Investasi

15+ Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba!

PFI Mega Life
 25 Mar 2021
Jenis usaha perseorangan umumnya berskala mikro dan kecil. Namun, model usahanya sangat fleksibel dari segi waktu dan tempat.

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Banyak usaha gagal di tengah jalan karena adanya silang pendapat antara pelaku bisnis yang Anda di dalamnya. Masalah dengan partner bisnis ini pulalah yang membuat Anda ragu menjalankan usaha. Padahal sebenarnya, banyak jenis usaha perseorangan yang dapat dilakukan seorang diri dan menjanjikan untung yang tidak sedikit.

Macam-macam usaha perseorangan umumnya berskala mikro atau kecil. Salah satu keuntungan dalam menjalan jenis usaha perseorangan Anda akan lebih fleksibel menjalankan bisnis ini, baik dari segi produk, waktu, maupun tempat usaha. Jenis usaha ini dapat dilakukan di suatu tempat bisnis yang memang Anda pilih atau justru dapat Anda jalankan dari rumah.

Meskipun dilakukan seorang diri, banyak jenis-jenis usaha yang dapat Anda pilih untuk menjadi bisnis perseorangan Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis usaha perseorangan yang dapat Anda lirik untuk dijalankan.

 

1. Dropshipper atau Reseller

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Mendirikan usaha tidak harus dengan selalu membuat produk dan menjualnya. Anda juga bisa berperan sebagai dropshipper atau reseller dari produsen produk tertentu. Jenis usaha perseorangan ini sangat fleksibel dan mudah karena Anda cukup menjajakan dagangan Anda lewat media sosial atau marketplace online. Anda bahkan bisa menjalan usaha ini sembari bekerja di tempat lain!

 

2. Jual Pulsa

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Sekarang memang sudah banyak aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan seseorang untuk membeli pulsa ponsel ataupun token listrik. Namun, peminat pembeli yang memilih membeli langsung ke agen juga tidak kalah banyak. Menjadi penjual pulsa pun dapat menjadi jenis usaha perseorangan yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

 

3. Usaha Penatu

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Banyak macam-macam usaha yang dapat dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah usaha penatu. Dengan kesibukan zaman sekarang, banyak orang yang akhirnya memilih menyerahkan cucian bajunya ke jasa penatu. Anda bisa melirik kesempatan ini untuk membuat jenis usaha perseorangan dengan pasar yang menjanjikan.

 

4. Jasa Foto

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Punya keahlian menemukan sudut foto yang tepat dan sering diminta tolong teman-teman dan kerabat untuk memfoto kegiatan acara yang sedang berlangsung. Hanya bermodal kamera, Anda bisa mencoba membuka jasa foto dan berperan sebagai fotografer. Pastikan teman dan keluarga yang sering meminta pertolongan Anda dapat menjadi pelanggan-pelanggan awal Anda.

 

5. Salon

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Anda punya keahlian memotong rambut dan melakukan perawatan rambut lainnya? Pertimbangkanlah membuat salon. Anda hanya memerlukan modal keahlian dan peralatan rambut pada awalnya. Namun, Anda juga harus menyiapkan anggaran untuk biaya tempat untuk jenis usaha perseorangan yang satu ini ya. Soalnya, Anda memerlukan tempat khusus guna melakukan kegiatan bisnis salon.

 

6. Katering

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Jangan bayangkan Anda harus memiliki banyak karyawan untuk menjalankan usaha katering. Anda bisa memulai jenis usaha perseorangan ini secara kecil-kecilan terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengerjakannya sendiri. Usaha katering umumnya tidak akan berisiko rugi besar karena makanan yang Anda buat berdasarkan pemesanan yang datang.

