Investasi

Pengertian Tabungan Menurut Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

PFI Mega Life
 25 Agu 2020
Secara garis besar ada empat jenis tabungan di Indonesia yang memiliki fungsi dan manfaat berbeda.

Pengertian Tabungan Menurut Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

Hampir tiap orang sudah tidak asing dengan pengertian tabungan. Jika ditanya mengenai pengertian menabung, setiap orang bisa dengan mudah mengungkapkan definisinya; tabungan adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan untuk kebutuhan masa depan, atau sebagai alat berjaga-jaga jika ada suatu kebutuhan mendadak.

Budaya menabung sebenarnya sudah lama diterapkan di Indonesia. Hanya saja, semakin berkembangnya zaman, media menabung pun berubah. Jika dulu menabung umumnya dilakukan di celengan atau disimpan di tempat rahasia di rumah, kebanyakan orang saat ini menaruh tabungannya di bank.

Banyak pertimbangan orang memilih menabung di bank. Pertimbangan tersebut meliputi manfaat juga fungsi uang yang disimpan. Dari manfaat dan fungsi tersebut, nyatanya tabungan di bank juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis.

 

Cek Manfaat Menabung

Secara umum, menabung memiliki banyak manfaat bagi kehidupan Anda, khususnya terkait finansial. Berikut beberapa manfaat menabung yang bisa Anda rasakan ketika memutuskan menyimpan uang Anda di bank.

1.  Lebih Aman dan Terjamin

Anda akan merasa lebih aman ketika memutuskan menabung di bank. Ini karena uang Anda dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dalam jumlah tertentu, uang Anda tidak akan hilang. Ini berbeda jika Anda menyimpan uang di lemari atau bawah bantal karena kemungkinan hilang akibat tercecer atau dicuri lebih tinggi.

2.  Lebih Praktis

Menabung di bank akan membuat Anda lebih praktis dalam mengelola keuangan. Sebagian besar uang yang ditabung di bank bisa diambil atau disetor kapan saja sesuai kebutuhan dan kesediaan Anda; walau memang ada beberapa jenis tabungan yang tidak terlalu fleksibel seperti deposito atau tabungan berjangka.

Kepraktisan menabung di bank semakin unggul karena bank sudah menyediakan layanan secara elektronik yang bisa mengakomodasi kebutuhan Anda hingga 24 jam dalam sehari lewat ATM, internet banking, maupun mobile banking.

3.  Nilai Berkembang

Sebanyak apa pun uang yang Anda tabung di celengan, nilainya tidak akan bertambah walaupun sudah disimpan selama bertahun-tahun. Berbeda ketika Anda memutuskan menabung di bank. Ada kesempatan nilai uang tabungan Anda berkembang akibat akumulasi bunga yang ditetapkan bank yang bersangkutan. Besar bunga tabungan akan diberikan dengan nilai selaras saldo rekening tabungan Anda. Semakin banyak saldo tabungan Anda, bunga yang diberi bank juga menjadi lebih besar.

 

Beragam Jenis Tabungan

Pengertian Tabungan Menurut Jenis, Manfaat, dan Fungsinya

Apa kira-kira manfaat dan fungsi tabungan yang Anda harapkan? Setiap orang biasa memiliki tujuan menabung yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Manfaat dan fungsi yang Anda harapkan dari tabungan sangat mungkin tak sama dengan orang lain.

Perbankan pun menyadari beragamnya manfaat dan fungsi yang diharapkan masyarakat dari kegiatan menabung. Karena itulah, berbagai produk tabungan dikeluarkan untuk bisa memenuhi tujuan finansial dari tiap orang.

Secara umum, di Indonesia setidaknya terdapat empat jenis tabungan apabila dilihat dari manfaat dan fungsinya. Berikut adalah jenis-jenis tabungan yang mungkin sudah Anda miliki atau malah ingin Anda lakukan.

1.  Tabungan Konvensional

Layaknya celengan atau uang simpanan di dalam lemari, tabungan konvensional di bank bisa Anda ambil kapan saja. Hanya saja perbedaannya, tabungan konvensional di bank memiliki fasilitas transaksi yang lebih praktis. Anda bisa melakukan pengambilan uang lewat teller ataupun ATM ataupun fasilitas elektronik perbankan lainnya. Anda juga bisa mudah melakukan transfer atau pembayaran tagihan lewat dana dalam tabungan konvensional dengan ATM, mobile banking, juga internet banking.

Manfaat penambahan nilai tabungan juga terbuka bagi Anda yang memilih tabungan konvensional di bank. Saat ini, bunga rekening tabungan konvensional di perbankan Indonesia rata-rata berkisar 0-3 persen. Menabung konvensional di bank umumnya dilakukan hanya sebagai dana jaga-jaga atau tempat menyimpan uang untuk berbagai kebutuhan.

2.  Tabungan Giro

Tabungan adalah dana simpanan yang digunakan untuk berbagai tujuan. Tidak hanya berfungsi sebagai dana jaga-jaga untuk kebutuhan pribadi, tabungan yang bersifat bisnis juga ada. Jenis tabungan ini disebut tabungan giro. Jenis tabungan ini menyimpan dana bisnis suatu perusahaan yang akan digunakan untuk kebutuhan perusahaan juga.

