Investasi

6 Cara Investasi Uang dengan Mudah dan Efisien

PFI Mega Life
 11 Feb 2021
Pilihan produk investasi di bank sangat beraneka, mulai dari deposito sampai saham.

6 Cara Investasi Uang dengan Mudah dan Efisien

Banyak pilihan yang bisa Anda ambil ketika memiliki uang berlebih. Anda bisa menghabiskan uang itu untuk hobi, liburan, ataupun berbelanja berbagai produk yang Anda sukai. Namun, Anda juga bisa mencari cara investasi uang guna membuat nilai uang tersebut terus terjaga bahkan meningkat.

Saat ini investasi semakin populer di masyarakat, seiring semakin sadarnya orang-orang akan pentingnya kebebasan finansial. Investasi dapat diartikan sebagai proses mengembangkan sejumlah uang atau harta yang Anda miliki, agar nilainya bisa berlipat ganda dan memenuhi tujuan keuangan pada waktu mendatang.

Bentuk investasi berupa penanaman dana di sejumlah instumen keuangan pun menjadi yang paling banyak dilirik belakangan ini. Cara investasi uang di bank tetap menjadi pilihan yang lebih disukai karena dianggap lebih mudah, efisien, dan jauh lebih aman.

 

Jenis-jenis Investasi Uang

Ada beberapa prinsip dalam cara investasi uang di bank ataupun bukan. Pertama, Anda mesti melakukan sesegera mungkin guna bisa mendapatkan keuntungan yang terus berlipat. Kedua, mulailah investasi dengan nilai yang kecil. Percayalah bahwa sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit sangat berlaku dalam hukum investasi.

Anda juga harus menerapkan prinsip diversifikasi untuk menyebarkan potensi kerugian yang mungkin menimpa. Lalu, pilihlah produk investrasi uang yang tepat sesuai tujuan keuangan Anda. Perhatikan pula agar produk investasi yang Anda pilih bisa melawan inflasi tahunan yang rata-rata berkisar 3—4 persen di Indonesia.

Berbagai produk investasi uang di bank rata-rata bisa memberikan imbal hasil yang melebihi inflasi. Jadi jika Anda saat ini mengulik cara investasi uang, berbagai instrumen investasi yang dapat dibeli di bank ini layak menjadi pilihan.

6 Cara Investasi Uang dengan Mudah dan Efisien

1.  Deposito

Deposito menjadi cara investasi uang di bank paling mudah dan sudah populer sejak dahulu. Bunga dari deposito memang lebih kecil daripada jenis instrument investasi lainnya, namun instrument ini dinilai paling aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga jumlah tertentu.

Bunga deposito pun tahun mengikuti gerak bunga Bank Indonesia yang berfluktuasi tiap bulan. Saat ini, kisaran bunga deposito ada di angka 4—5 persen. Besaran bunga deposito dari waktu ke waktu selalu melebihi besaran inflasi tahunan.

2.  Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka dapat menjadi jawaban bagi Anda yang sedang mencari cara investasi uang tanpa repot. Anda hanya perlu membuat rekening tabungan berjangka di bank tertetu untuk kemudian akan terjadi penarikan sejumlah uang sesuai kesepakatan.

Tidak ada alasan lupa berinvestasi jika sudah mengikuti instrumen investasi yang satu ini. Dana di tabungan berjangka sulit ditarik sebelum waktunya sehingga tujuan keuangan bisa lebih terfokus.

Besaran bunga dari tabungan berjangka umumnya lebih rendah daripada deposito. Namun, kelebihan dari jenis investasi ini adalah penyertaan asuransi jiwa bagi orang yang memiliki tabungan tersebut.

Anda dapat memperoleh pertanggungan dana apabila mengalami kecelakaan ataupun kehilangan pekerjaan. Pada saat yang sama, Anda pun tidak perlu lagi melakukan pembayaran sejumlah nominal yang disepakati tiap bulan. Namun, nilai tabungan berjangka akan tetap sesuai dengan ketetapan awal.

3.  Tabungan Emas

Tidak hanya dalam bentuk fisik, Anda juga bisa melakukan investasi emas dengan membentuk tabungan emas yang nonfisik. Anda hanya perlu menyetor sejumlah dana yang nantinya akan langsung dikonversikan dengan nilai dan berat emas pada saat Anda melakukan transaksi.

Saat pengambilan, berat emas yang ada di tabungan Anda pun akan dikonversikan dengan nilai emas di waktu tersebut. Dalam 10 tahun terakhir, harga kenaikan emas tiap tahunnya rata-rata mencapai 11,8 persen. Angka tersebut lebih besar 4—5 kali lipat daripada inflasi dunia pada waktu yang sama.

4.  Reksadana

Cara investasi uang yang satu ini baiknya tidak Anda lewatkan. Anda dan sejumlah investor lain mengumpulkan dana untuk diberikan instrument investasi lain di banyak perusahaan. Sebagai investor pribadi, Anda hanya perlu melakukan pembelian produk reksadana yang sudah mudah ada temukan di bank-bank.