 

7. Les Privat

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Banyak anak yang membutuhkan pelajaran tambahan untuk semakin memahami pelajaran yang ada di sekolah. Anda bisa mengambil kesempatan itu untuk membuat usaha jasa les privat. Jenis-jenis usaha les memang sudah banyak saat ini. Namun, les privat tetap banyak dicari karena fokus pengajar hanya ke satu anak sehingga pelajaran diharapkan bisa lebih terserap. Usaha les privat juga jauh lebih menguntungkan bagi Anda dari segi pendapatan dibandingkan menjadi pengajar di tempat les besar.

 

8. Jasa Cuci Kendaraan

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Jenis usaha perseorangan yang satu ini juga patut Anda lirik. Pasar usaha jasa cuci kendaraan sangat besar, mengingat angka kepemilikan dan pembelian kendaraan yang terus bertambah. Perlengkapan yang perlu Anda sediakan untuk melakukan jenis-jenis usaha ini, antara lain semir ban, sampo kendaraan, kain lap, pompa air, dan kompresor.

 

9. Rental Mobil atau Motor

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Anda memiliki mobil atau motor yang tidak terpakai di rumah? Pernah terpikir tidak untuk membuat rental mobil atau motor? Kendaraan yang tidak terpakai di rumah dapat menjadi unit awal yang dapat disewakan. Usaha rental termasuk macam-macam usaha yang menjanjikan keuntungan besar mulai dari Rp50.000 sampai Rp300.000 per hari. Apalagi jika tempat bermukim Anda berada di kawasan dekat pariwisata, dijamin banyak orang yang mengantre menyewa mobil atau motor Anda.

 

10. Jasa Pemandu Wisata

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Masih berhubungan dengan kawasan pariwisata, Anda bisa membuat jasa pemandu wisata sebagai jenis usaha perseorangan yang cukup menjanjikan. Tugas Anda antara lain membuat jadwal perjalanan pelanggan serta mendampingi wisatawan untuk singgah di tempat-tempat wisata yang populer dan terpilih sembari menjelaskan hal-hal menarik dari mulut Anda terkait titik destinasi tersebut.

 

11. Agen Perjalanan

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Tidak ada salahnya mencoba jenis usaha perseorangan yang satu ini. Menjadi agen perjalanan, artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket kendaraan. Supaya lebih banyak orang tertarik dengan bisnis Anda, buatlah paket perjalanan yang menarik dengan harga terjangkau. Paket perjalanan lebih diminati karena membuat pelanggan Anda tidak perlu repot menyiapkan segala keperluan perjalanan mereka.

 

12. Warung Kelontong

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Meskipun minimarket sudah banyak ditemukan di berbagai sudut jalan, warung kelontong tidak kehilangan pesonanya. Jenis-jenis usaha menyerupai warung kelontong bahkan memiliki pelanggan tetap, khususnya di area kompleks perumahan yang cukup jauh dari minimarket. Anda tertarik mencoba jenis usaha perseorangan yang satu ini?

 

13. Usaha Makanan Beku

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Usaha makanan beku menjadi salah satu bisnis dari macam-macam usaha yang paling dicari pada saat pandemi seperti sekarang. Ini karena kebanyakan orang yang bekerja dari rumah tidak mau repot memasak beragam makanan, namun di sisi lain masih takut membeli makanan matang dari luar. Pengeluaran terbesar dalam mendirikan jenis usaha perseorangan ini hanyalah pembelian freezer yang cukup besar sebagai media penyimpanan makanan beku yang Anda jual.

 

14. Bisnis Kerajinan Tangan

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Produk-produk handmade selalu memiliki pasar tersendiri. Banyak orang mencari kerajinan tangan karena mengejar nilainya. Harga produk kerajinan tangan yang cenderung lebih mahal dari barang buatan pabrik pun bukan menjadi penghalang orang untuk membelinya. Jika Anda memiliki hobi merajut, melukis, ataupun membuat kerajinan tangan lainnya; berpikirlah untuk membuat bisnis kerajinan tangan. Anda bisa memasarkannya secara online, lewat marketplace ataupun media sosial.