Tabungan giro tidak sefleksibel jenis tabungan konvensional yang bisa diambil kapan saja dan di mana saja lewat fasilitas elektronik perbankan. Dana yang ada dalam rekening tabungan giro hanya bisa diambil menggunakan cek atau bilyet giro.

Dengan jenis tabungan ini, penabung yang merupakan perusahaan mendapatkan keuntungan tidak dikenakannya atau lebih kecilnya biaya transaksi yang dikenakan untuk administrasi. Namun di sisi lain, bunga untuk tabungan giro lebih kecil daripada tabungan konvensional.

3.  Tabungan Investasi

Sesuai namanya, jenis tabungan yang satu ini lebih berfungsi untuk memperoleh peningkatan nilai dana yang disimpan. Nilai dana akan bertambah dikarenakan tingkat bunga yang diberikan perbankan untuk jenis tabungan investasi lebih besar daripada tabungan konvensional maupun tabungan giro. Ada beberapa manfaat tabungan yang mungkin sulit Anda rasakan ketika memilih jenis tabungan investasi. Salah satunya terkait kepraktisan dan fleksibilitas.

Tabungan investasi tidak bisa diambil kapan saja dan di mana saja. Bahkan umumnya, tabungan berjenis investasi memiliki syarat waktu pengambilan yang sudah ditentukan sejak awal menabung. Jadi jika Anda membutuhkan dana tersebut sewaktu-waktu di luar waktu perjanjian, ada risiko pengurangan nilai atau denda. Dari jenis fleksibilitasnya, setidaknya terdapat dua subjenis dari tabungan investasi.

· Deposito

Ketika memilih menaruh dana dalam deposito, artinya Anda harus mempersiapkan diri untuk hanya bisa mengambil dana di jangka waktu 3, 6, atau 12 bulan sekali sesuai kesepakatan. Jika melanggar dan hendak mengambil dana sebelum jatuh tempo, bank akan menerapkan sistem penalti.

Bunga di deposito tentunya lebih tinggi daripada bunga tabungan konvensional, rata-rata bisa mencapai 4-6 persen. Bank akan memberikan bunga kepada nasabah deposito sesuai aturan suku bunga deposito yang diputuskan Bank Indonesia tiap bulannya. Hati-hati jika ada bank yang menawarkan bunga deposito lebih tinggi daripada ketentuan Bank Indonesia sebab itu artinya dana Anda tidak dijamin LPS.

· Tabungan Berjangka

Fungsi tabungan untuk memenuhi tujuan finansial sangat kentara ketika adalah memilih tabungan berjangka. Lebih daripada deposito, jangka waktu penyimpanan uang di tabungan berjangka bisa menyentuh tahunan sesuai dengan target tujuan yang hendak Anda capai. Pengambilan di luar jangka waktu yang ditetapkan akan membuat Anda rugi karena dikenakan denda.  Selama jangka waktu tersebut pula, Anda diharuskan untuk terus menabung tiap bulan dengan ketentuan jumlah yang telah disepakati pada awal.

Tingkat bunga yang diberikan untuk dana nasabah tabungan berjangka bervariasi, tergantung produk yang ditawarkan suatu bank. Namun rata-rata, besaran bunga yang diberikan untuk jenis tabungan ini 3-7 persen. Nilai tersebut lebih besar dari bunga tabungan konvensional. Di sisi lain, nilai tersebut juga bisa lebih besar daripada bunga deposito atau malah sebaliknya lebih kecil.

4.  Tabungan Haji

Bagi Anda yang beragama Islam, salah satu lagi jenis tabungan yang bisa memberikan manfaat ekstra bagi Anda. Anda bisa melakukan cicilan untuk tujuan keberangkatan naik haji. Ketika memilih tabungan haji, artinya Anda juga harus bersiap dengan tidak fleksibelnya urusan pengambilan dana. Pasalnya, dana tabungan haji baru bisa diambil ketika dana yang ada sudah mencapai minimal nominal yang ditetapkan.

Keunggulan tabungan haji lebih dari sekadar mendapat fasilitas menyimpan dana. Anda juga akan langsung diarahkan mendaftarkan diri untuk menunggu keberangkatan haji jika nominal yang disimpan sudah memenuhi ketentuan. Anda bahkan juga memperoleh asuransi jiwa selama menjadi nasabah tabungan haji. Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak mengherankan syarat dan dokumen yang mesti disiapkan untuk menjadi nasabah tabungan haji menjadi lebih banyak, mulai dari dana, identitas diri, sampai riwayat kesehatan.

Tabungan adalah kegiatan menyimpan dana untuk mencapai tujuan Anda, mulai dari dana jaga-jaga atau suatu keinginan finansial di masa depan. Memilih jenis tabungan pun sebaiknya disesuaikan dengan manfaat dan fungsi yang hendak Anda rasakan tersebut.

Namun yang perlu diingat, berapa pun banyaknya tabungan Anda, nilainya bisa tergerus seiring berjalan waktu, terutama jika berurusan dengan biaya kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan akan lebih baik dalam menjaga nilai tabungan agar bisa tetap digunakan untuk tujuan finansial. Karena itulah, produk asuransi kesehatan dari PFI Mega Life bisa menjadi pilihan Anda dalam menjaga dana tabungan dan dana kesehatan lebih terkendali.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.