Investasi

Hal-hal Seputar Manajemen Investasi yang Perlu Diketahui

PFI Mega Life
 03 Agu 2021
Jika Anda termasuk orang yang awam dengan investasi, menyewa jasa manajemen investasi adalah solusi yang tepat untuk membantu mengoptimalkan portofolio aset Anda.

Hal-hal Seputar Manajemen Investasi yang Perlu Diketahui

Perkembangan investasi dari masa ke masa menunjukkan peningkatan yang cukup pesat. Saat ini sudah banyak pilihan jenis instrumen sekuritas yang dapat dijadikan alternatif investasi.

Jika tidak pintar mengatur strategi, Anda mungkin tidak dapat mencapai keuntungan yang maksimal. Inilah sebabnya, peran manajemen investasi sangat dibutuhkan untuk membantu para investor supaya dapat membangun portofolio investasi dengan baik dan tentunya menguntungkan. Mari ketahui lebih jauh mengenai manajemen investasi dalam ulasan berikut.

 

Memahami Pengertian Manajemen Investasi

Dalam dunia investasi, manajemen investasi adalah sebuah proses dalam membangun portofolio investasi supaya sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dalam prosesnya tersebut, Anda dapat melakukannya sendiri atau menyewa manajer investasi.

Jasa manajer investasi bisa dilakukan oleh perorangan dan ada juga perusahaan yang memang menyediakan layanan manajemen investasi profesional dengan legalitas resmi dan telah mendapatkan izin untuk mengelola dana nasabah, entah berupa sekuritas atau surat berharga. Jika Anda termasuk yang masih awam dalam dunia investasi, menyewa jasa manajer investasi dapat menjadi cara untuk membantu mengelola dana Anda dengan lebih baik.

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kegiatan manajer investasi berupa mengelola portofolio surat berharga nasabah berdasarkan perjanjian yang telah disepakati, entah itu yang sifatnya bilateral atau individu yang disusun sesuai dengan peraturan pengawas pasar modal.

Manajer investasi juga bertugas mengelola portofolio investasi kolektif untuk kepentingan sekelompok nasabah melalui wadah produk yang telah diatur dalam peraturan pengawas pasar modal.

Jadi, secara umum, manajer investasi ini bisa diartikan sebagai pihak yang membantu mengelola dan mengatur portofolio investasi. Lebih jauh, ia juga akan selalu mengawasi serta melaporkan investasi Anda, sehingga kinerja portofolio Anda dapat terus meningkat seiring waktu.

Seorang manajer investasi yang profesional dapat mengamankan portofolio investasi sang nasabah, menjaga nilai aset sehingga tidak jatuh, memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko investasi yang harus dihadapi, serta melakukan evaluasi atas investasi yang dilakukan nasabah.

 

Cara Kerja Manajer Investasi

Hal-hal Seputar Manajemen Investasi yang Perlu Diketahui

Layanan manajemen investasi umumnya akan mewajibkan para nasabahnya untuk membuat akun investasi di perusahaannya, atau broker yang mereka gunakan. Namun, jika Anda memiliki akun investasi yang berbeda dari perusahaan manajemen investasi, biasanya Anda akan dibantu untuk mentransfer sejumlah dana ke akun investasi perusahaan tersebut.

Jika urusan administrasi tersebut selesai dilakukan, maka hal pertama yang dilakukan oleh manajer investasi saat mengelola dana adalah menanyakan tujuan investasi dari tiap kliennya. Hal ini dilakukan supaya manajer investasi dapat membuat keputusan investasi yang sesuai dengan tujuan investasi sang klien, termasuk dalam memilih aset sebagai portofolio investasi dan potensi risiko dari setiap instrumen investasi yang nantinya akan dipilih.

Tidak semua saran yang diberikan manajer investasi harus ditelan bulat-bulat. Anda sebagai klien berhak memberi masukan juga terhadap langkah investasi yang akan dilakukan kedepannya. Diskusi antara manajer investasi dan klien ini dibutuhkan agar keputusan yang dibuat terkait investasi tepat guna.

 

Tanda Anda Butuh Bantuan Manajemen Investasi

Anda masih bingung, apakah perlu menggunakan bantuan manajemen investasi atau tidak? Untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan, di bawah ini adalah sejumlah tanda bahwa Anda membutuhkan peran manajemen investasi saat berinvestasi.