 

15. Jasa Desain Grafis

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Orang mau membuat dan mencetak buku sendiri, pasti dia butuh jasa desain grafis. Pembuatan undangan baik yang dicetak maupun secara online juga butuh jasa desain grafis untuk membuat undangan terlihat menarik. Lantas, kenapa Anda tidak berpikir untuk membuat jenis usaha perseorangan yang satu ini jika memang memiliki kemampuan mendesain yang mumpuni?

 

16. Penulis Artikel

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Memiliki hobi menulis cerita ternyata bisa menjadi kesempatan untuk membuka usaha perseorangan. Anda dapat menjadi penulis artikel yang mendapatkan honor untuk tiap satu tulisan yang Anda buat. Modalnya pun tidak sulit, setidaknya Anda hanya membutuhkan laptop untuk media menulis. Mulailah mencari klien dari kerabat yang Anda kenal dan perbesarlah koneksi agar kemampuan menulis Anda semakin dikenal dan jasa Anda semakin dicari.

 

17. Penerjemah

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Memiliki kemampuan berbahasa asing bisa mendatangkan kesempatan usaha bagi Anda. Banyak orang yang membutuhkan penerjemah untuk menyadur buku, tulisan, ataupun untuk menjadi pendamping berbicara. Jangan ragu untuk memperkenalkan diri sebagai penerjemah kepada kerabat-kerabat Anda untuk mendapatkan klien bagi jenis usaha perseorangan yang satu ini.

 

18. Makelar Properti

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Keuntungan dari jenis usaha perseorangan yang satu ini sangat besar. Anda bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan juta rupiah apabila mampu menjual properti. Di sisi lain, modal menjadi makelar properti sangat tipis. Anda hanya perlu bekerja sama dengan pemilik properti ataupun dengan pengembang untuk bisa menjadi makelar di tempat tersebut.

 

19. Agen Asuransi

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Jenis usaha perseorangan yang satu ini tidak ada matinya. Salah satu alasannya karena keuntungan menjadi agen asuransi cukup besar dan berkelanjutan. Anda bisa mendapatkan 10—20 persen dari besaran premi yang dibayarkan oleh klien Anda. Jenis usaha perseorangan yang satu ini pun sangat fleksibel karena bisa dikerjakan di manapun dan kapanpun.

 

20. Jasa Pengetikan

Jenis Usaha Perorangan yang WAJIB Dicoba

Jasa pengetikan termasuk satu dari macam-macam usaha yang sering dipandang sebelah mata. Padahal, modal dari usaha perseorangan ini hampir tidak ada. Anda hanya memerlukan waktu untuk mengetik pesanan klien. Pendapatan dari membuka usaha ini pun dihitung per lembar dan per jam pada umumnya sehingga nilai akhir penerimaan bisa cukup besar.

Jenis usaha perseorangan memang terlihat kecil dan remeh-temeh. Namun jika dilakukan dengan konsisten, jenis-jenis usaha tersebut dapat mendatangkan pendapatan yang cukup memenuhi kebutuhan Anda. Untuk melindungi kestabilan finansial di masa depan, Anda perlu memiliki perlindungan diri dari penyakit. Anda tentu tidak mau kan mengorbankan tabungan yang sudah dikumpulkan dari menjalankan usaha perseorangan hanya karena Anda sakit dan tak memiliki perlindungan sama sekali.

Untuk memberikan perlindungan terhadap diri Anda dari risiko penyakit yang bisa mengganggu kondisi finansial Anda di masa depan, PFI Mega Life bekerja sama dengan Grab Financial Group (GFG) meluncurkan produk asuransi penyakit kritis bernama Sobat Proteksi. Produk asuransi ini bisa melengkapi perlindungan yang sudah ada seperti BPJS. Sobat Proteksi akan memberikan manfaat tambahan untuk melindungi Anda dari risiko penyakit kritis. Saat ini, produk perlindungan ini sudah bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi Grab.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.