Investasi

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

PFI Mega Life
 09 Mei 2021
Menabung saham masih menjadi hal yang membingungkan bagi para pemula karena memiliki berbagai langkah rumit yang harus dilakukan. Artikel ini akan membahas cara nabung saham yang mudah diikuti oleh pemula.

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Banyak cara untuk Anda bisa berinvestasi dan mengembangkan dana. Jika dahulu terkenal dengan investasi melalui menabung emas atau tanah, kini cara menabung saham menjadi incaran banyak orang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal ke depannya.

Cara nabung saham tidak lain adalah bentuk investasi saham. Di mana seperti pengertian investasi pada umumnya, Anda juga harus melakukan kegiatan menanam dana dalam menabung saham. Penanaman dana lebih diarahkan kepada pembelian efek atau saham yang diterbitkan oleh suatu perusahaan dan dijual dalam Bursa Efek Indonesia.

Dulu investasi saham dipandang sebagai sesuatu yang tidak bisa dijangkau oleh sembarangan orang. Butuh modal besar untuk bisa masuk dalam rekening saham karena ada batasan minimal tabungan. Ditambah lagi jumlah per lembar saham tiap lot pada masa dulu mencapai 500 lembar, sedangkan saat ini hanya 100 lembar sehingga lebih terjangkau untuk dibeli. Berbagai kemudahan inilah yang pada akhirnya membuat gerakan cara nabung saham semakin populer dan diincar banyak orang sebagai sarana investasi yang menggiurkan.

 

Langkah Mudah Menabung Saham

Potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika menabung saham tidak ubahnya seperti Anda langsung melakukan investasi dalam jumlah besar. Anda bisa memiliki keuntungan berupa dividen dan capital gain. Dividen adalah keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemilik saham, yang diperoleh dari laba perusahaan. Sementara itu, capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual.

Nyatanya menabung saham bisa mempertahankan nilai harta Anda agar tidak tergerus inflasi. Melakukan investasi saham juga dapast mendatangkan keuntungan yang tidak main-main. Tidak perlu khawatir dan bingung mengenai cara menabung saham. Kenyataannya pula, cara nabung saham cukup dengan melakukan kedelapan langkah di bawah ini.

 

1.  Memilih Platform Investasi

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Pada awalnya jika ingin menabung saham, Anda harus menentukan platform investasi yang akan menjadi perusahaan yang menjadi “perantara” Anda membeli saham yang diinginkan. Saat ini sangat banyak plafrom investasi saham yang dapat Anda pilih, mulai dari bank sampai platform investasi saham online.

Yang perlu Anda ingat, periksalah terlebih dahulu legalitas dari platform investasi saham yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga perlu menimbang biaya admin yang muncul setiap kali Anda melakukan transaksi saham. Tiap platform umumnya memiliki biaya admin yang berbeda, namun biaya tersebut tidak sampai menyentuh 1 persen dari jumlah dana yang Anda investasikan.

 

2.  Siapkan Dokumen

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Setelah menentukan platform investasi yang dirasa pas, kini saatnya bergerak untuk mulai membuka rekening saham di platform tersebut. Caranya pun tidak sulit. Anda hanya perlu mendaftar dan menyiapkan dokumen yang menjadi prasyaratnya.

Kebanyakan platform investasi hanya membutuhkan dokumen Anda berupa kartu tanda penduduk, rekening tabungan bank, juga nomor pokok wajib pajak (NPWP). Jika sudah lengkap, Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah isian terkait pembukaan rekening saham, mulai dari besaran gaji dan tujuan investasi.

 

3.  Tentukan Nominal Tabungan Saham

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Anda mungkin bertanya-tanya seberapa besar dana yang mesti disiapkan sebagai cara nabung saham. Jawabannya bergantung kepada Anda. Batasan minimal untuk menabung saham adalah Rp100.000. Sementara itu, batasan maksimalnya sesuai dengan kemampuan Anda.

Namun, jangan terburu-buru memasukkan nominal dana yang besar untuk menabung saham. Pastikan Anda hanya menggunakan uang yang tidak terpakai untuk melakukan investasi. Ingatlah bahwa ada potensi merugi ketika Anda melakukan investasi, termasuk dalam menabung saham. Dengan menggunakan uang yang tidak terpakai, risiko masalah finansial Anda apabila nilai investasi Anda berkurang tidak akan mengkhawatirkan.

 

4.  Masukkan Dana ke Rekening Saham

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Proses pembukaan rekening saham dari Anda mengisi formulir pembukaan rekening dan penyertaan dokumen maksimal adalah 5 hari kerja. Setelah rekening saham Anda sudah aktif, jangan lupa untuk segera mengisinya.

