Investasi

8 Manfaat Pasar Modal yang Dirasakan Setiap Orang

PFI Mega Life
 22 Feb 2021
Yakin sudah kenal dan paham dengan pasar modal? Banyak yang sudah merasakan manfaat pasar modal, jadi jangan ketinggalan dan mulai edukasi diri sejak sekarang!

8 Manfaat Pasar Modal yang Dirasakan Setiap Orang

Berbagai istilah seputar dunia investasi memang bisa cukup membingungkan. Bahkan, saat Anda sudah yakin atas sebuah definisi, bisa saja ternyata pemahamannya masih salah atau belum lengkap. Contohnya untuk topik seputar pasar modal yang sering terdengar, tetapi masih kurang dipahami. Cek dulu fakta lengkapnya termasuk manfaat pasar modal baik baik emiten maupun bagi investor.

 

Memahami Pasar Modal Secara Komplit

Definisi Pasar Modal

Dikutip dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksadana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Manfaat pasar modal akan dirasakan untuk berbagai pelaku pihak yang termasuk di dalamnya.

Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun) antara lain saham, surat utang (obligasi, waran, right), reksadana, exchange-traded fund (ETF), dan berbagai instrumen derivatif seperti option, dan futures.

Definisi pasar modal juga sudah diatur secara resmi melalui Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8/1995 tentang Pasar Modal yang mendefinisikan pasar modal sebagai “kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek”.

Cara Kerja Pasar Modal

Pasar modal sesungguhnya adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dengan jenis-jenis produk atau instrumen keuangan yang tersedia. Pasar modal pun jadi sebuah penghubung antara perusahaan atau institusi pemerintah dengan para investor untuk transaksi perekonomian.

Tentunya dibutuhkan cara kerja atau mekanisme pasar modal supaya tata tertib perdagangan dalam pasar modal bisa berlangsung lancar. Di Indonesia, pasar modal ini dikenal dengan nama Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX), tempat perusahaan bisa mendaftarkan diri atau go public.

Dengan demikian, sebuah perusahaan akan bisa menjual atau menawarkan sahamnya kepada publik atau masyarakat, yang disebut juga IPO (Initial Public Offering). Hal yang sama juga bisa dilakukan institusi pemerintah atau BUMN agar sahamnya bisa diperjualbelikan melalui BEI kepada masyarakat umum. Dalam hal ini, pihak yang berniat untuk melakukan IPO atau go public harus mengikuti prosedur listing seperti permohonan pencatatan saham hingga evaluasi saham oleh BEI dan OJK.

Setelah sebuah saham resmi melantai di pasar modal, masyarakat bisa menikmati jual beli untuk mendapatkan manfaat pasar modal seperti meraih profit investasi. Untuk hal ini, tersedia berbagai perusahaan yang menyediakan akses ke pasar modal melalui rekening atau fasilitas resmi.

Tujuan Pasar Modal

Merujuk pada UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pasar modal merupakan suatu kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek. Perusahaan publik yang berkaitan dengan suatu efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pembentukan pasar modal tentu saja memiliki tujuan seperti berikut ini:

  • Menghimpun kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan suatu pertumbuhan ekonomi.
  • Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut mempunyai perusahaan dan ikut menikmati hasilnya (laba).

 

Peran dan Manfaat Pasar Modal bagi Pelaku

8 Manfaat Pasar Modal yang Dirasakan Setiap Orang

Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu:

  1. Sebagai sarana bagi pendanaan usaha sehingga perusahaan bisa mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk berbagai tujuan bisnis.
  2. Sebagai sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan

Sedangkan jika dikaji dari segi manfaat pasar modal, maka bisa dikembalikan lagi dari aspek pelaku yang terkait di dalamnya yaitu:

Manfaat Pasar Modal bagi Emiten/Perusahaan

Manfaat pasar modal bagi emiten atau perusahaan umumnya adalah menghimpun dana sebagai sumber pembiayaan secara jangka panjang. Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan oleh perusahaan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain.

Dengan demikian, perusahaan bisa mengalokasi dana dengan lebih optimal demi keberlangsungan perusahaan yang menguntungkan berbagai pemangku kepentingan, tanpa harus terus bergantung pada pinjaman pihak ketiga.

Manfaat Pasar Modal bagi Investor

Manfaat pasar modal bagi investor adalah menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan reksadana. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrumen.

Dengan tersedianya wahana pasar modal, berbagai investor baik dari pihak umum maupun pihak asing bisa meningkatkan potensi penghasilan dengan tingkat risiko yang bisa diukur. Para investor juga bisa mendapatkan manfaat pasar modal dari laporan keuangan yang transparan, mendapat deviden, dan sebagainya.

Manfaat Pasar Modal bagi Negara

Sesungguhnya, manfaat pasar modal tidak hanya untuk emiten/perusahaan atau investor saja, tetapi juga punya efek positif bagi perkembangan perekonomian suatu negara, antara lain:

  • Mendapatkan sumber pendapatan negara dari transaksi yang dikenakan pajak
  • Menjalankan roda perekonomian dari transaksi jual beli instrumen investasi
  • Memantau transaksi modal secara resmi
  • Mengoptimalkan kinerja perusahaan yang bersifat emiten atau sudah IPO
  • Menarik investor asing serta memantau kontribusi
  • Menyediakan wadah resmi untuk transaksi surat berharga
  • Meningkatkan kualitas ekonomi seperti membuka lapangan pekerjaan.

 

Meraih Manfaat Pasar Modal dengan PFI Mega Life

Turut lebur dalam kemeriahan pasar modal tidak harus repot apalagi mengkhawatirkan. PFI Mega Life sebagai salah satu perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia menyediakan berbagai kemudahan dan kepastian dalam wujud produk finansial yang menarik. Dengan PFI Mega Life, Anda dan keluarga bisa mendapatkan kenyamanan asuransi sambil turut berinvestasi secara tidak langsung ke pasar modal.

Mega Prima Link adalah salah satu contohnya dengan fungsi ganda manfaat perlindungan dan peluang investasi ke pasar modal. Selain mendapatkan manfaat akhir polis hingga usia 100 tahun, Anda bisa menyisihkan sebagian dari nilai premi ke jenis-jenis pilihan investasi. Pilih dari jenis investasi via pasar modal sesuai profil Anda supaya risiko teratasi dan nilai imbalan makin maksimal.

Satu lagi produk PFI Mega Life yang tidak boleh dilewatkan adalah Mega Saving Protection. Produk ini menggabungkan manfaat asuransi jiwa tradisional dengan manfaat investasi tahapan sesuai jadwal yang diperjanjikan. Dengan demikian, Anda dapat mengalokasikan dana secara maksimal sesuai perencanaan tabungan, dana pendidikan dan kelola keuangan keluarga dengan ekstra nyaman.

Ingin dapatkan info lebih banyak tentang berbagai produk terbaik PFI Mega Life? Hubungi kami sekarang juga!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.