Investasi

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

PFI Mega Life
 15 Jun 2021
Investasi online memiliki akses lebih mudah dan minimal dana penempatan yang lebih terjangkau.

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Banyak orang mengundur waktu untuk mulai berinvestasi karena mungkin merasa malas untuk mengurus seluruh proses pendaftaran. Bayangan harus duduk berlama-lama untuk mengantre dan melewati proses pembuatan akun investasi menjadi momok yang pada akhirnya membatalkan niat beberapa orang untuk berinvestasi. Namun seharusnya, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi sebab sudah banyak investasi online yang memudahkan Anda untuk memulai investasi perdana.

Bukan hanya gampang diakses dan proses pembuatan akun investasi menjadi mudah, investasi online pun membuat Anda lebih mudah berinvestasi karena rata-rata menaruh angka penetapan dana awal yang sangat terjangkau. Banyak investasi online yang bahkan bisa Anda masuki dengan menaruh dana awal hanya Rp 100.000.

Akses yang mudah sampai dana awal yang luar biasa terjangkau membuat tidak ada lagi alasan bagi Anda menunda-nunda memulai investasi, bukan? Jenis investasi online yang bisa menjadi instrumen pertama Anda untuk mengembangkan dana pun Anda banyak. Berikut ini beberapa jenis investasi online yang cocok bagi Anda yang baru memulai langkah investasi perdana.

 

1.  Reksa Dana

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Reksa dana pada dasarnya adalah penempatan sejumlah dana ke manajer investasi guna dikelola untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi Anda. Reksa dana sendiri merupakan jenis investasi yang paling diincar oleh masyarakat yang baru memulai investasi.

Pasalnya, lewat instrumen investasi ini, Anda tidak perlu pusing dengan segala urusan fundamental perusahaan ataupun pergerakan statistiknya. Anda hanya perlu menyerahkan dana yang hendak diinvestasikan ke manajer investasi. Dari pihak tersebut, nantinya dana Anda akan ditempatkan bersama sejumlah dana lain ke instrumen investasi yang dianggap paling menguntungkan dengan berbagai tingkat risiko.

Meskipun diurus oleh manajer investasi, Anda tidak perlu khawatir karena tiap tindakan investasi yang dilakukan oleh pihak tersebut bisa dimonitor. Tentunya, pemonitoran menjadi lebih mudah dan bisa setiap saat ketika Anda memilih reksa dana yang berjenis investasi online. Yang tidak kalah menarik, reksa dana merupakan jenis investasi online dengan pilihan dana awal paling murah. Anda bahkan bisa memulai investasi dengan modal Rp10.000!

 

2.  Obligasi Negara Ritel

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Untuk diketahui, obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh suatu institusi guna bisa dibeli oleh khalayak umum. Namun, tahukah Anda bahwa negara juga bisa menerbitkan obligasi? Biasanya, negara menerbitkan obligasi untuk menambal defisit pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau sebagai modal pembangunan.

Di Indonesia sendiri, obligasi yang diterbitkan oleh negara dikenal sebagai ORI (obligasi Republik Indonesia). Obligasi ini sudah bisa dibeli lewat berbagai kanal, tidak terkecuali secara online. Namun memang, dibandingkan jenis investasi online lainnya, Anda harus menyiapkan dana yang agak lebih banyak untuk bisa membeli ORI. Pembelian minimal ORI biasanya dimulai di angka Rp1 juta.

Keuntungan membeli ORI untuk investasi adalah Anda berhak mendapatkan pengembalian pokok pinjaman yang disertai bunga. Besaran bunga ORI umumnya berada di atas deposito. Anda yang ingin investasi yang lebih aman dan minim risiko, ORI sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Anda bisa membelinya secara langsung ke bank-bank rekanan maupun ke platform teknologi finansial yang sudah bekerja sama dengan pemerintah. Hati-hati, tiap kali penerbitan ORI, animo masyarakat tinggi sehingga Anda harus “berburu” untuk membelinya.

 

3.  Saham

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Inilah jenis investasi yang digadang-gadang memiliki tingkat pengembalian terbaik, namun dengan risiko yang cukup besar. Namun, bukan berarti sebagai pemula Anda tidak bisa sukses berinvestasi di saham. Asalkan menganalisis fundamental secara baik dan tidak melakukan pembelian yang ikut-ikutan atau penjualan yang panik; keuntungan sudah di depan mata!

Jumlah investor saham saat ini melejit tinggi. Salah satunya disebabkan saham telah menjadi investasi online yang aksesnya sangat mudah. Banyak pilihan platform terpercaya yang berperan sebagai broker, yang memudahkan Anda dengan pendaftaran sampai transaksi online.

Selain karena faktor akses yang lebih mudah, melambungnya jumlah investor saham dikarenakan dana awal di broker kini menjadi sangat terjangkau dan banyak yang bisa dimulai dari angka Rp100.000. Selain itu, jumlah lot yang sekarang hanya 100 lembar dari yang dulunya 500 lembar membuat dana untuk membeli 1 lot saham tersebut menjadi lebih murah.

