunan harian saat rawat inap, bonus jika tidak ada klaim dalam waktu tertentu, serta santunan meninggal dunia. Dengan premi yang terbilang cukup kecil, produk ini adalah salah satu yang paling populer dari PFI Megalife.

Anda bisa mempersiapkan perlindungan diri jangka panjang lewat Mega Comforta. Produk ini adalah asuransi jiwa yang memberikan santunan 100% uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia. Bahkan jika meninggal karena kecelakaan dalam masa asuransi, maka uang pertanggungan akan diberikan sebesar 500%! Yuk, jangan tunggu lama untuk melindungi diri Anda. Ingat, investasi tak cukup pada materi saja, tapi juga pada diri Anda!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.