  • Memiliki kesibukan yang padat, sehingga tidak punya cukup waktu untuk terjun langsung mengelola dana investasi.
  • Belum paham betul mengenai instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan, sehingga butuh panduan agar investasi yang dijalankan membuahkan hasil dan tidak mengalami kerugian.
  • Merasa tidak percaya diri untuk mengelola investasi sendiri, karena masih sering diliputi perasaan ragu-ragu. Alih-alih dapat untung, hal tersebut justru dapat menimbulkan kerugian dalam jumlah besar.
  • Terjerat masalah keuangan, sehingga membutuhkan bantuan ahli untuk mengelola keuangan.
  • Punya keinginan kuat untuk investasi, tapi masih bingung harus mulai dari mana. Pasalnya, banyak pilihan instrumen investasi dengan beragam risiko dan keuntungannya.
  • Ingin mendengar pendapat dari ahli keuangan langsung untuk meyakinkan diri bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi.
  • Butuh pihak yang selalu mengawasi dan melaporkan perkembangan investasi Anda. Dengan begitu, kinerja portofolio Anda terus terpantau dan dapat terus meningkat seiring waktu.

 

Tips Memilih Manajer Investasi

Hal-hal Seputar Manajemen Investasi yang Perlu Diketahui

Jika Anda termasuk yang tertarik untuk menggunakan layanan manajemen investasi, maka pastikan Anda tidak asal pilih perusahaannya. Ingat, tujuan Anda melibatkan manajemen investasi adalah untuk mengoptimalkan keuntungan investasi. Alih-alih dapat cuan, salah pilih manajemen investasi justru dapat membuat Anda rugi karena manajer investasi yang Anda pilih tidak terampil dalam mengelola portofolio investasi Anda. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan saat memilih manajemen investasi.

1. Pastikan Legalitasnya

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek legalitas perusahaan manajemen investasi. Pastikan perusahaan yang dipilih terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat mengecek daftar nama manajemen investasi yang legal melalui website resmi OJK.

2. Cek Profesionalitas Manajemen

Hal lain yang tidak kalah penting, perhatikan rekam jejak perusahaan manajemen investasi yang dipilih. Pastikan perusahaan tersebut tidak pernah memiliki catatan buruk di masa lalu. Selain itu, cek juga kinerja manajer investasi dengan melihat portofolionya investasi dari para nasabah yang pernah atau sedang dipegang. Perhatikan pula besaran dana yang dikelolanya. Semakin besar dana kelolanya, menandakan bahwa banyak masyarakat yang percaya pada manajer investasi tersebut. Kredibilitas manajer investasi dapat dilihat secara umum melalui prospektus dan fund fact sheet yang biasanya terjadi lengkap secara online di website manajer investasi. Hanya pilih manajemen investasi yang memiliki reputasi baik, rekam jejak bagus, kinerja yang profesional. Dengan begitu, Anda sebagai nasabah dapat berinvestasi dengan aman dan tenang.

3. Perhatikan Biaya Investasi

Setiap manajemen investasi umumnya mengenakan sejumlah biaya pelayanan. Biaya ini meliputi pembelian unit, penjualan kembali, pengalihan unit, serta biaya transaksi dan transfer bank. Cek dulu berapa biaya layanan yang dibebankan untuk tiap transaksinya, dan pastikan Anda tidak keberatan dengan biaya tersebut. Manajemen investasi yang sudah terkenal dan punya reputasi bagus serta portofolio kinerja yang baik, biasanya mematok biaya layanan yang lebih mahal.

 

Saat ini, memiliki asuransi jiwa sama pentingnya seperti asuransi kesehatan. Untuk mendapatkan keuntungan ganda, yakni sebagai proteksi sekaligus tempat berinvestasi, Anda dapat menggunakan produk Mega Investa Link darI PFI Mega Life. Mega Investa Link adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Produk ini dapat memberikan perlindungan optimal hingga 150% juga memenuhi kebutuhan rencana investasi dari nasabah. Nasabah cukup membayar premi satu kali saja untuk mendapatkan kedua keuntungan tersebut sekaligus. Yang menarik, Mega Investa Link menawarkan investasi dengan pengalaman baru, yakni pembayaran premi menggunakan dolar. Jadi, calon nasabah yang ingin mengajukan diri untuk beli produk ini dapat membayar premi tunggal satu kali minimal 20 ribu dolar.

PT PFI Mega Life Insurance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.