 

4.  Tabungan Emas Online

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Emas adalah jenis investasi yang tidak pernah lekang dimakan zaman. Instrumen investasi logam mulia ini pun tidak ketinggalan bertransformasi menghadapi disrupsi digital yang terjadi. Kini untuk berinvestasi emas, Anda bukan hanya bisa membeli produk fisiknya secara langsung. Anda juga bisa melakukan tabungan emas online sebagai jenis investasi online yang sangat mudah dipahami oleh investor pemula.

Salah satu penyebab banyak orang menunda berinvestasi emas disebabkan harga logam mulia ini yang sudah terlalu tinggi. Untuk saat ini, harga per gram emas logam mulia bisa mencapai kisaran Rp960.000. Namun dengan memilih jenis investasi online berupa tabungan emas, Anda bisa mencicil pembelian emas tersebut dari 0,01 gram emas logam mulia.

Jelas, tabungan emas online memiliki banyak keuntungan. Pertama, Anda cukup melakukan proses jual dan beli bahkan dari ponsel Anda. Tidak ada istilah menunggu dan mengantre untuk bisa membeli emas fisik. Kedua, risiko kehilangan fisik emas pun bisa ditepis. Pasalnya, Anda hanya menyimpan dana sesuai fluktuasi harga emas. Nantinya, nilai emas tersebut juga bisa dikonversi ke bentuk fisik jika dalam jumlah tertentu dan Anda menghendakinya.

 

5.  Peer to Peer Lending

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Dalam beberapa tahun belakangan, instrumen investasi peer to peer lending mulai naik popularitasnya. Ini merupakan jenis teknologi finansial yang memungkinkan Anda menjadi pemberi pinjaman uang kepada yang memerlukan. Pinjaman tersebut nantinya disalurkan lewat platform berbasis teknologi yang berperan sebagai perantara kepada para peminjam.

Persentase keuntungan investor peer to peer lending cukup besar. Anda yang memasukkan dananya ke jenis investasi online ini bisa mendapatkan return hingga belasan persen dalam setahun. Namun, risiko dana yang dipinjam tidak kembali karena mengalami gagal bayar juga membayangi Anda.

Karena alasan inilah, tiap platform peer to peer lending akan menyediakan data peminjam yang mengajukan pinjaman. Dari sana, Anda bertugas menganalisis potensi kesuksesan pembayaran ataupun risiko gagal bayar. Tidak sulit menjadi investor peer to peer lending. Anda hanya perlu membuat akun di salah satu platform investasi online ini, kemudian mulai memasukkan dana investasi yang nominalnya rata-rata minimal Rp100.000.

 

6.  Equity Crowdfunding

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Beberapa orang mungkin masih bingung dan belum familiar dengan equity crowdfunding. Sebenarnya, konsep investasi online ini tidak berbeda jauh dengan pasar modal. Anda hanya perlu membeli “lembar saham” dari perusahaan untuk nantinya bisa dijual kembali dengan harga penawaran yang lebih tinggi . Perbedaannya, pada equity crowdfunding penawaran, penjualan lembar saham dilakukan oleh penerbit langsung kepada pemodal melalui sistem elektronik.

Di Indonesia, equity crowdfunding ini masih belum terlalu populer, namun memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi instrumen pengumpulan dana investasi. Platformnya yang berbasis internet juga membuat jenis investasi online ini sangat mudah diakses dan pergerakannya pun termonitor dengan gampang.

Untuk memulai investasi online ini, Anda hanya mencari platform equity crowdfunding, membuat akun, dan menempatkan dana pendanaan kepada jenis usaha yang Anda pilih. Disarankan Anda memilih platform yang sudah terdaftar dan berizin Otoritas Jasa Keamanan agar transaksi lebih aman.

 

7.  Tabungan Berjangka

7 Investasi Online yang Cocok Untuk Pemula

Bisa dibilang, ini merupakan jenis investasi online yang paling aman dan terjamin karena merupakan produk perbankan. Produk ini membuat peningkatan nilai investasi Anda menjadi jelas. Anda pun tidak perlu khawatir dana Anda hilang karena ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan sampai pada jumlah tertentu.

Hanya saja, bunga dari tabungan berjangka memang lebih kecil dibandingkan jenis investasi online lainnya. Dalam setahun, bunga tabungan berjangka maksimal hanya sekitar 4 persen. Besaran tersebut bahkan hanya lebih sedikit dari angka inflasi tahunan secara umum.

Selain itu, fleksibilitas tabungan berjangka sangat lemah. Ketika memilih jenis investasi online ini, Anda tidak bisa lagi menarik uang yang Anda investasikan sampai periode tertentu. Apabila terpaksa mengambil, Anda diharuskan membayar denda penarikan kepada pihak penyedia tabungan berjangka, yang tidak lain adalah bank.

 

Anda makin tertarik untuk melakukan investasi online? Namun ada satu kekhawatiran Anda mengenai belum adanya asuransi. Kenyataannya, Anda bisa memiliki keduanya dalam satu produk berupa unit link seperti yang ditawarkan oleh Mega Investa Link.

Produk dari PFI Mega Life ini bukan hanya menyediakan ranah investasi bagi Anda, melainkan juga menyediakan jaminan asuransi jiwa. Anda yang berusia 18 sampai 85 tahun bisa memiliki jenis investasi ini secara online juga, loh. PT PFI Mega Life Insurance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.