Dana yang Anda setorkan nantinya akan dikelola manajer investasi sehingga Anda tidak perlu repot memonitor pergerakan saham setiap saat. Keuntungan dari jenis investasi ini adalah modalnya yang cukup minim sekaligus caranya yang simpel.

Anda hanya tinggal menyetorkan dana untuk melakukan pembelian jenis reksadana yang dikehendaki. Ada tiga jenis reksa dana yang dapat beli di berbagai bank, yakni reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, juga reksadana tetap.

5.  Tabungan Saham

Membeli instrumen saham merupakan cara investasi uang terbaik untuk mendapatkan keuntungan besar. Jangan berpikir membeli saham akan repot karena Anda harus berurusan dengan bursa efek dan memerlukan modal yang besar. Nyatanya, saat ini bank-bank bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia bekerja sama membuat produk tabungan saham.

Produk investasi ini memungkinkan Anda membeli sejumlah saham perusahaan hanya lewat perbankan. Pembelian pun tidak harus dalam jumlah besar. Anda bisa membeli saham hanya dengan 100 lembar saham untuk tiap lot, sehingga nominal yang disetorkan pun menjadi lebih terjangkau.

6.  Asuransi Unitlink

Anda mungkin berpikir untuk menunda melakukan investasi. Salah satu alasannya mungkin belum memenuhi kewajiban asuransi untuk menjadi pertanggungan Anda, apabila ada risiko kesehatan ataupun finansial lainnya yang mesti dihadapi. Padahal, Anda bisa melakukan keduanya sekaligus dengan membeli produk asuransi unitlink yang dijual di banyak perbankan.

Asuransi unitlink merupakan produk asuransi jiwa yang menggabungkna proteksi dan investasi. Asuransi unitlink umumnya memiliki instrumen investasi yang cukup beragam, mulai dari reksadana, saham, ataupun obligasi. Nilai-nilai pengembalian dari produk investasi yang disediakan dalam asuransi unitlink umumnya lebih besar daripada inflasi.

 

Manfaat Investasi

6 Cara Investasi Uang dengan Mudah dan Efisien

Jangan hanya berpikiran bahwa investasi akan menghasilkan pelipatan nilai uang yang telah Anda setorkan. Lebih daripada itu, beragam manfaat di bawah ini siap menanti Anda yang sudah rajin berinvestasi dari saat ini.

1.  Menghindari Inflasi

Inflasi akan membuat nilai uang yang Anda semakin berkurang dari waktu ke waktu. Dengan memiliki investasi, besaran dana Anda tidak akan tergerus inflasi karena mengalami peningkatan pula dari waktu ke waktu yang besarnya bahkan melebihi angka inflasi.

2.  Meningkatkan Nilai Uang

Dengan berinvestasi, Anda memiliki kesempatan untuk melipatgandakan nilai uang yang Anda punya. Sebagai contoh, orang-orang yang membeli emas pada kisaran 2015 saat harga per gramnya hanya Rp 500.000, sudah memperoleh peningkatan nilai hampir Rp 500.000 tiap gram emas yang mereka miliki pada 2020.

3.  Menambah Penghasilan

Beragam jenis dan cara investasi uang di bank yang Anda lakukan dapat memberikan Anda penghasilan tersendiri. Contohnya ketika memiliki deposito senilai Rp 2 miliar dengan bunga deposito 4 persen per tahun, Anda akan memperoleh penghasilan tambahan Rp 80 juta per tahun. Bahkan, untuk beberapa produk investasi saham, ada kesempatan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari dividen perusahaan yang Anda beli sahamnya.

4.  Kebebasan Finansial

Nilai uang uang meningkat ditambah potensi petambahan penghasilan dari transaksi investasi Anda secara langsung akan menggiring ke kebebasan finansial. Uang akan menjadi hal yang tidak perlu Anda khawatirkan. Tanpa bekerja pun, peningkatan nilai uang maupun pendapatan pasif bisa diperoleh.

Investasi yang tepat baiknya memang dilakukan setelah kebutuhan harian telah terpenuhi serta kewajiban kredit Anda telah terbayarkan. Tidak lupa, investasi baiknya tidak mendahului kepemilikan asuransi kesehatan khususnya.

Anda sebenarnya bisa memiliki asuransi dan investasi secara bersamaan dengan jenis unitlink. PFI Mega Life menyediakan pilihan tersebut bagi Anda. Lewat produk Mega Prima Link dan Mega Investa Link, Anda dapat memiliki asuransi sekaligus berinvestasi.

Mega Prima Link maupun Mega Investasi Link merupakan produk asuransi jiwa yang dibarengi dengan asuransi. Jangan khawatir nilai investasi Anda minim dari produk ini sebab sebagian besar nilai premi justru dialokasikan ke pasar saham dan reksadana.

Mega Prima Link mengalokasikan seluruh dana premi pesertanya ke instrumen investasi sejak tahun ketiga. Mega Investa Link langsung mengarahkan dana premi nasabahnya yang hanya satu kali pembayaran ke produk-produk investasi yang menjanjikan.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.