Cara mengisi rekening saham sebagai modal investasi sangatlah mudah. Anda hanya perlu mentransfer sejumlah dana yang sudah ditentukan untuk tabungan saham dari rekening bank biasa ke rekening saham yang sudah Anda buat. Dalam hitungan detik, dana Anda sudah bisa terkirim ke rekening saham dan siap untuk digunakan.

 

5.  Tentukan Jenis Saham

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Cara nabung saham yang benar tidaklah asal dalam memilih jenis saham yang hendak Anda masuki. Jika asal memilih tanpa perhitungan yang tepat, jenis saham yang Anda pilih justru bisa merugikan. Untuk itu, sangat penting mengetahui jenis saham yang bisa Anda beli.

Secara umum, ada 9 jenis saham yang dapat dipertimbangkan untuk dibeli. Kesembilan jenis saham tersebut adalah saham agrikultur, pertambangan dan penggalian, industri dasar dan kimia, industri mesin-mesin berat dan ringan, industri consumer goods, properti dan konstruksi bangunan, infrastruktur, industri keuangan, dan perdagangan. Tidak ada jenis investasi saham yang lebih baik daripada yang lain. Yang ada adalah jenis saham yang lebih tepat dibeli pada waktu tertentu dibandingkan jenis saham yang lain.

 

6.  Pilih Perusahaan yang Ingin Dibeli

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Dalam tiap jenis saham, terdapat puluhan hingga ratusan yang ada di dalamnya. Daftar perusahaan yang menerbitkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pun terus bertambah. Terbaru untuk tahun 2021 ini, sudah ada 11 perusahaan yang melakukan initial public offering sampai akhir kuartal pertama kemarin.

Anda mungkin bingung menentukan saham perusahaan apa yang hendak dibeli. Sangat disarankan untuk melihat pemberitaan mengenai perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya juga membaca laporan keuangan perusahaan untuk beberapa kuartal bahkan tahunan agar mengetahui pondasi keuangan dari perusahaan tersebut. Semakin bagus pondasi keuangan sebuah perusahaan, semakin aman Anda menginvestasikan uang Anda ke saham perusahaan tersebut.

 

7.  Beli Saham

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Dana di rekening saham sudah tersedia. Anda pun sudah memiliki beberapa pilihan perusahaan untuk bisa dimasuki. Kini, saatnya Anda melakukan pembelian saham-saham yang sudah Anda incar melalui sejumlah pertimbangan.

Jangan langsung menaruh seluruh dana Anda ke satu saham ketika membeli. Melakukan diversifikasi sangat baik untuk meminimalkan risiko kerugian. Anda bisa membagi uang untuk membeli saham ke beberapa perusahaan yang sejenis ataupun tidak.

 

8.  Setorkan Dana Tiap Bulan

8 Cara Nabung Saham yang Menarik Untuk Pemula

Cara menabung saham yang tidak boleh Anda lupakan Anda rutin melakukan pembelian saham. Untuk memenuhi hal tersebut, tentu saja Anda harus teratur menyetorkan dana ke rekening saham tiap bulannya.

Sepekati jumlah penyetoran dana tiap bulan yang dapat diinvestasikan. Jumlah yan tidak terlalu besar bukan masalah asalkan Anda konsisten. Ingat juga agar penyetoran dana tidak menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Jika memang ada rezeki berlebih, Anda bisa menambahkan nominal penyetoran dana ke rekening efek pada waktu-waktu tertentu.

***

Tidak sulit bukan cara menabung saham? Yang Anda perlukan hanya kekonsistenan. Selain melakukan cara menabung saham sendiri, menabung saham untuk investasi ternyata bisa dibarengi dengan pembelian asuransi. Caranya, Anda hanya perlu mencari produk unit link yang menyedikakan pilihan asuransi jiwa dan kesehatan yang disertai porsi tertentu dari premi untuk diinvestasikan melalui manajer investasi.

PFI Mega Life merupakan perusahaan asuransi yang juga memiliki produk unit link, yaitu Mega Prima Link dan Mega Investa Link. Keduanya merupakan produk unit link yang menyediakan porsi investasi untuk tiap polis asuransi. Perbedaan kedua produk yang menyediakan jasa asuransi jiwa tersebut ada pada sistem pembayaran preminya. Pelajari lebih lanjut dan dapatkan segera manfaatnya!

 

Mau Lindungi Diri dari Penyakit Kritis?

CTA

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.