Investasi

Inilah Cara Berinvestasi Dengan Uang Terbatas

PFI Megalife
 20 Sep 2018
Anda bisa tetap berinvestasi walau dengan dana terbatas.

investasi masa depan

Berinvestasi sangat penting untuk masa depan keuangan Anda. Namun, Anda mungkin masih ragu untuk berinvestasi karena merasa dana Anda masih belum cukup.

Cara Berinvestasi Dengan Uang yang Terbatas

Sebenarnya, memulai berinvestasi tidak memerlukan dana yang besar, apalagi jika ini pertama kalinya Anda berinvestasi. Kini sudah ada banyak bentuk investasi yang tidak memerlukan dana yang tinggi. Simak bentuk-bentuk investasi ini yang tidak memerlukan dana yang terlampau tinggi.

1. Deposito

Produk-produk investasi dari bank adalah salah satu pilihan bagi mereka yang belum memiliki dana yang banyak maupun mereka yang belum terlalu berpengalaman dalam mengelola investasi. Salah satu produk investasi yang ditawarkan bank dan layak untuk dicoba adalah deposito.

Deposito menawarkan bunga lebih tinggi dibanding tabungan biasa . Perbedaannya, uang yang Anda depositokan akan dikunci dalam jangka waktu tertentu, sehingga tidak bisa Anda ambil sewaktu-waktu. Jangkwa waktunya pun beragam, biasanya dari tiga hingga 12 bulan. Melalui deposito, Anda bisa meningkatkan jumlah uang Anda lebih dari tabungan biasa, sehingga uang yang Anda tabung tidak termakan oleh laju inflasi.

2. Reksa dana

investasi bukan soal uang

Reksa dana digunakan untuk mengumpulkan modal dari masyarakat. Dana yang terhimpun melalui reksa dana akan dikelola oleh manajer investasi (MI) untuk ditanamkan ke dalam efek saham dan efek obligasi. Sebagai pemilik reksa dana, Anda akan menikmati hasil dari modal yang ditanamkan saat perusahaan atau institusi pemilik saham atau obligasi membagi hasil. Anda pun bisa menentukan periode investasi, mulai dari satu tahun hingga lebih dari lima tahun.

3. Perusahaan sekuritas

Salah satu cara berinvestasi di pasar saham adalah dengan menggunakan jasa perusahaan sekuritas, atau yang juga dikenal dengan broker, atau pialang, saham. Anda bisa memberikan sejumlah dana kepada mereka agar mereka bisa memakai dana tersebut untuk jual-beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satu manfaat lebih dari perusahaan sekuritas adalah Anda bisa berkonsultasi dengan mereka mengenai dunia saham. Ada banyak perusahaan sekuritas dan penting bagi Anda memilih yang bagus, antara lain karena memiliki izin pialang legal, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan mempunyai reputasi bagus.



Banyak sekali orang-orang yang memulai berinvestasi dengan dana terbatas. Dari situ, mereka pelan-pelan membangun kekayaan mereka dengan menginvestasikan kembali hasil dari investasi awal. Mengawali investasi dengan dana yang rendah juga membantu mengurangi resiko. Jadi, jangan ragu untuk memulai investasi Anda!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.